Rumah by Chaney Architects

13 Ide Kreatif Agar Halaman Depan Rumah Terlihat Fantastik

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Kesan pertama yang didapatkan ketika melihat sebuah rumah adalah halaman depannya. Meski tak luas, tapi indah dipandang mata. Jalur masuk ke dalam rumah ini menjadi titik penting di mana Anda menyambut tamu yang akan datang dan memberikan kesan pertama yang mempesona.

Detail pada halaman depan rumah juga perlu diperhatikan: penataan taman, teras dan juga pencahayaan. Jangan sampai luput agar paduannya selaras serta elok dilihat kapanpun. Identik dengan ruang terbuka dan sepasang meja kursi untuk duduk santai di sore hari, halaman depan rumah memang punya tempat tersendiri di hati.

Berikut inspirasi halaman depan rumah yang fantastik, silakan dipilih sesuai dengan gaya Anda masing-masing. Semoga bermanfaat!

1. Jalan Kayu di Halaman Depan

Jika halaman depan rumah Anda cukup luas, maka paduan antara kayu dan rerumputan akan memberi warna tersendiri. Berilah jalan setapak yang terbuat dari kayu mulai dari gerbang hingga teras depan rumah. Desainnya sederhana saja, tapi warna-warnanya hangat sekali ya? Rawat juga rumputnya agar tetap hijau dan kemilau terkena tetesan embun pagi.

2. Inspirasi Artistik Serba Modern

Rumah dengan desain modern seperti ini memang memberikan banyak ruang untuk berkreasi. Salah satunya adalah halaman bagian depan bisa diberikan lampu-lampu kecil di sisi kanan kiri jalannya. Tambahkan juga pohon palem serta tanaman lain yang membuat rumah terasa lebih tropis. Jendela-jendela besar dan pilar-pilar di depannya menambah kesan mewah bukan?

3. Gaya Geometris

 Rumah by Duo Arquitetura
Duo Arquitetura

Fachada Frontal

Duo Arquitetura

Anda suka dengan sentuhan geometris di rumah? Maka halaman depan rumah Anda adalah tempat paling tepat untuk mengaplikasikannya. Tangga kecil di depan teras dengan warna dan bentuk yang tegas ditambah dengan warna putih tulang yang tidak lekang dimakan zaman. Jangan lupa juga tanam pohon-pohon kecil di depannya ya!

4. Kolam di Depan Rumah

Gemericik air, suara kecipak ikan berenang dan lampu temaram. Hanya pemilik halaman depan rumah dengan citarasa menyatu dengan alam yang memilikinya. Jembatan kecil yang menghubungkan garasi dengan teras depan rumah juga bisa dimanfaatkan untuk duduk santai di sore hari. Sembari membawa secangkir teh, merendam kaki dan bermain dengan ikan-ikan. Seru sekali bukan? Pilih lampu yang tak terlalu terang agar syahdu saat sore hingga malam hari.

5. Pencahayaan yang Baik Adalah Segalanya

 Rumah by Chaney Architects
Chaney Architects

Private Residence, Koregaon Park, Pune

Chaney Architects

Rumah dengan pencahayaan yang baik membawa aura positif. Karena semuanya terang, tidak ada sudut-sudut gelap temaram. Untuk menuju pintu masuk utama, Anda bisa memasang lampu LED, jangan lupa jendela tinggi dan transparan ditutup gorden putih sederhana. Sehingga saat menapaki halaman depan rumah, tidak takut salah melangkah dan pemandangan rumah juga jelas terlihat dari luar.

6. Sederhana Namun Elegan

 Rumah by 21arquitectos
21arquitectos

Vista Principal

21arquitectos

Bagi pasangan muda, rumah yang kecil dan praktis membuat mereka lebih ringan mengerjakan pekerjaan rumah. Tapi hal ini bukan berarti halaman depan rumah jadi biasa saja. Pilih warna kontras antara dinding dan lantai di halaman depan rumah, ini bisa jadi ide keren! Ditambah dengan lampu-lampu kecil di bawahnya. Plus tangga di samping, selamat datang di rumah yang mungil dan menyenangkan.

