Ruang Kerja by MUDA Home Design

Ide Renovasi Kantor untuk Membuat Suasana Kerja Lebih Produktif

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Bagi Anda yang bekerja di ruang kerja atau memiliki lingkungan kerja indoor, seberapa pentingnya interior ruang kerja Anda dan kenyamanannya? Jika yang dibicarakan adalah ruang kantor pribadi Anda di rumah, maka mungkin jawabannya tergantung dari selera Anda masing-masing serta seberapa pentingnya atmosfer ruang kerja di rumah Anda. Namun, jika sehari-harinya Anda harus pergi kantor atau bekerja di dalam ruang kantor, maka interior kantor menjadi lebih krusial perannya dalam produktivitas pekerjaan Anda.

Lain lagi halnya bagi Anda yang merupakan pemilik kantor. Anda tentu memiliki kewajiban untuk lebih memperhatikan ruang di mana Anda dan anggota tim Anda bekerja dan berkreasi. Ketika atmosfer tempat Anda dan tim bekerja kurang mendukung karena tidak didesain sesuai dengan fungsi ruang dan dengan mementingkan kenyamanan pengguna ruangannya, maka hal ini juga secara tidak langsung akan berpengaruh pada produktivitas bisnis Anda bersama seluruh anggota tim. Karenanya, alokasikan dana untuk memperbaiki dan melakukan renovasi bagi kantor Anda, demi produktivitas bersama.

Bagi Anda yang memiliki kantor tempat anggota tim Anda berdatangan untuk bekerja setiap hari, beberapa ide renovasi kantor berikut mungkin dapat dijadikan panduan:

1. Penambahan sekat kaca

Memberikan pembatas ruang di dalam kantor dapat Anda gunakan untuk mengakali ruang kantor yang tidak terlalu luas. Pastikan pembatas ruang ini juga memiliki nuansa yang senada dengan gaya interior kantor Anda dan jika bisa, pilihlah sekat yang terbuat dari kaca. Dengan demikian, Anda bukan membatasi ruangan saja, namun juga membuat flow setiap ruangan lebih terarah dan jelas tanpa membuat ruangan terasa sesak.

Bagi Anda yang akan segera melakukan renovasi kantor, berbagai tips ini dapat Anda coba dan praktekkan. Memperbaiki suasana tempat Anda bekerja sehari-hari akan sangat besar dampaknya bagi produktivitas Anda dan seluruh anggota tim. Selamat mencoba!

2. Dimulai dari bagian dapur dan ruang istirahat

Mengawali renovasi kantor dengan memastikan ruangan yang satu ini didesain dan direnovasi sesuai dengan fungsi utamanya dapat membantu Anda memiliki anggota tim yang lebih produktif. Salah satu contohnya adalah dengan adanya ruang untuk mereka memasak sesuatu atau yang sering disebut pantry, lengkap dengan meja makan yang nyaman. Memindahkan dapur yang biasa ditemui di rumah masing-masing menjadi salah satu ruang yang tersedia di kantor dapat membuat anggota tim Anda merasa seperti ada di rumah sendiri. Selain itu, mereka juga dapat memiliki ruang di mana mereka bisa bersantai tanpa melihat suasana meja kerja mereka masing-masing. Pastikan dapur kantor selalu terisi dengan berbagai kebutuhan anggota tim Anda, yang akan membantu mereka merasa lebih betah berada di kantor Anda.

3. Sediakan bagian luar atau teras di kantor

Meski kelihatannya tidak seberapa penting, namun memiliki teras di wilayah kantor juga baik untuk pilihan bersantai dan refreshing bagi anggota tim Anda. Lengkapi juga teras wilayah kantor dengan berbagai tumbuhan hijau dan bunga, tentunya yang sudah didesain secara apik. Adanya teras yang langsung terkoneksi ke ruang kerja di kantor serta dapat dinikmati keindahannya dari dalam akan membantu membuat anggota tim Anda rileks dan rehat sejenak dari layar komputer masing-masing. Berikan juga akses untuk mereka dapat keluar dan sekedar melepas penat dengan berjalan-jalan di teras tersebut. 

4. Jendela yang lebar dengan pencahayaan yang baik

Renovasi kantor Anda haruslah memperbaiki kondisi kantor sebelumnya. Ventilasi ruangan serta banyaknya cahaya yang diterima di ruangan kantor Anda sangat penting untuk membuat ruangan lebih terkesan lega dan lapang, serta membantu mengusir rasa sesak karena ruangan yang gelap dan banyak berisikan barang-barang. Renovasi kantor dengan jendela-jendela kaca yang memanjang dan besar dengan gaya industrial yang lebih bersih, menggunakan lantai kayu cerah, serta meja dan kursi berwarna netral ditambah lampu bercahaya hangat. Tujuannya tentu, agar dapat membantu Anda mendapatkan kesan nyaman dan lapang ini.

5. Penambahan tulisan-tulisan di dinding serta menjaga warna tetap netral

 Ruang Kerja by MUDA Home Design
MUDA Home Design

Escritório Preto no Branco – Depois

MUDA Home Design

Salah satu masukan interior terbaik untuk ruangan kantor adalah penambahan quotes motivasi di dinding yang polos. Hindari memberikan warna selain warna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu untuk dinding kantor, dan isi kekosongan di dinding dengan quotes yang bisa menjadi pengingat juga bagi anggota tim Anda. Untuk interior pun, pastikan Anda memilih furnitur-furnitur dengan warna-warna netral yang senada dengan warna utama keseluruhan interior yang Anda pilih. Kombinasi warna putih dan cokelat atau putih dan hitam merupakan kombinasi warna interior untuk kantor yang terbaik.

Manakah tips yang cocok diaplikasikan ke ruangan kantor Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!