DIY - Cara membuat pot beton | homify

DIY - Cara membuat pot beton

yudith prawitasari - homify Avatar yudith prawitasari - homify

Bahan

  • campuran beton
  • pot untuk cetakan (gelas, plastik atau karton)
  • peluma
  • sarung tangan
  • ember
  • spons
  • plastik

Deskripsi

​Ingin membuat pot beton anda sendiri? Langkah-langkah berikut ini mudah diikuti, cukup enam langkah saja dan anda dapat membuat pot beton sesuai ukuran dan keinginan anda. Yuk mulai!

Biaya
2 hariTingkat kesulitanMenengah

Langkah 1:

Pastikan cetakan anda sesuai keinginan, baik dari sisi luar maupun dalam. Jarak keduanya sebaiknya kurang lebih 5 cm. Namun jika anda ingin yang berukuran lebih besar, misalnya diameter 60 cm maka jaraknya dapat ditambah menjadi 7,5 cm. Bagian berjarak tersebut nantinya akan diisi dengan beton. Anda dapat menggunakan gelas, plastik, karton, stainless steel atau bahkan styrofoam untuk membuat cetakan tersebut.

Langkah 2:

Lumasi bagian dalam cetakan dengan minyak parafin atau pelumas lain seperti minyak zaitun, agar nanti mudah dikeluarkan.

Langkah 3:

Gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan anda dari campuran beton. Gunakan ember untuk proses ini dan tuang beton ke dalam ember, kemudian sedikit demi sedikit tuangkan air. Jika ada elemen dekoratif lain yang ingin ditambahkan, masukkan ke dalam campuran tersebut.

Langkah 4:

Untuk proses mencetak, pelan-pelan tuang campuran beton ke dalam cetakan besar, kemudian ratakan. Setelah itu masukkan cetakan yang kecil dan tekan hingga mencapai ketebalan yang anda inginkan. Ingat bahwa bagian bawah sebaiknya lebih tebal dari bagian sisi. Ketok pelan-pelan untuk menghilangkan gelembung udara.

Langkah 5:

Tutup dengan plastik dan biarkan mengering selama 36 jam. Untuk mengecek apakah beton telah mengering, gunakan pisau tajam dan tusukkan ke dalam pot. Jika sudah benar-benar kering, pisau takkan dapat tembus. Pot pun siap untuk dikeluarkan dari cetakan.

Langkah 6:

Keluarkan dari cetakan. Biarkan mengering kembali selama satu minggu. Gosok dengan spons basah sekali sehari, dan cek apakah ada bagian yang warnanya berubah gelap. Lubang drainase dapat ditambahkan setelah dua hari, pastikan beton sudah cukup stabil.

Suka proyek ini?

Komentar