Teras by homify

19 Ide Sederhana Agar Taman Minimalis Makin Spektakuler

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Taman minimalis sedang jadi tren belakangan ini. Mendesain taman semacam ini sesungguhnya tidak sulit, hanya dibutuhkan kepekaan sang desainer taman atau si pemilik rumah. Nalurilah yang akan mengarahkan mereka untuk mengatur berbagai elemen agar selaras dan sedap dipandang. Coba tambahkan salah satu atau beberapa sentuhan sederhana berikut ini, agar taman minimalis modern semakin cantik. 

1. Taman bertingkat

 Teras by homify

Taman bertingkat akan memberikan kesan luas dan asri pada lahan yang luasnya terbatas. Tambahkan elemen yang berbeda untuk tiap tingkat. Pada desain taman ini, elemen batu, kayu dan kerikil ada di bagian yang lebih tinggi. Sedangkan elemen air ada di bagian paling bawah. 

2. Membagi bidang

Luas atau sempit, taman minimalis akan lebih menarik dengan membagi lahan untuk tujuan yang berbeda. Pada gambar ini area teras menggunakan ubin berwarna terang, sama dengan bebatuan di sisi sebaliknya. Ini membuat bidang yang ditanami rumput Jepang tampak menonjol. 

3. Elemen kayu

Teras dengan lantai kayu akan menghadirkan suasana hangat dan elegan. Demikian pula taman dengan pijakan kaki yang terbuat dari kayu di antara rerumputan. Kesan alami akan terpancar sepanjang hari. Kayu belian dan ulin cocok untuk iklim tropis seperti di Indonesia, karena tahan air dan tahan lama. 

4. Ruang duduk gaya baru

Inilah alternatif untuk memadukan ruangan dengan taman minimalis. Ruang duduk yang lebih rendah dari taman bisa menghadirkan suasana nyaman di tengah hijaunya tanaman dan bunga yang bermekaran. 

5. Air mancur modern

 Rumah by homify

Suara gemericik air membawa ketenangan saat bersantai di taman. Namun, Anda juga ingin menghemat pemakaian air di rumah. Gunakanlah pompa air mancur khusus untuk taman kering. Aturlah sedemikian rupa agar suara gemericik air bisa terdengar jelas dari berbagai sudut taman.  

6. Pergola

Pergola akan melindungi ruang duduk, ruang tamu atau ruangan lain yang menghadap langsung ke taman. Taman minimalis Anda juga akan terlindung dari sinar matahari yang berlebihan dan bisa merusak tanaman. Anda bisa memilih pergola yang terbuat dari kayu, bambu, baja atau aluminium. Sesuaikan bahan dengan gaya rumah Anda. 

7. Kursi malas

Wah, sempit sekali taman belakang Anda! Tak perlu khawatir. Pindahkan kursi malas Anda di sudut taman. Jangan lupa bawa juga meja kecil untuk meletakkan minuman atau snack. Lihat, Anda sudah siap bersantai sekarang. 

8. Pot bunga

 Taman by homify

Salah satu solusi bagi taman dengan lahan sempit adalah memanfaatkan pot bunga minimalis seperti dalam gambar. Pot bunga model ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pemisah antara taman dengan teras, atau taman dengan ruang duduk. Isilah pot dengan tanaman bunga berwarna cerah, misalnya dahlia, anggrek, lili atau hortensia. 

9. Cahaya

Saat langit mulai gelap, taman minimalis akan jadi lebih menarik jika dihiasi lampu taman atau lampu spot. Suasana akan jadi lebih romantis dan menenangkan. Cocok untuk beristirahat, atau berkumpul bersama kerabat dan teman-teman. 

10. Bambu

 Taman by GF ARQUITECTOS
GF ARQUITECTOS

Detalle Areas Verdes

GF ARQUITECTOS

Bambu Fargesia sering digunakan dalam taman minimalis. Selain berfungsi sebagai pelindung, bambu Fargesia menimbulkan efek menenangkan bagi siapa saja yang melihatnya. Tanaman ini dapat hidup di berbagai musim sepanjang tahun. Bambu ini juga bisa digunakan sebagai pembatas, atau dinding hijau. Bambu Fargesia tak bisa berkembang biak, jadi tak perlu khawatir taman sempit Anda dipenuhi bambu.  

11. Sentuhan Zen di taman kecil

Tak perlu berkecil hati jika taman Anda sangat sempit. Taman bergaya Zen bisa dibuat di lahan sempit, seperti gambar ini. Bahan yang dibutuhkan adalah batu hias, tanaman semak, dan kayu. Bisa ditambahkan benda-benda unik seperti lampion batu atau jembatan kayu. 

12. Dinding hijau

Bagaimana jika kita tinggal di apartemen dan tak punya lahan sama sekali untuk membuat taman? Kini telah tersedia berbagai teknik untuk membuat dinding ruangan Anda lebih hijau. Misalnya dengan membuat taman vertikal, atau cukup dengan menata beberapa tanaman dalam pot seperti gambar ini. 

13. Miniatur taman

Miniatur taman bisa diletakkan di mana saja, di teras, di dalam rumah, atau di taman minimalis Anda. Bisa gunakan pot batu atau gips yang dibentuk menyerupai batu sebagai tempat menanam miniatur taman. Bisa juga dengan memanfaatkan barang yang sudah tak terpakai, seperti ember plastik yang sudah bocor atau kaleng bekas. 

14. Batu penutup dinding

Penutup dinding (wall cladding) juga disebut karang pilang, bisa jadi alternatif untuk menjaga agar dinding tidak mudah kotor. Penutup dinding dari batu berwarna-warni atau batu alam mudah didapat, dan membuat taman lebih indah. 

15. Perapian

Berkat kemajuan teknologi, kini perapian bisa diletakkan di luar ruangan tanpa kayu. Perapian seperti dalam gambar ini menggunakan gas atau listrik, dan lebih ramah lingkungan. Cocok untuk menghangatkan tubuh saat sedang bersantai di taman di malam hari. 

16. Tempat tidur bertiang

Coba bayangkan seandainya ada tempat tidur senyaman ini di taman minimalis Anda. Siapapun yang datang pasti betah berlama-lama dan tidak ingin pulang. 

17. Ruang duduk di luar

Apa gunanya taman jika tidak untuk dinikmati? Jika cuaca sedang cerah, letakkan sofa yang nyaman, perapian, dan tempat tidur gantung di tengah taman minimalis Anda. Cocok untuk menghabiskan malam panjang bersama kerabat dan rekan-rekan. 

18. Elemen bidang yang berbeda

Masing-masing bidang dalam taman ini menggunakan bahan elemen yang berbeda. Taman terlihat spektakuler karena sepertiga lahan dikeraskan (bagian dengan elemen kayu), dan sisanya ditutup rumput, pohon, pijakan kaki dan batu. Anda juga bisa menambahkan kolam pada bagian yang berumput. 

19. Pintu masuk

 Koridor dan lorong by FGO Arquitectura
FGO Arquitectura

Acceso Peatonal

FGO Arquitectura

Pintu adalah hal pertama yang dilihat para tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Jadi jangan lupa untuk membuat pintu masuk ke taman semenarik mungkin.

Semoga semua ide di atas bermanfaat untuk memberikan sentuhan berbeda di taman minimalis Anda. 

Manakah ide sederhana yang paling Anda suka? Tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!