7. Detail Modern dan Mewah

Pemilihan desain lantai serta tangga tapak di halaman depan rumah membawa nuansa tersendiri. Kali ini, lampu LED yang menyala di tiap anak tangganya, ditambah dengan luas halaman depan rumah yang memungkinkan kita untuk menanam lebih banyak tumbuhan. Hasilnya? Modern, detail dan mewah! Anda ingin mencobanya?

8. Warna Warni Ceria

 Rumah by 21arquitectos
21arquitectos

Vista Principal

21arquitectos

Monokromatik bukan berarti hanya dengan warna itu-itu saja. Sesekali memberi sentuhan warna lain, justru seru lho. Contohnya saja di halaman depan ini. Dinding dengan warna putih dan sedikit sentuhan krem, lalu di lantainya ada lampu dengan warna biru bak ombak di lautan. Ingin lebih nyentrik dan mencuri perhatian? Lampu warna ungu galaksi akan menambah keunikan halaman depan rumah Anda.

9. Minimalis Tetap Jadi Idola

 Rumah by Estudio Meraki
Estudio Meraki

Fachada Principal

Estudio Meraki

Bermain dengan sedikit warna apalagi dengan turunan yang sama, membuat kita berpikir lebih kreatif. Kali ini, gaya minimalis yang dipilih akan diselaraskan dengan warna abu-abu, coklat, putih dan hitam. Tidak melulu terkesan gelap, tapi justru menegaskan bentuk rumah. Tanamlah rumput dan juga buat atap rumah lebih tinggi agar terasa lapang.

10. Miring Sedikit Untuk Tampilan yang Berbeda

Ini rumah Anda, jadi jangan takut untuk berkreasi. Termasuk untuk arsitektur rumah serta halaman depan. Bagian atap agak miring memberikan perspektif yang berbeda. Dalam proyek ini, misalnya, tangga yang mengarah pengunjung jalan sampai mengikuti luas penuh garis besar blok utama modern. Pada akhirnya, garis dan membawa suasana baru di halaman depan rumah Anda.

11. Mencerminkan Kepribadian Anda

Warna merah pada pintu, menandakan Anda adalah pribadi yang tegas dan bersemangat. Sentuhan putih pada dinding dan lantai, adalah cermin dari kelembutan hati serta keterbukaan. Tanaman hijau di sekitarnya, menceritakan bahwa penghuni rumah ini mencintai kedamaian. Atap berwarna coklat tua, memberikan sentuhan berbeda dan kontras. Indah ya?

12. Parkiran Mobil dan Taman Depan Rumah

Garasi mobil tidak selalu harus tertutup rapat. Konsep terbuka seperti ini juga ide bagus, plus menjaga sirkulasi udara agar lancar. Pohon di depan dan rumput berseling-seling dengan lantai memang sederhana tapi tak jemu dipandang mata. Pandangan dari balkon juga luas, halaman depan ini cocok bagi yang tinggal di perkotaan dan ingin memiliki ruang terbuka di rumahnya.

13. Hijau dan Natural

Ingat rumah Nenek? Dikelilingi kebun, pepohonan asri yang membuat siang hari ditemani semilir angin. Bawa suasana itu ke rumah Anda, dengan gaya tentunya. Lihat, bahkan rumah modernpun bisa dibuat senyaman pondok di kaki gunung ya!

Nah bagaimana, Anda sudah ada bayangan bagaimana menata halaman depan rumah? Untuk inspirasi halaman depan lainnya, kupas tuntas ide-idenya di sini.

Nikmati bacaan inspiratif lainnya:

Rumah Keluarga Sederhana yang Menawan!

22 Desain Taman Kecil Untuk Lahan Terbatas

Nah bagaimana, cantik-cantik bukan desain halaman depan rumahnya? Menurut Anda, mana yang paling sesuai dengan diri Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!