Dapur by JOAO DINIZ ARQUITETURA

Enam Rahasia Besar Desain Interior

yudith prawitasari – homify yudith prawitasari – homify
Google+
Loading admin actions …

Sedikit mengamati terlebih dahulu penting untuk memberikan anda ide lebih jelas, bagaimana anda akan menangani sebuah masalah. Hal ini terutama sangat tepat untuk bidang desain interior, fondasi utama prinsip desain interior dapat berdampak besar pada penampilan keseluruhan sebuah rumah. Bukan sebuah rahasia besar bahwa homify sangat menyukai tenaga profesional, tentunya kami juga akan membagi rahasia para ahli tersebut pada anda. 

Desainer interior bukan hanya dapat memberikan hasil terbaik pada rumah anda dalam hal desain, memaksimalkan segala potensi yang ada. Mereka dapat mengenali karakter dan potensi setiap ruangan secara lebih mendalam, serta dapat mengenali batasan dan desain di sekitarnya. Untuk proyek manapun, ada beberapa rahasia desain mendasar yang dapat dijadikan panduan. Jika anda ingin memberikan sentuhan profesional pada rumah anda sesuai keinginan, gunakan tips tersebut! Pada akhirnya, siapa tahu teman-teman dan keluarga anda akan mengira desain tersebut hasil pengerjaan tenaga profesional.

1. Tidak perlu mengganti semua dengan yang baru

Apapun yang anda pikirkan, mempekerjakan desainer interior bukan berarti anda harus membeli semua perabotan dan piranti baru. Mayoritas desainer dan dekorator justru akan melihat benda mana yang masih bisa digunakan atau didaur ulang sebelum menyarankan anda membeli sesuatu yang baru. Memindahkan furnitur dari satu ruangan ke yang lainnya adalah alternatif untuk mengganti gaya rumah anda tanpa banyak mengeluarkan biaya. Sepotong furnitur berwarna gelap cenderung terlihat lebih cantik di ruangan yang lebih besar.

Jika anda berniat menyimpan obyek yang sudah berumur, pastikan ia merupakan sesuatu yang sungguh berharga bagi anda. Meletakkan banyak barang di satu tempat yang tidak memiliki koneksi personal dengan anda membuat ruangan cenderung terlihat berantakan dan tidak seimbang. Apa yang anda letakkan dan miliki di dalam ruangan seharusnya menjadi refleksi diri anda, bukan benda-benda yang disarankan oleh majalah. Desainer manapun akan mengatakan bahwa rahasia menciptakan ruangan terbaik bukanlah membeli furnitur mahal, tetapi berusaha  mengerti bahwa rumah merupakan bagian dari pemiliknya sendiri.

2. Gunakan pengelompokan

Saat mendesain dapur, pengaturan yang secara estetika paling memuaskan kemungkinan adalah dengan mengelompokkan furnitur. Rahasia yang paling sering diikuti para pro adalah mengelompokkan furnitur dalam jumlah ganjil, karena hal tersebut mengundang perhatian.

Selain itu ketika furnitur dikelompokkan, ia menciptakan kehangatan tersendiri karena terlihat lebih akrab, selain itu tersedia ruang gerak lebih untuk anda. Menempatkan furnitur berlawanan dengan tembok merupakan ide yang baik jika anda memiliki ruangan yang relatif kecil.

3. Gunakan Warna Berani dengan Percaya Diri

 Dinding by Madame Ant
Madame Ant

Feature Wall

Madame Ant

Jika anda ingin menggunakan warna yang berani, percaya diri memang penting tapi anda juga perlu memastikan bahwa semua warna yang ada harmonis. Skema ini keren karena semua warna yang ada terkoordinasi dengan baik – hijau lime pada sofa direplikasi apik pada dinding multiwarna.

Biasanya jika anda mendesain dengan warna tertentu, anda dapat membagi skema warna yang ada menjadi warna primer, sekunder dan aksen warna. Formula rahasianya adalah ratio 60:30:10 (aksen pada 10). Karena paling sering digunakan, memilih warna primer merupakan unsur paling penting dari ketiganya. Memilih warna yang dapat mengalir ke setiap ruangan dan menciptakan komposisi seimbang perlu menjadi panduan yang diingat. 

4. Atur furnitur sesuai besar ruangan

modern Bedroom by Living It Up
Living It Up

Roma Natural Walnut Bed

Living It Up

Biarkan besar ruangan mendikte anda, dimana anda seharusnya meletakkan furnitur. Seringkali pemilik rumah membeli furnitur yang terlalu besar untuk ruangan yang ada, sehingga pada akhirnya furnitur tersebut memonopoli dan merusak atmosfer ruangan. Catat baik-baik seberapa besar ruangan anda, dan dimana anda dapat menempatkan obyek secara fungsional, terutama di ruangan tertentu seperti kamar tidur. Jangan lupa untuk membiarkan cahaya alami masuk sehingga ruangan tidak gelap. Selain itu, ia juga memberikan aksen pada tekstur yang sudah ada dalam ruangan karena sebagian terkena cahaya dan sisanya berbayang.

5. Gunakan splashback sebagai aksen

 Kitchen by Johnny Grey
Johnny Grey

Kitchen Sink

Johnny Grey

Splashback, atau area berubin di belakang wastafel pada dinding yang berfungsi memantulkan air bukan hanya praktis tetapi juga bisa dijadikan fitur desain. Banyak desainer gemar menginstall splashback dengan gaya Mediteran, mosaik atau sekedar menggunakan ubin subway untuk menambahkan karakter pada area seperti dapur. 

Ubin tidak beraturan seperti yang satu ini juga dapat menjadi pilihan apik. Jarak yang ada diantara ubin terlihat jelas sehingga menambah sentuhan artistik pada desain yang  polos. 

6. Kombinasikan warna dan tekstur

Saat anda tidak dapat menambahkan warna baru ke dalam ruangan, tambahkan tekstur. Tembok bata seperti ini dapat memberikan solusi tepat untuk anda. Ia menambahkan dimensi yang cukup pada ruangan karena warnanya yang putih, tanpa menjadikan segalanya berlebihan di pandangan. Menciptakan harmoni sangat penting. Di ruangan yang memiliki lantai mengkilap, gunakan karpet berbulu atau animal print. Alternatif lain adalah kain pelapis bertekstur, atau elemen alami seperti kerang, batu, bulu, bahkan cabang pohon – dapat menjadi dekor yang cantik. 

Jangan sampai salah mendekor, atau ruangan anda akan menjadi sempit. Ini dia tips kami

Bagaimana, jitu bukan? Sekarang giliran anda membagikan rahasia interior anda...
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!