7 Kesalahan Dekor yang Mempersempit Ruangan

yudith prawitasari – homify yudith prawitasari – homify
Google+
Loading admin actions …

Dibawah ini adalah 7 kesalahan umum dalam interior ruangan yang harus dihindari karena membuat dimensi ruangan menyusut!

Baik memilih bahan gorden atau memberikan lapisan baru pada cat tembok di dapur, mendesain interior sangat menyenangkan, meskipun tidak selalu mudah.

Meski demikian, bisa jadi anda terbawa suasana dan akhirnya membeli perabotan hanya berdasarkan merk terbaik atau tren terbaru. Pada akhirnya ruangan anda yang sebelumnya nyaman, berkesan sempit dan berantakan. Sayangnya tidak ada satu buku panduan yang bisa anda ikuti dan selalu tepat untuk kondisi rumah anda. Untungnya, kami punya solusinya! Inilah hal-hal yang sebaiknya anda hindari…

1. Penempatan furnitur yang salah

Masalah: Anda mendorong semua furnitur anda melawan tembok, sehingga terlalu banyak ruang kosong. 

Solusi:  Tata ulang tiap furnitur menjauhi tembok dalam pengelompokan tertentu sehingga dinding ruangan lebih lega.

Petunjuk homify: Jika anda lebih menyukai ruang terbuka, sisakan beberapa senti antara dinding dan furnitur, sehingga jarak antara furnitur dan dinding berkesan lebih lebar dari jarak sesungguhnya. Dengan cara ini ruangan anda akan berkesan lebih lapang.

2. Mencocokkan segalanya

 Kamar Tidur by Moda Interiors

Masalah: Anda mendekorasi ruang dengan mencocokkan warna, kain dan pola sehingga semuanya terlihat sama. Ini juga menyebabkan ruangan terlihat lebih kecil.

Solusi: Bawa sesuatu yang bernuansa berbeda ke dalam ruangan untuk bercampur dengan bantalan, selimut, karpet dan lainnya. 

Petunjuk homify: Jika anda ingin mengkoordinasikan dekorasi anda, maka batasi tema anda pada perabot atau dinding tapi tidak keduanya.

3. Kertas Dinding Berwarna Gelap

Masalah: Kertas dinding ini berwarna gelap sehingga menelan ruang spasial, membuat ruang terlihat lebih kecil dibanding luas sesungguhnya.

Solusi: Gunakan warna cerah untuk furnitur dan aksesoris anda untuk kesan lebih terbuka dan menyambut

Petunjuk homify: Jika anda ingin corak yang lebih gelap, maka batasilah pada dinding saja.

4. Terlalu banyak Aksesori

 Ruang Makan by Studio Duggan

Masalah: Anda telah memenuhi seluruh ruangan dengan aksesoris, tanda mata atau dekorasi lainnya sehingga hanya berhamburan di dalam ruangan.

Solusi: Mencampur item memang membuat segalanya lebih menarik, maka anda bisa menyortir benda kesayangan anda dan menempatkannya bergantian. Dengan ini anda tidak perlu menempatkan semuanya sekaligus secara bersamaan.

Petunjuk homify: Jika melakukan sirkulasi dekorasi terlalu merepotkan, maka rak dinding bisa menjadi solusi anda untuk dekor dengan tema spesifik.

5. Gorden Pendek

 Windows & doors  by homify

Masalah: Anda menempatkan gorden yang panjangnya hanya setengah dari jarak ke lantai, sehingga langit-langit atau plafon berkesan lebih rendah.

Solusi: Dimensi lantai ke langit-langit akan membuat ruangan dan jendela berkesan lebih besar.

Petunjuk homify: Jika anda bukan penggemar gorden panjang, maka anda dapat menempatkan rel gorden sedekat mungkin ke langit-langit untuk menciptakan ilusi langit-langit yang lebih tinggi.

6. Terlalu banyak furnitur

Masalah:  Anda menempatkan terlalu banyak furnitur di dalam ruangan, dan sekarang hampir tidak ada ruang untuk bergerak.

Solusi: Pindahkan sebagian furnitur ke ruangan lain. Misalnya, kursi di kamar tidur anda bisa menjadi pengisi sudut baca yang nyaman di ruangan lainnya.

Petunjuk homify: Jangan pernah biarkan furnitur anda memblokir jendela. Sangat penting bagi kawasan interior anda untuk selalu terhubung dengan bagian luar rumah untuk menciptakan kesan lebih mendalam.

7. Pencahayaan yang Buruk

Masalah: Hanya ada satu lampu utama dalam ruangan sehingga ruangan tampak sempit, gelap dan penuh.

Solusi:  Gunakan tiga lampu dan atur di seluruh ruangan secara seksama. Cahaya tambahan akan lebih mudah untuk dipantulkan oleh dinding dan menerangi sudut-sudut gelap.

Petunjuk homify: Tidak ada tempat lebih untuk lampu ekstra? Gantung cermin untuk memantulkan cahaya yang ada, baik cahaya alami maupun buatan. Mudah, bukan?

Masih butuh tips untuk pencahayaan? Lihat disini.

Tips mana yang pertama kali anda coba di rumah?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!