Rumah by Arend Groenewegen Architect BNA

Restorasi Rumah Tua dengan Sentuhan Industrial

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Hamparan hijau padang rumput, pepohonan rindang dan udara yang sejuk membuat kawasan pedesaan menjadi tempat yang asyik untuk ditinggali. Jauh dari kebisingan kendaraan bermotor dan kemacetan yang kerap memicu stres. Belum lagi, warga di pedesaan dikenal memiliki sikap yang sangat ramah dan bersahaja.

Satu lagi yang unik dari pedesaan adalah gaya arsitektur rumahnya yang khas dan natural karena memakai beberapa bahan dari alam. Kayu pada tiang dan dinding, bata dari tanah merah yang dibiarkan terekspos, atau atap dari jerami. Kondisi ini membuat penghuninya bakal disuguhi  atmosfer gaya hidup masyarakat pedesaan.

ArendGroenewegen, seorang arsitek dari Belanda mencoba menambah nilai plus dari rumah pedesaan. Ia merestorasi sebuah rumah tua dengan sentuhan modern untuk memaksimalkan fungsi dari setiap ruang dan sudut rumah. Tanpa meninggalkan ciri khas historikalnya, sang arsitek juga memasukan elemen industrial dalam proses restorasi. Proyek garapan Arend Groenewegenini memang belum rampung 100 persen, namun Anda dapat melihat proyek ini akan memberikan hasil akhir yang sangat indah.

Kaca Besar di Bagian Depan

Rumah besar ini sangatlah klasik, kental dengan atmosfer zaman dulu. Dibangun dari bata merah yang tidak diplester, atap dari jerami serta dikelilingi tumbuhan hijau. Di bagian depan, sang arsitek memasang instalasi kaca dengan bingkai logam berwarna hitam untuk mendapatkan gaya industrial yang kuat. Ukurannya sangat besar, mendominasi dinding bagian depan rumah. Jendela dengan bingkai logam berwarna gelap juga dipasang di setiap sisi dinding bangunan. Tujuannya, untuk memanjakan mata penghuninya agar dapat menikmati panorama lingkungan sekitar rumah.

Proses Pengerjaan Masih Berjalan

Rumah indah ini masih dalam proses pengerjaan, belum rampung sepenuhnya. Di dalam rumah masih terlihat beberapa bagian yang belum mendapat sentuhan restorasi. Namun setelah selesai, rumah ini bakal benar-benar indah. Anda dapat melihat beberapa balok kayu yang digunakan menjadi tiang penyangga atau rangka atap. Kayu-kayu tersebut adalah hasil daur ulang dari konstruksi lama rumah yang telah menjalani proses pengawetan. Meski belum sepenuhnya selesai, Anda pasti sudah dapat merasakan atmosfer rumah modern pada bagian interior.

Dapur Modern

Dari lantai dasar, kita dapat melihat tampilan dapur dan ruang makan yang apik dan modern. Sang arsitek merancang dapur modern yang didominasi warna putih dan meja kayu dengan warna alami. Ini menjadikannya sangat cocok dengan karakter alami rumah zaman dahulu. Warna alami kayu yang indah  pada meja sangat kontras dengan lantai beton. Semakin sempurna, jendela memberikan tambahan panorama lingkungan sekitar yang indah.

Permainan Garis yang Atraktif

Permainan garis dari lantai kayu, rangka langit-langit dan tiang penyangga memberikan kesan yang unik. Hal ini dapat dinikmati mulai dari lantai dasar hingga lantai dua rumah. Garis-garis yang terbentuk terasa sangat atraktif saat melewati tangga ketika balok kayu bertemu dengan pegangan tangga.

Tangga yang Indah

Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan rumah ini adalah dengan cara melewati tangga. Anda dapat menikmati panorama keindahan lingkungan luar rumah melalui bingkai logam hitam khas industrial. Dari atas tangga, hampir semua jendela masuk dalam jangkauan pandangan. Cobalah untuk memegang pegangan tangga yang terbuat dari logam. Baja hitam ini terasa sangat kuat dan kokoh. Terasa unik ketika berpadu dengan anak tangga yang terbuat dari kayu dan unsur kayu lainnya yang berada di sekitar tangga. Ini merupakan bukti bahwa sang arsitek telah berhasil mengintegrasikan tangga modern dengan rumah antik khas pedesaan.

Apakah anda bosan dan jenuh dengan rumah tua anda? Apakah anda ingin merenovasi rumah tua anda menjadi rumah bergaya modern atau industrial? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!