Ruang Ganti by Sikora Wnetrza

8 Hal yang Harus Segera Anda Tinggalkan!

yudith prawitasari – homify yudith prawitasari – homify
Google+
Loading admin actions …

Adakah perasaan yang lebih melegakan selain berpisah dari beban yang tidak diperlukan, seperti rumah yang berantakan? Merapikan rumah bukanlah pekerjaan mudah, dan seringkali baik anda yang rapi terorganisir maupun tidak, tidak tahu harus mulai dari mana. 

Hari ini kami punya delapan langkah untuk rumah yang rapi dan terorganisir. Langkah-langkah ini tentunya sangat mudah untuk segera dicoba.

1. Buang Produk yang Sudah Kadaluwarsa

Saat anda mencari cemilan kesukaan anda di dapur, seringkali anda menemukan kembali bungkus makanan yang telah lama terselip di sudut. Tentu tanggal kadaluwarsanya pun sudah terlewati. Tapi bukankah itu hal yang biasa kita alami sebagai orang dewasa? Zaman sekarang produk makanan sangat beragam, sehingga sangat mudah bagi kita untuk lupa bahwa sereal atau kue kesukaan kita sudah tidak layak lagi dikonsumsi.

Jadi untuk menghindari membuang bahan makanan karena sudah lewat tanggal berlakunya, saran yang paling mudah adalah melihat tanggal kadaluwarsa produk dalam lemari secara berkala.

Tip praktis: susun suplai makanan anda berdasarkan tanggal kadaluwarsa, produk dengan tanggal kadaluwarsa terdekat baiknya ditempatkan secara berurutan dari depan. Dengan cara ini, anda tidak akan melewatkan produk yang akan kadaluwarsa dan dapat segera menghabiskannya. 

2. Kosongkan dan Singkirkan semua Karton

Jika anda memiliki barang yang sudah tidak diperlukan, bukan berarti barang tersebut harus segera ditempatkan di bak sampah. Seringkali banyak obyek lama tidak terlihat kembali karena terselip di dalam kotak karton sehingga akhirnya terlupakan. Pertanyaannya sekarang adalah, jika semua berakhir dalam karton dan semua karton sudah memenuhi keempat sudut ruang, lalu bagaimana?

Kotak dan karton seringkali digunakan karena praktis dan membuat ruang terlihat rapih – namun hanya untuk sementara. Akan tiba saatnya bagi mereka untuk menyita ruang yang tersedia, yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih berguna. Ini solusinya: keluarkan kotak dari bawah tempat tidur, dan sortir isinya; mana yang masih berguna, mana yang masih memiliki kenangan indah, mana yang sebaiknya diberikan atau disumbangkan. Tanpa kotak-kotak tersebut, rumah anda akan lebih teratur!

3. Gelas dan Piring Berantakan? Yuk disortir!

Dapur menjadi salah satu ruang yang paling bermanfaat di dalam rumah. Jarang sekali ada hari terlewat tanpa masuk dapur dan mengambil gelas dari lemari. Namun, hal ini pula yang menyebabkan dapur cepat berantakan.

Di hotel, bisa jadi lain cerita karena semua gelas dan piring akan segera diganti yang baru. Tapi di rumah, kita harus melakukan semuanya sendiri, mulai dari mengamati isi lemari hingga menyortir barang yang ada. Namun cara ini juga dapat menciptakan momen yang tepat untuk merombak dan mengganti isi lemari dengan alat makan baru, misalnya gelas-gelas cantik di samping ini.

4. Menyisihkan Sepatu Usang

 Ruang Ganti by HollandGreen
HollandGreen

Full House Renovation with Crittall Extension, London

HollandGreen

Sepatu merupakan tema yang sama sulitnya bagi pria dan wanita. Setiap sepatu memiliki waktu dan acara tersendiri, ataupun menunjukkan gaya tertentu. Terkadang sepasang sepatu memiliki momen klise tersendiri, dimana ia sudah  terlihat usang tetapi masih selalu saja dipakai. 

Pertanyaan yang sama selalu muncul setiap kali mencari sepatu di rak: mana saja yang masih dipakai?

