Penting! Perbedaan kualitas kayu Jati yang banyak orang tidak tahu

Sunting
Lantai Kayu Parket

Tips Dekorasi

Kayu Jati adalah kayu yang sangat bagus dan berkualitas. Dikatakan bahwa
kayu ini merupakan kayu yang memiliki corak paling indah. Secara teknis, kayu Jati memiliki tingkat kekuatan kelas I,II dan tingkat keawetan kelas I.

kayu ini banyak sekali digunakan untuk berbagai keperluan seperti furniture, kusen, atap rumah hingga lantai kayu.

Namun, tidak semua kayu jati memiliki kualitas yang sama. Dalam satu batang Pohon Jati saja tidak semuanya baik. 

Maka, saya rasa pembahasan ini sangat penting agar anda mampu membedakan mana kayu jati berkualitas baik dan kurang baik agar anda tidak tertipu oleh para oknum penjual kayu.

secara umum, dalam satu batang pohon jati, Kayu jati terbagi menjadi 3 kelas (Grade) yaitu kelas A, kelas B dan kelas C.

Kayu jati kelas A

kayu jati kelas A (Grade A) terletak pada bagian paling dalam batang pohon jati, dekat dengan hati batang pohon jati. pada bagian ini, kayu jati yang dihasilkan merupakan kayu paling baik dan berharga paling mahal.

ciri kayu jati kelas A ini adalah memiliki warna yang paling gelap diantara kayu jati lain, serat yang sangat padat dan lurus, serta mengandung minyak pelumas yang mampu melindungi kayu jati dari perubahan cuaca ekstrim, pertumbuhan jamur, serta serangan rayap.

hanya saja, dalam satu bantang pohon jati, kayu Jati kelas A hanya mencakup 25% keseluruhan batang pohon jati.

kayu jati kelas B

kayu jati kelas B (grade B) terletak pada bagian tengah batang pohon jati. pada bagian ini, kayu jati yang dihasilkan merupakan kayu terbaik kedua setelah grade A. serta memiliki harga yang lumayan mahal.

ciri kayu jati kelas B ini adalah memiliki warna yang kuning kecoklatan (warna sedang), serat yang tidak terlalu lurus dan kurang padat dan hanya memproduksi minyak pelindung yang sedikit sekali.

dalam satu batang pohon jati, kayu jati kelas B hanya mencakup 35% keseluruhan batang pohon jati.

Kayu Jati kelas C

kayu jati kelas C (grade C) terletak pada bagian paling luar batang pohon jati, dekat dengan kulit pohon jati. pada bagian ini, kayu jati yang dihasilkan merupakan kayu yang memiliki kualitas yang tidak terlalu baik, sehingga harganya merupakan harga paling murah.

ciri kayu jati kelas C ini adalah memiliki warna yang kuning keputihan (paling cerah), serat yang acak dan tidak padat serta tidak terdapat produksi minyak pelindung.

dalam satu batang pohon jati, kayu jati kelas C ini paling banyak dibanding kelas A dan B yaitu 40% dari keseluruhan batang pohon jati.

kunjungi situs kami : hargaparket.com

Kw 1 kw 2 grade