Rumah by 무회건축연구소

Efek Sentuhan Emas Pada Rumah yang Suram

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Sentuhan Midas mungkin merupakan kisah yang sering didengar, dimana apa saja yang disentuh berubah menjadi warna emas, namun, tidak dapat dipungkiri kisah khayalan tersebut sedikit terdengar konyol. Hari ini, meski begitu, homify akan membawa Anda mengunjungi salah satu rumah tua di Seoul, yang menjadi tontonan seluruh kota ketika rumah tersebut direnovasi menjadi karya seni berwarna keemasan, sehingga layak disebut Sentuhan Midas! Tentu saja, hal ini merupakan proyek besar yang membutuhkan bantuan profesional sekarang juga! Pemilik rumah ini lalu menyewa agensi arsitektur lokal yang bernama 무회 건축 연구소 untuk membangun rumah impiannya, mari kita saksikan momen bersejarahnya!

Sebelum renovasi: Mati

Sebelum direnovasi, rumah tua ini terlihat tidak memiliki kehidupan, dengan dinding penuh noda dan bekas karat yang terkumpul karena usianya yang sudah menua, terutama di balkon lantai duanya. Bagian tembok luarnya dipenuhi dengan tanaman rambat liar sehingga penampilan keseluruhannya semakin terlihat berantakan. Reruntuhan tersebar di tanah, tanaman yang sudah layu membuat rumah tampak semakin mati, menunjukkan rumah ini memang layak untuk direnovasi!

Sebelum renovasi: Pintu depan

Dari sisi pandang lainnya, pagar dan pintu masuk depannya termasuk salah satu bagian yang paling membutuhkan transformasi. Sudah jelas, pintu depan merupakan hal pertama yang diperhatikan dari suatu tempat. Tidak peduli apakah bagian dalam dari suatu rumah memiliki ruangan yang luas, furnitur dan interior yang penuh gaya. Jika bagian eksterior rumah tidak sedap dipandang, tamu Anda juga akan mempertanyakan selera Anda.

Tanpa menunda waktu lagi, mari kita lihat rumah luas dan besar ini disulap menjadi tampak keemasan setelah renovasi!

Setelah renovasi: Seni keemasan modern

Dari jauh, rumah setelah renovasi tampak seperti mewakili dunia seni kontemporer dan budaya. Jika Anda memberitahu orang-orang bahwa rumah ini merupakan museum seni kota, mungkin mereka akan mempercayai Anda!

Sebelumnya, dinding ini penuh noda bekas air dan karat, dan sekarang sudah digantikan oleh tembok bata yang dengan bahan yang kuat dan tahan lama dengan desain yang bagus. Warna cokelat gelapnya membuat pemilik rumah tidak lagi harus khawatir akan noda pada dinding. Rumah ini juga menggunakan bahan kayu yang menciptakan sentuhan panel-panel garis. Saat disandingkan dengan permainan dan dekorasi cahaya, rumah pun langsung berubah menjadi kilau keemasan.

Setelah renovasi: Ruang pintu depan yang besar

Lantai berbahan beton yang ada di antara dinding depan dan lantai yang dilapisi kayu menjadi tambahan rumah yang terlihat membantu siluet rumah menjadi lebih luas. Bahkan, tambahan ini memungkinkan adanya ruang untuk melakukan aktivitas di luar rumah karena dimaksimalkannya ruang antara tembok dan kayu oleh sang desainer. Di tengah-tengahnya, terdapat juga berbagai tumbuhan hijau yang memenuhi rongga kosong, yang sekaligus menjadi pemberi efek rumah kaca.

Setelah renovasi: Perpustakaan pribadi di lantai dua

Juga terletak di lantai kedua dari rumah yang kini didominasi oleh bahan bata dan kayu ini, dinding yang dipasang pada suatu ruang lebar, seolah menyerupai perpustakaan pribadi yang baru dibentuk. 

Tentu saja, jika pemiliknya tidak mau menjadikannya perpustakaan pun ruangan ini bisa dialihfungsikan menjadi ruang penyimpanan koleksi barang lainnya. Desainer interiornya pun dengan sengaja memasang pencahayaan di langit-langitnya, menggantikan lampu fluorescent biasanya, menambah keindahan desain keseluruhan.

Setelah renovasi: Tangga yang menempel di dinding

Desainer dari rumah ini tampak jelas tidak mau sampai kelewatan kesempatan untuk memaksimalkan potensi dari rumah ini. Mereka menambahkan pula tangga yang tersambung ke dinding dengan tujuan menambah kesan kesatuan dari bagian dalam dan luar rumah sambil membedakan materialnya agar tidak monoton. Desainer interior dari rumah ini harus mempertimbangkan sisi lain dari tembok bata, yang dipadukan dengan tangga kayu dan kontras dengan lantainya, sehingga menambah selera dan keindahan rumah ini.

Bagaimana? Inilah versi nyata dari Sentuhan Midas. Apakah versi ini membuat Anda terkesan?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!