Ruang Keluarga by norte.ARQ

Tips Pro Mengecat Rumah

yudith prawitasari – homify yudith prawitasari – homify
Google+
Loading admin actions …

Elemen sesederhana dinding memiliki potensi untuk menjadi daya tarik utama rumah jika dicat dengan warna yang tepat. Tidak perlu tenaga profesional untuk mengundang decak kagum, yang anda perlukan adalah riset yang tepat. Mungkin anda bisa mengecek cara kerja tenaga ahli profesional di bidang cat, bagaimana mereka memperoleh hasil yang memuaskan. Dengan cara ini anda dapat menghemat namun tetap mendapat hasil yang anda inginkan.

Walaupun awalnya nampak rumit, kami sarankan agar anda memilih warna, materi dan nada yang tepat kemudian mencobanya di ruangan yang lebih kecil terlebih dahulu. Jika anda puas dengan hasilnya maka anda siap untuk mengecat seluruh ruangan. Untuk membantu anda, tentu kami berikan tips jitu!

1. Pilih materi yang tepat

Sebelum memulai, sangat penting untuk membuat daftar dari semua material yang akan anda gunakan. Dari lembarak plastik, lembaran kain bahkan koran lama, semua benda ini akan digunakan untuk menutup permukaan furnitur yang tidak dapat dipindahkan dari ruangan. Dengan cara ini, ketika anda selesai sofa anda tidak akan tiba-tiba berubah warna.

Jangan lupa untuk menulis peralatan mengecat anda dalam daftar, seperti rol cat dan kuas untuk meratakan cat tersebut sehingga lebih tipis. Gunakan pula toner dan sedikit kayu untuk mengaduk cat agar anda mendapatkan nada warna sesuai keinginan. Untuk sentuhan akhir, anda akan membutuhkan sentuhan semen yang cepat kering dan amplas jika ternyata masih ada lubang.

2. Persiapkan Tembok Sebelumnya

Kondisi dinding adalah sesuatu yang sebaiknya diperiksa sebelum proses mengecati dimulai. Walau kelihatannya merepotkan, namun jika tidak dilakukan terlebih dahulu maka lapisan cat baru yang ditambahkan tidak akan merata karena ada lubang dan retakan. 

Untuk memulai, pastikan lapisan cat lama dikelupas dengan kuas yang terbuat dari kawat dan lubang di dinding diisi terlebih dahulu dengan semen. Pilih semen yang cepat kering untuk menghemat waktu, kemudian bersihkan debu yang menempel dan tambahkan cat pelapis dasar. Langkah terakhir ini penting untuk mencegah dinding menyerap terlalu banyak cat, dan membuat cat lebih tahan lama.

3. Memilih Warna

 Kamar Bayi & Anak by Kinderkamervintage
Kinderkamervintage

Gestylde meisjeskamer pastel door kinderkamervintage

Kinderkamervintage

Memilih warna yang tepat sangat penting, karena warna dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kamar anda.

Warna dapat membuat ruangan berkesan lebih besar, lebih cerah atau serasi dengan dekor yang sudah ada, bahkan memberikan rasa lebih nyaman.

4. Menentukan Cat untuk Elemen Berbeda

Dalam proses mengecat, sangat penting untuk menggunakan roller yang dicelupkan ke dalam air atau cat lateks. Sementara itu kuas lebih praktis digunakan untuk bagian sudut yang sulit dijangkau dengan roller

Untuk bingkai pintu dan jendela, menggunakan cat enamel adalah pilihan terbaik. Jenis cat ini lebih tahan cuaca, sehingga ideal untuk bagian rumah yang sering dibuka dan ditutup.

5. Cat Khusus Langit-langit

Untuk langit-langit rumah, pilih cat yang memiliki konsistensi lebih, untuk menghindari rembesan air yang dapat merusak lantai. Pilih yang sama untuk kamar mandi, karena kondisi yang cenderung lebih lembap.

Dalam hal ini, tips kami adalah untuk memilih cat yang juiga anti-jamur karena jamur cenderung muncul jika anda menggunakan cat yang kurang tepat.

6. Jumlah Cat yang Diperlukan

Untuk mengkalkulasi jumlah materi yang anda perlukan, sangat disarankan untuk mengukur permukaan yang akan dicat. Cat yang  berkualitas dapat digunakan untuk area sebesar 10 meter kuadrat, namun jika dinding anda tidak terlalu mulus atau kualitas cat kurang optimal maka cat tersebut hanya akan cukup untuk dinding seluas 6 meter kuadrat saja.

Terkadang lebih baik membeli cat dengan kualitas lebih tinggi untuk menghemat dalam jangka panjang. Cat enamel dapat mencakup area hingga 12 meter kuadrat dan mudah dikelupas jika anda menambahkan cat dasar sebelumnya.

7. Efek Khusus

Jika bagi anda tembok yang  mulus sempurna bukan prioritas utama, maka menggunakan spons dapat menjadi alternatif lebih mudah untuk mengecat tembok anda. Jika ada retakan maka anda akan segera menemukannya setelah proses mengecat usai karena cat di bagian tersebut akan mulai mengelupas. 

Ketika menggunakan spons kami sarankan untuk memilih dua warna berbeda, atau satu warna tetapi dalam nada berbeda (satu untuk dasar dan satunya untuk lapisan setelahnya). Hal ini membantu untuk menciptakan ilusi tekstur. Selain spons anda juga dapat menggunakan kain usang, roller bermotif atau bahkan kantong plastik. Apa saja yang dapat digunakan untuk mencipratkan cat ke dinding dapat menjadi kuas anda dan dinding anda menjadi kanvasnya.

8. Trendi dan Kreatif

 Ruang Kerja by G7 Grupo Creativo
G7 Grupo Creativo

SECTOR LIVING Y PIZARRA

G7 Grupo Creativo

Dekorasi yang sedang banyak digemari adalah dinding bermotif seperti dalam ruangan di samping ini, atau yang lebih sering dikenal dengan istilah slate wall. Dinding dengan papan tulis ini misalnya, menyenangkan untuk anak hingga dewasa dan dapat ditempatkan di mana saja dengan mudah: dapurruang keluarga, bahkan ruang studi/kerja. Papan tulis ini dapat ditambahkan dengan praktis menggunakan cat khusus, yang metode pengaplikasiannya sama dengan cat biasa. Gunakan dua atau tiga lapis cat ini untuk hasi optimal.

Nah, anda sekarang sudah mendapat bekal pengetahuan dari ahlinya. Anda sudah siap memperbarui cat anda di rumah. Langkah selanjutnya? Tentu memilih furnitur yang tepat. Cek tipsnya berikut ini.

Cat warna apa yang anda pilih untuk kamar anda kali ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!