Jika anda tidak mampu lagi mengingat, kapan anda terakhir kali mengenakan sepasang sepatu atau sudah terbentuk lapisan debu diatasnya maka jawabannya sudah jelas. Para ahli mengatakan: sepatu yang sudah tidak dikenakan dalam enam bulan, tidak akan digunakan dalam enam bulan kedepan. Fakta: pada akhirnya anda harus meninggalkannya. Dengan demikian pastinya anda akan memiliki ruang lebih untuk sepasang sepatu kesayangan anda yang baru.

5. Sumbangkan Pakaian Lama

Bagaimana caranya anda tahu, rok mana yang masih akan dikenakan dan mana yang tidak? Sulit juga misalnya untuk menentukan, pakaian mana yang masih sudah tidak pas lagi? Seberapa besar kemungkinannya suatu hari pakaian tersebut akan kembali bisa dikenakan? Ini merupakan langkah pertama.

Untuk langkah kedua, ada trik mudah: coba gantung semua pakaian, dan lakukan sedikit percobaan apakah anda masih akan mengenakan pakaian tersebut. Setelah kurang lebih dua bulan, akan nampak pakaian mana yang menjadi favorit anda untuk dikenakan – dan mana yang tidak akan lagi dipakai! Oh tapi jangan lupa, tidak berarti semua pakaian tersebut harus dibuang. Anda bisa menyumbangkan pakaian tersebut atau menjualnya ke toko second hand, mungkin pakaian tersebut tanpa direncana justru akan membawa kebahagiaan untuk orang lain.

Organisasi pakaian yang baik adalah A dan O bagi lemari pakaian yang baik. Banyak ide dan inspirasi untuk ruang ganti baru menunggu anda.

6. Jual DVD Yang Tidak Lagi Disukai

Marilah kita sedikit lebih jujur: Dalam koleksi film Blu-Ray dan DVD yang kita suka tonton, seberapa sering kita mengembalikannya secara teratur, tanpa terbalik? Pada akhirnya kepingan-kepingan tak bertuan tersebut menumpuk dan hanya mengumpulkan debu. Hanya satu hal yang bisa dilakukan: menyortir!

Dengan menyortir koleksi DVD dan Blu-Ray tersebut anda juga dapat menghasilkan pemasukan. Banyak dari film tersebut yang mungkin masih beredar di pasaran atau banyak yang masih ingin menonton. Hanya dengan menyortir, anda dapat menyewakan film lama anda dan mendapat pemasukan sampingan. Disini anda dapat melihat beberapa cara anda dapat menginvestasikan usaha ini dalam sistem rak baru – untuk film kesayangan anda!

7. Merapikan Rak Buku

 Ruang Multimedia by  Aleksandr Zhydkov Architect
Aleksandr Zhydkov Architect

ДОМ В ПОСЕЛКЕ ПОЛИВАНОВО

Aleksandr Zhydkov Architect

Topik lebih lanjut sedikit lebih rumit. Meski sekarang banyak ebook dan internet, tapi buku masih menjadi kesayangan banyak orang. Siapa yang memiliki banyak buku di rak pasti juga berusaha untuk membaca setiap buku. Tapi apakah itu berarti setiap buku sama berharganya? Disinilah pentingnya memisahkan buku berdasar keperluan. Bukan berarti buku yang tidak terpakai harus segera dijual ke pasar loak, tetapi cukup besar kemungkinan buku-buku tersebut akan lebih berguna bagi orang lain, misalnya perpustakaan, sekolah atau kolektor buku.

8. Singkirkan Krim dan Obat yang Lewat Tanggal Berlakunya

Terakhir, intiplah kamar mandi anda. Di laci dan rak kadang terkumpul berbagai macam obyek yang harus segera dipilah. Terkadang ada lotion anti matahari dari liburan terakhir anda atau parfum yang tidak pernah digunakan lagi oleh siapapun.

Sama seperti obat, lotion pun bisa terlewat tanggal berlakunya. Jadi tentunya bermanfaat jika anda secara teratur menengok kembali isi laci anda. Sachet dan bungkus kosong, lotion yang hampir habis, obat yang hampir kadaluwarsa seharusnya tidak lagi berada di kamar mandi. Untuk itu tentunya anda bisa menengok ide lebih lanjut untuk membuat penataan kamar mandi anda lebih menarik.

Langkah mana yang paling membantu anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!