Kamar Mandi by homify

Jendela dan Pintu Kaca Modern Untuk Rumah Gaya Kolonial

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Rumah dengan arsitektur Kolonial banyak terdapat di beberapa kota di Indonesia. Sayangnya, rumah gaya Kolonial saat ini semakin sedikit jumlahnya. Umumnya rumah merupakan peninggalan keluarga dan diwariskan secara turun temurun. Pemilik rumah yang baru merasa rumah gaya Kolonial tampak seram, kuno dan tidak berkelas. Akibatnya, rumah gaya Kolonial banyak yang dimusnahkan dan diganti bangunan baru yang lebih modern. 

Padahal, rumah klasik gaya Kolonial memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah langit-langit atau atap rumah yang tinggi membuat udara di dalam rumah terasa sejuk, walaupun udara di luar sedang panas terik. Selain itu, mempertahankan bentuk asli rumah gaya Kolonial dapat meningkatkan nilai gengsi pemilik rumah. Ini karena arsitektur rumah semacam ini telah langka dan membuat rumah Anda tampil beda.

Daripada meruntuhkan rumah, lebih baik melakukan renovasi di beberapa bagian rumah. Bisa dilakukan dengan menambahkan jendela kaca di ruangan penting dalam rumah. Mengapa harus jendela dan pintu kaca? Mari simak penjelasan selengkapnya. 

Jendela besar senada

Ini merupakan pengembangan dari rumah lama gaya Kolonial dengan membuat jendela tambahan di lantai atas. Sedangkan jendela kaca geser bisa ditempatkan di lantai atas yang memiliki balkon. Sinar matahari akan masuk ke dalam rumah lebih lama dengan intensitas cahaya yang lebih besar melalui jendela kaca. 

Menikmati pemandangan dari kamar

 Kamar Tidur by Realistic-design
Realistic-design

Perspectiva 3D – Diseño de interior

Realistic-design

Jendela kaca besar dalam kamar memiliki beberapa fungsi. Dari dalam, panorama di luar kamar akan tampak lebih jelas. Dari luar, tentu eksterior terkesan lebih modern dan minimalis. Sinar matahari pagi akan masuk ke kamar tanpa halangan dan membangunkan Anda. Cocok buat mereka yang sulit bangun pagi.

Pintu kaca lipat modern dan minimalis

 Rumah by Itech Kali

Pintu kaca lebar yang bisa dilipat merupakan akses masuk yang sempurna bagi penghuni rumah, udara segar atau sinar matahari. Jika menggunakan kusen kayu sebaiknya menggunakan kayu yang tahan lama dan berwarna senada dengan kusen jendela di bagian atas. Ini karena terpaan sinar matahari dan hujan bisa membuat kusen tampak kusam. Furnis perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga tampilan kusen. Tampilan modern juga dapat ditambahkan dengan sentuhan warna hitam, cukup membingkai kaca tersebut sehingga tidak berlebihan.

Sentuhan modern di ruang makan

Jendela kaca sebaiknya juga ditambahkan di sisi kanan dan kiri rumah. Dalam gambar ini adalah ruang makan yang menyatu dengan dapur, dan terletak di bagian samping rumah. Pemilihan warna putih untuk cat dinding rumah membuat suasana di dalam rumah lebih terang. Sebabnya, warna putih cenderung memantulkan cahaya, termasuk cahaya matahari dan cahaya lampu. Unsur batu bata yang dibiarkan terekspos, menciptakan kontras tersendiri dan menunjang gaya tradisional ala kolonial.

Ragu untuk mengecat rumah sendiri? Dapatkan tips pro mengecat dari kami.

Pintu kaca penghubung ruangan

Pada gambar di samping, pintu kaca berfungsi sebagai penghubung sekaligus pemisah ruangan. Pintu kaca menggantikan fungsi dinding dan pintu kayu. Sebuah alternatif untuk menciptakan kesan hangat dan akrab di dalam rumah. Ini juga membuat sinar matahari bisa menerobos masuk hingga ruangan di bagian dalam rumah, juga menjaga ruangan agar tampak lebih luas tetapi tetap menunjang privasi ketika diperlukan. Bonusnya? Ia dapat menghemat penggunaan energi listrik, dan tentunya pengeluaran Anda.

Pintu kaca geser di ruang keluarga

Pintu geser kaca juga bisa digunakan di dalam rumah, dijamin kesan keseluruhan rumah akan berubah drastis. Cocok diletakkan di bagian samping atau belakang rumah yang menghadap ke taman. Saat beristirahat akan semakin nyaman dan relaks dengan menikmati secangkir teh sambil memandang hijaunya dedaunan. Letakkan sofa empuk dan meja kecil. Rumah senyaman ini akan membuat Anda tak ingin pergi ke mana-mana.

Jendela antik untuk kamar mandi

 Kamar Mandi by homify

Gaya original Kolonial masih bisa diterapkan di beberapa bagian rumah yang tersembunyi. Misalnya di kamar mandi lantai atas, seperti gambar ini. Agar tampak kekinian, sesuaikan warna kusen jendela dengan warna cat dinding bagian dalam. Warna cat yang tidak putih merata atau sedikit mengelupas juga dapat memberikan kesan antik yang tetap sesuai dengan gaya keseluruhan rumah anda. Jangan lupa gunakan perlengkapan kamar mandi dan lantai dengan warna dan corak senada. 

Apakah saat ini  Anda tinggal di rumah gaya Kolonial? Mari bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!