by Art interior designer

Transformasi Gudang Seluas 28 Meter Persegi Menjadi Sebuah Apartemen Modern

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Apa yang ingin kami suguhkan kepada Anda kali ini adalah sebuah proyek yang awalnya mungkin mustahil untuk dilakukan. Bayangkan saja, sebuah gudang yang sudah lama ditinggalkan, lembab, dan hanya memiliki luas sekitar 28 meter persegi. Siapa kira-kira yang berniat untuk mengurusinya? Nampaknya cuma Pietro Emilio Cubadda, seorang desainer interior, yang peduli akan nasib dari gudang ini. Melalui ide kreatifnya, akhirnya Pietro berhasil menyulap kesan gelap dan kotor dari gudang tersebut menjadi sebuah ruang yang memiliki fungsi baru sehingga layak untuk dihuni. 

Proses pengerjaan ruang yang mengadopsi tampilan apartemen modern ini menghabiskan waktu selama satu tahun. Dan salah satu pengerjaan yang sangat menyita waktu adalah mengatasi kelembaban ruang bawah tanah seluas 5 meter persegi, yang selengkapnya akan diulas melalui penjabaran berikut ini.

Tampilan Pintu Gudang Sebelum Dirombak

Kira-kira seperti inilah tampilan luar dari ruangan gudang tersebut. Layaknya gudang pada umumnya, ruang ini menggunakan rolling door sebagai akses utamanya.

Mengatasi Kelembaban

Seperti yang sudah disebutkan diawal. Kesan lembab memang sangat terasa pada bagian bawah gudang  ini. Untuk itu, perlu adanya renovasi khusus pada bagian bawah lantai, untuk mengatasi hal ini. Agar kesan lembab dapat dihilangkan dan pembuangan saluran air pun dapat disalurkan dengan baik.

Pengerjaan Bagian Loteng

Karena langit-langit di gudang ini cukup tinggi, maka Pietro pun berinisiatif untuk membuat sebuah ruangan lagi pada bagian loteng. Ruang yang hanya berukuran 5.2 x 5.48 x 3.8 m (panjang, lebar, tinggi) tersebut dirancang dengan pondasi kayu, sehingga pengerjaannya sangat mudah dan praktis.

Kamar Mandi Baru

Sebelumnya, kamar mandi di gudang ini berada di sisi kiri, tepat di jendela kecil, seperti yang terlihat pada gambar pertama tadi. Namun demi mengoptimalkan luas ruangan, maka kamar mandi dipindahkan ke sisi kanan, tak jauh dari struktur pondasi loteng.

Pembuatan Dapur

Nah, posisi dapur ini sebelumnya adalah letak kamar mandi. Namun demi pencahayaan yang cukup ke dalam ruangan, alhasil ruang dapur inilah yang ditempatkan di sini. Dengan mengusung konsep modern dapur mini ini akhirnya dibangun dengan pondasi bata  ringan berukuran 10 cm.

Pintu Masuk Baru

Setelah dirombak, inilah wujud akses baru menuju ruang mungil tersebut. Pintu yang awalnya agak lebar, dibuat menjadi pintu single, sesuai dengan ukuran pintu standar. Sedangkan tampilan luar seperti warna car dan susunan batu alam tetap dibiarkan, karena masih senada dengan warna dan konsep bangunan utamanya.

Interior Baru

Dan inilah rancangan interior yang akhirnya selesai dikerjakan. Atmosfer ruangan ini dibuat lebih hangat dengan gabungan unsur kayu dan material besi pada pagar ruangan loteng. Selain itu, pemilihan warna abu-abu juga seolah menambah keserasian pada unsur batu alam yang tersusun pada salah satu bagian dinding.

Area Kamar Tidur

Karena tak begitu tinggi dan demi menghemat luas ruangan, maka akses tangga menuju kamar ini sengaja diselipkan di sisi kanan pada rangkaian lantai loteng. Memang tak begitu luas, namun cukup untuk akses naik-turun per orangan. Sedangkan ruang tidur yang berada di loteng sendiri terbilang cukup luas, apalagi kasur di ruang ini menggunakan konsep kasur-sofa, sehingga saat kegiatan tidur sudah selesai, pengguna dapat memanfaatkan ruang ini menjadi satu ruang baca, dengan mengubah fungsi tempat tidur menjadi sofa.

Dapur

Dan ini adalah dapurnya. Dengan menyesuaikan warna ruangan utama, maka penanaman unsur modern pun tak luput dari perhatian Pierto, seperti penggunaan unsur kitchen set minimalis, lampu gantung berdiameter lebar, serta unsur-unsur metal lainnya seperti yang terlihat pada pemilihan kursi makan, penghisap asap, oven, keran, mesin pembuat kopi dan microwave.

Kamar Mandi

Dan spot yang terakhir ini adalah kamar mandi. Meskipun hanya seluas 3 meter persegi, namun ruangan ini terlihat cukup luas berkat pengaplikasian pintu kaca pada ruang shower yang sebenarnya hanya seluas 90 cm x 80 cm. Selain itu, pemilihan perlengkapan kamar mandi yang efektif seperti gantungan handuk vertikal dan kloset duduk yang minimalis juga menambah nuansa modern di kamar mandi ini.

Cari ide untuk merubah ruangan tidak terpakai Anda dengan konsep yang satu ini.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!