Koridor dan lorong by Specht Architects

Desain Unik Ruang di Bawah Tangga

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Ruang di bawah tangga sering kali dibiarkan kosong begitu saja. Garis diagonal dianggap menjadi penghalang untuk membangun sesuatu di bawahnya. Padahal dengan sedikit kreatifitas, ruang kosong ini dapat disulap menjadi ruang penuh fungsi. Sebagai tempat penyimpanan barang misalnya. Anda dapat membuat rak buku, lemari pakaian atau tempat penyimpanan peralatan makan di ruang kosong tersebut.  

Biarkan imajinasi anda berkembang. Maka bukan hanya manfaat tempat penyimpanan barang yang akan Anda dapatkan dari ruang di bawah tangga. Berikut alternatif desain yang dapat diaplikasikan pada ruang bawah tangga di rumah anda.

Tempat Santai di Bawah Tangga

Ruang di bawah tangga bisa dibiarkan kosong tanpa menjadi ruang penyimpanan barang. Anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang bersantai dengan menempatkan beberapa kursi dan meja di bawah tangga. Untuk menambah kesena tertentu, dinding di sebelah tangga bisa dipasangi keramik bergambar dengan motif kesukaan anda. Selain keramik bergambar, anda juga bisa mencoba mengaplikasikan vinyl, poster atau melukis dinding di sebelah tangga.

Hadirkan Suasana Asri di Dalam Rumah

Jika anda memiliki tangga dengan bentuk huruf U, desain yang satu ini bisa menjadi rujukan untuk mendekorasi ulang interior rumah anda. Anda dapat menata sebuah taman dengan menggunakan teknik hidroponik. Beberapa jenis pohon hias yang tinggi maksimalnya hanya dua meter bisa menjadi pilihan.

Anda juga bisa menanam beberapa jenis tanaman atau bunga. Untuk mempercantik taman, gunakan juga batu koral hias yang warnanya dapat disesuaikan dengan kondisi sekitar.

Tetap Asri Meski Terbatas

Ruang di bawah tangga yang tidak terlalu luas tetap dapat memberikan nuansa alami. Anda dapat membuat taman di ruang bawah tangga dengan mengunakan tanaman yang berukuran relatif kecil. Beragam jenis bonsai bisa menjadi pilihan. Selain menambah kesejukan, tanaman bonsai dapat memberikan kesan mewah.

Ruang Penyimpanan yang Fungsional dan Menarik

Kabinet berpintu sangat memungkinkan untuk dibangun di ruang bawah tangga. Pemilihan lemari atau laci dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Anda dapat memilih kayu pinus atau jati Belanda yang harganya relatif murah. Untuk pilihan warna, dapat disesuaikan dengan kondisi sekitar.

Rak Sepatu dan Tempat Mantel

 Koridor dan lorong by Chase Furniture
Chase Furniture

Innovative storage solutions.

Chase Furniture

Jaket dan mantel yang digantung di hanger kadang memberikan kesan kurang rapih. Terlebih jika ada sederet jaket, mantel atau sweater yang digantung sejajar. Begitu juga sepatu dan sandal. Jika posisi rak sepatu dan sandal disimpan di tempat yang mudah terlihat juga dapat memberikan kesan kurang rapi.

Ruang di bawah tangga dapat menjadi solusi penyimpanan jaket dan sepatu. Anda dapat membuat lemari geser yang dapat ditarik keluar. 

Manfaatkan untuk Ruang Kerja

Daripada dibiarkan kosong, ruang di bawah tangga dapat dibuat ruang untuk bekerja di rumah. Anda cukup membuat sebuah meja kecil yang dapat mengakomodir satu unit komputer atau laptop. Dua atau riga buah rak dapat diaplikasikan untuk menyimpan buku atau hiasan.

Akuarium di Bawah Tangga

 Koridor dan lorong by AquariumGroup
AquariumGroup

Under Stairs Aquarium

AquariumGroup

Memelihara ikan dalam akuarium dipercaya dapat mengurangi stres dan penat. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuat akuarium di ruang bawah tangga rumah anda. Anda dapat mencoba menggunakan lampu aneka warna di dalam akuarium. Selain mempercantik akuarium, pancaran cahaya lampu akan memberikan kesan unik saat anda melewati tangga.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!