Rumah by Boks architectuur

7 Jenis Jendela dan Pintu Kaca Untuk Rumah Gaya Kolonial

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah dengan arsitektur gaya Belanda banyak terdapat di beberapa kota di Indonesia. Sayangnya, rumah gaya Belanda saat ini semakin sedikit jumlahnya. Umumnya rumah merupakan peninggalan keluarga dan diwariskan secara turun temurun. Pemilik rumah yang baru merasa rumah gaya Belanda tampak seram, kuno dan tidak berkelas. Akibatnya, rumah gaya Belanda banyak yang dimusnahkan dan diganti bangunan baru yang lebih modern. 

Padahal, rumah klasik gaya Belanda memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah langit-langit atau atap rumah yang tinggi membuat udara di dalam rumah terasa sejuk, walaupun udara di luar sedang panas terik. Selain itu, mempertahankan bentuk asli rumah gaya Belanda dapat meningkatkan nilai gengsi pemilik rumah. Ini karena arsitektur rumah semacam ini sudah tak lagi dipakai orang di Indonesia.

Daripada meruntuhkan rumah, lebih baik melakukan renovasi di beberapa bagian rumah. Bisa dilakukan dengan menambahkan jendela kaca di ruangan-ruangan penting dalam rumah. Mengapa harus jendela dan pintu kaca? Mari simak penjelasan selengkapnya dan contoh desain jendela dan pintu kaca berikut ini.  

1. Jendela kaca pengganti dinding

 Rumah by Boks architectuur
Boks architectuur

glazen achtergevel

Boks architectuur

Pada gambar ini, jendela kaca berfungsi sebagai pengganti dinding. Ini merupakan pengembangan dari rumah lama gaya Belanda dengan dinding tinggi sebagai penopang langit-langit. Bisa digunakan untuk memberi sentuhan berbeda pada bagian lantai atas. Sinar matahari akan masuk ke dalam rumah lebih lama dengan intensitas cahaya yang lebih besar melalui jendela kaca.  

2. Pintu kaca modern dan minimalis

Pintu kaca lebar yang bisa dilipat merupakan akses masuk yang sempurna bagi penghuni rumah, udara segar atau sinar matahari. Kusen kayu sebaiknya menggunakan kayu yang tahan lama dan berwarna senada dengan kusen jendela di bagian atas. Ini karena terpaan sinar matahari dan hujan bisa membuat kusen tampak kusam. Furnis perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga tampilan kusen.  

3. Ruang makan yang cerah

Jendela kaca sebaiknya juga ditambahkan di sisi kanan dan kiri rumah. Dalam gambar ini adalah ruang makan yang juga berfungsi sebagai ruang kerja, dan terletak di bagian belakang rumah. Pemilihan warna putih untuk lantai dan cat dinding rumah membuat suasana di dalam rumah lebih terang. Sebabnya, warna putih cenderung memantulkan cahaya, termasuk cahaya matahari dan cahaya lampu. 

4. Pintu kaca geser di ruang duduk

Pintu geser kaca juga bisa digunakan selain pintu lipat. Cocok diletakkan di bagian samping atau belakang rumah yang menghadap ke taman. Saat beristirahat akan semakin nyaman dan relaks dengan menikmati secangkir teh sambil memandang hijaunya dedaunan. Letakkan sofa empuk, rak buku dan meja kecil. Rumah senyaman ini akan membuat Anda tak ingin pergi ke mana-mana. 

5. Pintu kaca penghubung antar ruangan

 Jendela by Boks architectuur
Boks architectuur

stalen binnendeuren

Boks architectuur

Pada gambar di samping, pintu kaca berfungsi sebagai penghubung sekaligus pemisah ruangan. Pintu kaca menggantikan fungsi dinding, sebuah alternatif untuk menciptakan kesan hangat dan akrab di dalam rumah. Ini juga membuat sinar matahari bisa menerobos masuk hingga ruangan di bagian dalam rumah. Dapat menghemat penggunaan energi listrik dan pengeluaran Anda. 

6. Jendela kaca buram untuk kamar mandi

Kaca buram digunakan di tempat pribadi seperti kamar mandi. Cahaya matahari akan menyinari sampai langit gelap dan tak perlu khawatir ada orang iseng mengintip saat sedang mandi. Lantai, wastafel, bathtub dan toilet pun sebaiknya berwarna putih agar kamar mandi tampak terang lebih lama. Sebaiknya pilih furnitur kamar mandi yang berwarna senada dengan kusen jendela. 

7. Agar bangun lebih pagi

 Kamar Tidur by Boks architectuur
Boks architectuur

master bedroom

Boks architectuur

Pintu kaca model standar bisa ditempatkan di kamar tidur yang ada di samping rumah. Agar tidak terlihat kaku, sudut pintu berbentuk trapesium. Panorama di luar kamar akan tampak lebih jelas. Sinar matahari pagi akan masuk ke kamar dan membangunkan Anda. Cocok buat mereka yang sulit bangun pagi. 

Apakah saat ini tinggal di rumah gaya Belanda yang telah direnovasi? Tuliskan pengalaman Anda dalam komentar di bawah ini. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!