by homify

5 Cara Memanfaatkan Tanaman Bumbu Rempah Secara Efektif di Rumah

yudith prawitasari – homify yudith prawitasari – homify
Google+
Loading admin actions …

Banyak sekali bumbu dan tanaman yang dapat digunakan untuk memperkaya rasa makanan, dan banyak pula yang diantaranya dapat ditumbuhkan sendiri dengan mudah didalam rumah. Sangat mudah untuk menemukan berbagai macam tips untuk merawat jenis tanaman bumbu dan rempah berbeda, baik di dalam maupun diluar ruangan. Namun, anda pecinta interior tentunya selalu memiliki tantangan lebih untuk menjaga rumah anda tetap cantik dan tertata. Dalam hal ini, tentu tantangannya adalah bagaimana memaksimalkan penggunaan tanaman rempah itu sendiri, baik sebagai pemanis ruangan maupun pemasok bumbu hidangan. 

1. Koordinasikan dengan Menu Favorit Anda

Terkadang kita menghabiskan waktu menanam dan merawat berbagai macam tanaman dan rempah, hanya untuk layu dan tidak digunakan. Ada baiknya kita melihat dulu, bumbu dapur mana yang sering kita gunakan, mana yang tahan lama, mana yang umurnya relatif lebih pendek dan mana yang bisa diawetkan.

Mencocokkan menu dan daftar bumbu berdasarkan perkiraan tanggal panen kemudian menuliskannya di dapur tidak hanya membantu penggunaan bumbu dan rempah anda secara maksimal, namun juga membantu mengatur menu anda agar lebih variatif dan tidak monoton. Papan tulis cantik ini dapat menjadi contoh bagaimana daftar menu anda dapat menjadi bagian istimewa dari interior dapur anda.

Cek tips merawat taman bumbu anda disini

2. Penempatan yang Sesuai

Terkadang sulit menentukan prioritas yang harus diterapkan untuk merawat tanaman. Seringkali tanaman tersebut ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau saat memasak, seperti di dapur atau sekedar di dalam ruangan yang masih memiliki kapasitas lebih. Namun ada hal lain yang juga dapat dipertimbangkan, misalnya apakah tanaman-tanaman yang ditempatkan tersebut dapat tumbuh bersama dengan baik. 

Perlu diingat bahwa sama seperti kita, tiap tanaman bumbu dan rempah memiliki kebutuhan berbeda. Beberapa memerlukan lebih banyak sinar matahari, sementara lainnya akan tumbuh subur sejauh diberikan air yang relatif banyak tetapi ada juga yang membutuhkan keduanya seperti oregano. Bisa jadi  jenis tanaman yang anda tempatkan di dapur ternyata lebih menyukai udara lembap sehingga mungkin lebih cocok ditempatkan di halaman belakang atau kamar mandi. 

Namun jika dapur memang dirasa sebagai pilihan paling tepat, cek tips berikut ini.

3. Pilih Pot atau Planter yang Tepat

 Garden  by ELLA JAMES
ELLA JAMES

Garden Fork Planter

ELLA JAMES

Jika anda ingin menempatkan tanaman tersebut di dalam rumah, pemilihan pot atau planter yang tepat bukan hanya berpengaruh pada estetika interior secara keseluruhan, tapi juga pada kesehatan dan makanan yang akan anda produksi dari dapur. Jika bumbu yang digunakan terlihat tidak terawat, atau ditempatkan di pot yang kotor, tentu hal ini dapat mengurangi nafsu makan anda.

4. Cocokkan dengan Kebutuhan Kesehatan Keluarga

 Balconies, verandas & terraces  by Pop up Pallets
Pop up Pallets

pallet tuin Medium: Butterfly

Pop up Pallets

Tumbuhan aromatik yang dapat ditanam bukan hanya bermanfaat sebagai bahan penyedap makanan, tetapi juga pendukung kesehatan keluarga di kala sakit. Jika anak atau adik anda sering demam, mungkin ada baiknya anda mempertimbangkan untuk menanam bratawali. Jika anda sering letih dan stres, ginseng mungkin bisa menjadi piilhan yang tepat. 

Di sisi lain, tanaman rempah biasanya tidak tumbuh terlalu tinggi dan dapat dikultivasi dengan baik di dalam pot, sehingga dapat berfungsi ganda sebagai penghias rumah, sebagian bahkan dapat membaur dengan baik diantara rimbunan bunga. 

5. Manjakan Keluarga dengan Hasil Panen Anda

 Balconies, verandas & terraces  by Icool
Icool

BARBACOA DE BALCÓN

Icool

Terakhir, tentunya rempah dan bumbu hasil panen dapat digunakan untuk membuat santap malam keluarga anda di akhir pekan semakin istimewa. Akhir pekan merupakan momen yang tepat dimana seluruh anggota keluarga dapat duduk bercengkrama melepas penat. Inilah saat yang tepat untuk membuat menu andalan anda yang di hari biasa memakan terlalu banyak waktu, misalnya seperti memanggang sayur dan daging. Tentu, rempah dan bumbu dapur panenan anda dapat menjadi sahabat anda hari ini! Jika tidak punya ruang lebih di halaman belakang, banyak panggangan yang dapat dientegrasikan dengan mudah bahkan di dapur kecil anda. 

Sudahkah anda bersiap untuk berakhir pekan?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!