Ruang Kerja by MW Architects

Karakteristik Rumah Industrial yang Cocok untuk Orang Indonesia

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Jendela kaca yang tinggi menjulang hingga langit-langit plafon dan beberapa bagian tembok yang tidak disemen dan dibiarkan terlihat tekstur batu batanya bisa dibilang merupakan karakteristik utama dari interior industrial. Gaya industrial sendiri bukanlah hal yang baru di dunia dekorasi dan desain interior. Berawal dari desain minimalis di loft yang banyak tersebar di area permukiman di kota-kota besar dan urban macam New York, desain ruangan yang terkesan tidak selesai ini pelan-pelan banyak diadaptasi ke rumah tinggal bagi keluarga. 

Di Indonesia sendiri, gaya minimalis industrial ini masih lebih banyak ditemukan pada interior kantor dan ruang kerja kolaborasi alias co-working space. Namun, meski demikian, gaya industrial yang memang didominasi oleh warna-warna netral yang bermain di antara warna hitam, putih, dan abu-abu ini mulai merambah dan menjadi pilihan untuk tempat tinggal. Berikut beberapa gaya yang dapat dicontek dan diaplikasikan untuk rumah Indonesia yang lebih clean dari segi desain dengan kesan lebih lapang, cocok untuk Anda yang menyukai kesederhanaan dengan gaya elegan.

1. Pastikan warna dominan dalam setiap ruangan adalah hitam, putih, abu-abu dan warna netral lainnya

 Dapur by LWK Kitchens
LWK Kitchens

Warehouse kitchen design

LWK Kitchens

Seperti dalam contoh dapur berikut. Menggunakan lantai beton yang tidak dialasi ubin seperti kebanyakan rumah Indonesia lainnya, Anda bahkan dapat menghemat biaya mendekor rumah dengan tidak melakukan pemasangan lantai. Anda dapat berfokus pada penggunaan furnitur dengan warna netral, begitu pula dengan peralatan kombinasi kayu dan metal, yang merupakan material utama banyak benda-benda dapur yang biasanya digunakan dan sudah berwarna netral dengan sendirinya. Mendekor dapur yang industrial adalah pekerjaan mendekor yang paling mudah.

2. Biarkan bagian luar rumah Anda dengan batu bata tanpa plaster agar warna alaminya terasa lebih 'Indonesia'

Anda dapat menghemat biaya dan tenaga dengan tidak memberikan plaster pada tembok luar rumah Anda jika Anda tidak menyukai adanya kesan tidak selesai pada interior rumah Anda. Membiarkan bagian luar rumah tampak full batu bata akan membuat rumah Anda lebih unik dan terkesan 'pedesaan' di tengah hiruk pikuk rumah ala perkotaan yang monoton.

Coba intip juga rumah gaya pedesaan yang satu ini.

3. Alternatif lainnya selain batu bata adalah cat tembok dengan tekstur yang tidak merata dan abu-abu

Ingin membuat ruangan yang tidak seberapa lapang terasa lebih lega? Maka trik mewarnai tembok dan lantai dengan satu warna yang sama dapat Anda aplikasikan, contohnya seperti dalam interior kamar mandi ini. Dengan memadukan laci kayu serta bathtub berwarna standar putih, Anda mendapatkan kesan kamar mandi yang lebih elegan dan bersih. Bahkan, Anda dapat membuat tamu yang datang ke rumah Anda segan mengotori kamar mandi Anda. Pasangi lampu bulat putih vintage yang masih bisa disesuaikan dengan gaya industrial modern.

4. Bangku dan meja kayu dengan kombinasi metal sebagai furnitur pilihan

 Ruang Makan by QMotion
QMotion

London Penthouse Apartment

QMotion

Pada dasarnya, dominan kayu dan metal yang dicat hitam dalam gaya industrial kadang dapat menghabiskan banyak biaya karena memang gayanya sendiri tengah populer dan banyak dicari sehingga harga jualnya pun mahal. Namun, ini mungkin kesempatan Anda dapat menantang kreativitas Anda dengan membangun sendiri furnitur Anda dengan bahan kayu dan metal. Gaya hidup yang membangun sendiri furnitur Anda juga sudah mulai menarik minat para kaum urban yang sering menjuluki diri mereka hipster. Apakah Anda merasa cocok menjalani gaya hidup demikian? Apapun itu, bangku dan meja kombinasi metal dan kayu buatan Anda sendiri pasti membuat Anda bangga dan makin kreatif.

5. Beton, metal dan batu bata, serta built in-table yang menempel ke dinding

Dari beberapa poin sebelumnya, telah disebutkan penggunaan kayu, batu bata dan metal untuk interior bergaya industrial. Salah satu yang mencolok dari gaya industrial selain daripada batu bata yang dibiarkan begitu saja, semen cor/beton yang tidak dicat, dan lantai kayu serta bingkai jendela metal yang dicat hitam, meja kayu yang menempel ke dinding dan sengaja dibangun juga dapat jadi pilihan. Tidak hanya ekonomis (dibandingkan membeli furnitur kayu jati), namun hal ini juga menambah estetika rumah Anda, terutama di bagian-bagian sudut rumah. Sudut rumah yang kadang terlupakan dapat diubah menjadi lebih fungsional dengan penambahan meja built-in.

Rumah yang hangat, ekonomis serta lapang dapat dicapai dengan mengaplikasikan gaya industrial yang terkesan santai namun tetap rapi dan elegan. Bagaimana ide industrial Anda?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!