Ruang Keluarga by Luca Tranquilli - Fotografo

8 Ide Apartemen Spektakuler yang Hemat Ruang

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Rumah-rumah modern terutama hunian vertikal seperti apartemen cenderung berukuran kecil dengan ruangan yang didesain multi-fungsi. Penambahan fungsi pada sebuah ruangan membuat kebutuhan penghuninya dapat terakomodasi dengan baik. Rumah modern juga sangat selektif dalam manajemen ruangan. Daripada membangun kamar mandi kedua misalnya, lebih baik menghadirkan kantor untuk bekerja di rumah.

Mudahkah untuk menata hunian yang berukuran tidak terlalu luas menjadi penuh fungsi namun tetap nyaman ditinggali? Rahasianya adalah fokus pada solusi praktis untuk menghemat ruang, jadikan setiap jengkal ruangan dalam rumah menjadi sangat berharga. Beberapa ahli desain interior homify akan memberi Anda ide-ide cara menghemat ruang yang spektakuler dan luar biasa.

Perpustakaan Tersembunyi di Balik Dinding Partisi

 Ruang Keluarga by MIROarchitetti
MIROarchitetti

la zona giorno

MIROarchitetti

Solusi praktis menghemat ruang dari Miroarchietti  di Bologna ini dapat diaplikasikan pada apartemen kecil atau tipe studio yang memiliki banyak benda seperti furniture dan buku. Menghemat ruang, sebuah rak buku dibangun di antara dua ruangan dengan bentuk dinding partisi. Dengan cara ini, Anda dapat menghadirkan perpustakaan di dalam apartemen tanpa memakan banyak tempat.

Tambah Fungsi Ruang Tamu jadi Tempat Penyimpanan dan Ruang Belajar

 Ruang Kerja by Archifacturing
Archifacturing

Salva spazio

Archifacturing

Ruangan, seluas apapun selalu dirasa kurang cukup. Bahkan ketika Anda memiliki ruangan seluas 120 meter persegi. Apartemen modern elegan di bekas kawasan industri Marconi/Ostiense di Roma ini misalnya. Archifacturing membuat proyek rektrukturisasi dengan menambahkan tiga fungsi baru pada ruangan.

Pertama, mereka membuat ruang belajar yang nyaman. Kedua, untuk mengakomodir kegiatan belajar, mereka menambahkan fungsi perpustakaan dengan menghadirkan kontainer kabinet yang dapat menampung koleksi buku. Ketiga, mereka membuat jendela agar penghuninya bisa menikmati panorama lingkungan sekitar.

Sembunyikan Tempat Tidur di Dinding Dapur

Satu ruangan memiliki beberapa fungsi. Itu adalah ciri khas dari banyak apartemen di Italia, terutama di kota-kota besar. Bagaimana caranya untuk mewujudkan itu semua? Desain interior Indesign Bologna membuat sebuah proyek di sebuah apartemen tipe studio bergaya minimalis. Mereka menempatkan tempat tidur lipat di dinding dapur apartemen. Saat dilipat dan menempel di dinding, struktur tempat tidur lipat ini hanya memakan ruang 30 cm. Pengoperasiannya pun cukup mudah, hanya butuh dua langkah sederhana maka dapur seketika berubah menjadi kamar tidur.

Wastafel Setengah Lingkaran di Dapur

Mari kembali ke hasil kreasi Archifacturing.  Tidak mudah memanfaatkan sudut ruangan. Namun desainer homify yang satu ini mampu  memanfaatkan sudut ruangan dapur dengan cukup unik. Mereka menempatkan wastafel  berbentuk setengah lingkaran yang elegan dan fungsional.

Simpan Oven di Ceruk Dinding Dapur

Mari kita terbang ke Paris, kota berjuluk Kota Cahaya. Di kota ini kita akan menyaksikan kreasi arsitek brilian, Cristina Valeni yang merenovasi apartemen kecil di kota ini. Ia mencoba untuk mengeksploitasi setiap sentimeter ruang yang ada. Di dapur, sebuah oven tersembunyi di ceruk dinding. Penempatan ini sangat baik daripada menjadikan ceruk dinding sebagai tempat penyimpanan peralatan masak atau peralatan makan.

Tempat Duduk Tingkat di Ruang Tamu

Jika Anda mencoba untuk menambah jumlah kursi atau sofa di ruang tamu, ide unik dari apartemen di Pigneto ini dapat  menjadi inspirasi. Apartemen bergaya modern satu kamar ini membuat struktur besi gaya industrial. Bagian atas struktur dapat digunakan untuk ruang bersantai. Di bawah struktur, terdapat satu set sofa, kursi dan sebuah meja yang dapat diubah menjadi tempat tidur tamu yang praktis.

Kabinet di Sudut Kamar Tidur

Bagaimana caranya menemukan tempat untuk menaruh kabinet di kamar tidur yang kecil? Kreasi Federica Basalt Home Staging di sebuah rumah kecil di Bologna ini dapat Anda tiru. Kabinet dibuat di sudut ruangan menggunakan pintu antik sederhana. Penempatan kabinet di sudut ruangan ini merupakan solusi sempurna menempatkan lemari praktis di ruangan yang kecil.

Gunakan Tangga Besi di Ruang Terbuka

Review Apartemen Spektakuler yang Hemat Ruang kami tutup dengan loteng spektakuler karya arsitek Roberto Murgia di salah satu bangunan bergaya industrial Via Savona di Milan. Untuk memaksimalkan ruang terbuka yang tidak terlalu luas, tangga penghubung antar lantai dibangun dengan ukuran yang tidak terlalu lebar. Pilihan warna tangga yang sama  dengan warna dinding seakan semakin mereduksi ukuran tangga. Hasilnya, penghubung dua tingkat tersebut terlihat semakin kompak dan gaya.

Apakah Anda mengalami kesulitan berkreasi di ruangan yang sempit? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!