Rumah by Damien DESNOS

Solusi Pemanfaatan Ruang untuk Rumah 132 Meter Persegi

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Anda ingin memiliki rumah idaman namun hanya memiliki anggaran yang terbatas? Jangan biarkan keterbatasan tersebut menjadi penghalang. Dengan perencanaan yang matang, biaya proyek pembangunan rumah dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial.  Hari ini, Homify akan kembali menginspirasi Anda melalui review rumah karya arsitek Atelier potentiel.  Anda dapat mendiskusikan ide rumah ini dengan arsitek Anda dan menyesuaikannya dengan kebutuhan ruang dan tanah yang  Anda miliki.

Mari kita masuki rumah satu lantai seluas 132 meter persegi ini untuk mengetahui penataan ruangnya. Dari luar, terlihat masih ada kekurangan yakni taman yang belum rampung dibangun. Namun nampak jelas struktur rumah telah rampung 100 persen. Meski sederhana, rumah tersebut terlihat apik dan kompak.

Rumah Putih Berbingkai Abu-Abu

Sang arsitek merancang rumah dengan atap miring. Atap miring berfungsi untuk mengalirkan air hujan. Aplikasi ini sangat cocok diterapkan di daerah tropis yang memiliki curah hujan cukup tinggi.  Selain fungsional, atap yang didesain melandai mampu menambah nilai artistik rumah secara keseluruhan.  Di dalam ruangan, langit-langit ikut menjadi miring dan akan memberikan kesan lapang dan unik.

Bagian luar rumah tidak memiliki banyak ornamen atau hiasan. Atap berwarna abu-abu seakan menjadi outline dari dinding yang dibalut cat berwarna putih. Ukuran jendela di depan juga terbilang tidak terlalu besar. Sekilas, desainnya terasa datar. Namun, pemilihan konsep ini justru menonjolkan kesederhanaan dan dapat meminimalisir biaya tentunya.

Pintu Masuk Rumah

Pintu masuk rumah berada di bawah atap dengan langit-langit yang rendah dengan atap yang terpisah dari atap utama. Pintu akses masuk rumah bersebelahan dengan pintu akses menuju garasi. Hal ini dapat memudahkan akses antara rumah dan garasi. Dari perbandingan ukuran pintu dan tinggi atap terlihat jelas rumah ini memiliki langit-langit yang tinggi. Hal ini sangat baik bagi aliran udara dan dapat mendinginkan suhu di dalam rumah secara alami.

Halaman Belakang dan Ruangan Rumah Terkoneksi dengan Baik

Sang arsitek membuat pintu penghubung antara ruangan dalam rumah dengan halaman belakang dengan ukuran besar. Pintunya pun dibuat dari kaca sehingga penghuni di dalam rumah dapat menikmati panorama halaman belakang dari dalam rumah. Pintu besar juga dapat membuat ruangan dapan membuat kesan ruangan dalam rumah terasa lebih lapang.

Menikmati Panorama dari Dalam Rumah

Meski furnitur belum terpasang, Anda dapat melihat bagaimana pintu kaca ukuran besar seolah mengintegrasikan ruangan dengan halaman belakang dan lingkungan di sekitarnya. Pintu transparan juga membuat cahaya matahari dapat bebas masuk ke dalam rumah. Hal ini tentu dapat menghemat penggunaan energi listrik karena tidak lagi membutuhkan lampu untuk penerangan.

Perpaduan warna dalam ruangan dibuat netral. Warna putih pada dinding, bingkai hitam pada jendela dan pintu dengan lantai berwarna abu-abu. Pemilihan warna furnitur kelak dapat diserasikan dengan warna yang telah ada.

Perencanaan Rumah

Rumah ini dibangun dengan kamar tidur di kedua sisi dari ruang tengah yang berfungsi sebagai titik pusat rumah. Terdiri dari tiga kamar tidur yang masing-masing memiliki kamar mandi pribadi. Dapur dan area cuci piring berada di bagian depan rumah yang lazimnya merupakan ruang tamu atau kamar tidur. Hal ini ditujukan untuk menjaga privasi dari penghuni kamar.

Penataan Volume Ruangan yang Baik

Dari diagram berwarna ini terlihat jelas, setiap ruangan diatur untuk memiliki volume yang ideal. Ruang makan didesain memiliki volume yang lebih besar daripada dapur. Kamar tidur dan kamar mandi berada di daerah hijau di setiap sisi ruang tengah. Abu-abu merupakan area garasi dan binatu. Dengan skema ini Anda tidak perlu anggaran yang besar untuk memiliki rumah yang memenuhi persyaratan yang Anda dan keluarga butuhkan.

Ingin membangun rumah impian dengan anggaran terbatas? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!