Teras by Isabela Canaan Arquitetos e Associados

Indah di Luar, Mengagumkan di Dalam!

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Setiap negara punya karakteristik sendiri mengenai arsitektur. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk kultur dan tipikal cuaca di sana. Salah satu ide keren untuk rumah di Indonesia adalah elemen dan warna kayu seperti di Brazil. Mengingat dua negara ini memiliki banyak kesamaan yaitu tropis dan dekat pantai. Rumah dengan ukuran sedang ini cocok untuk keluarga kecil yang ingin membangun hunian tanpa ribet tapi nyaman di hati. Ini lho contekannya:

Tampak Luar, Manis Mengesankan

Jika rumah Anda dibangun di lahan yang miring (jalan tanjakan atau turunan) maka hal pertama yang dilakukan adalah membuat pondasi rumah yang sama tingginya. Namun untuk pagar luar, bisa tetap menyesuaikan dengan kontur lahan. Pintu dan garasi kayu, ditambah dengan pagar kaca transparan, terlihat sederhana tapi rumah memiliki sirkulasi udara yang banyak. Halaman depan rumah juga tidak perlu terlalu luas, secukupnya saja.

Dibangun dengan skema dua lantai, rumah bergaya Brazil ini memang lekat dengan elemen kayu. Pagar untuk balkon juga kayu dengan gaya horizontal. Siluetnya pada sore hari keren untuk foto-foto lho.

Melihat ke Dalam

Seperti tipikal keluarga di Indonesia, keluarga di Brazil juga menyisipkan ruang tamu, ruang makan dan dapur yang ukurannya cukup luas. Sosialisasi masyarakat di dua negara ini memang tinggi. Jadi tidak jarang ada tetangga, keluarga dan teman datang berkunjung. Anda juga tidak perlu menambahkan banyak sekat, agar rumah terasa lapang. Warna-warna hangat dan terang seperti putih, krem dan coklat cocok untuk tiga ruangan ini. Kombinasi antara modern dan kontemporer bersanding harmonis di sana.

Rahasia di Balik Atap yang Tinggi

Negara tropis identik dengan cuaca panas dan sinar matahari yang terik. Hal ini bisa diakali dengan membuat atap rumah yang tinggi, dengan kayu sebagai plafonnya. Ini membuat sirkulasi udara lancar, rumah menjadi sejuk tanpa banyak pendingin ruangan. Dijamin tidak kegerahan. Apalagi di ruang makan seperti ini, elemen kayu juga kental. Hangat, sejuk dan cerah! Coba juga lampu-lampu bergaya modern industrial seperti ini, wah serasa makan di restoran setiap hari.

Dapur Fungsional

Beranjak ke dapur, desainnya lebih banyak sentuhan modern. Warna hitam dan granit menjadi primadona di sini. Tambahan bar kecil untuk sarapan pagi atau meminum segelas soda dingin saat siang hari juga ide yang bagus. Tidak perlu memberi tembok pembatas, cukup jaga kebersihan dapur agar elok dipandang dari mana saja. Bisa juga lho dapur diletakkan di dekat taman belakang, sejuk!

Saatnya Bersantai

Makan bersama di meja makan memang seru, namun bagaimana jika Anda punya ruangan lain yang lebih terbuka untuk bercengkrama bersama keluarga? Sebuah konsep ruang makan dengan bar terbuka seperti ini jadi penyambung tali keakraban antar anggota keluarga. Malam hari sembari membawa secangkir cokelat panas, gemericik air di kolam ikan dekat taman menemani canda tawa. Ini rumah Anda, bebaskan diri untuk berekspresi.

Kamar Tidur Elegan

Agar bisa istirahat dengan maksimal, maka kamar tidur harus nyaman dan luas. Jangan ragu menambahkan beberapa meter untuk ruangan satu ini, dan membeli furnitur kelas satu untuk mengisinya. Ranjang yang kokoh, kasur yang empuk, selimut hangat dan jangan lupa lantai kayu elegan tiada tara. Jangan lupa lampu tidur di sisi kanan kiri, plus sofa empuk di sebelahnya. Wah, bikin betah.

Kamar Mandi ala Hotel Bintang Lima

Ada waktu di mana kita tidak ingin terburu-buru dan menikmati waktu mandi. Oleh karena itu, berendam dengan busa melimpah jadi kemewahan tersendiri. Tidak masalah untuk berinvestasi jangka panjang dengan membangun kamar mandi luas dan isi yang berkelas. Kayu solid, marmer berkualitas dan tentu saja desain yang elegan bersatu bertransformasi menjadi kamar mandi ala hotel. Siapa yang tidak ingin segera pulang jika rumahnya senyaman ini?

Bagaimana, inspiratif bukan? Jika ingin mengintip desain rumah modern lainnya, bisa jalan-jalan ke sini. Mari?

Rumah bergaya Brazil ini memang lekat dengan elemen kayu. Siluetnya pada sore hari keren untuk foto-foto lho.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!