Koridor dan lorong by Studio_P - Luca Porcu Design

5 Proyek Renovasi Rumah yang Pasti Ingin Anda Coba

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Melakukan renovasi rumah (terutama renovasi total) rumah bukanlah pekerjaan mudah. Anda harus mempunyai rencana dan tujuan yang jelas agar arsitek dan desainer bisa memahami seperti apa rumah impian yang Anda inginkan. Sebelum merenovasi rumah, pertimbangkan dahulu beberapa hal berikut ini. 

1. Apa yang Anda butuhkan? 

Apakah Anda sudah atau sedang menanti kelahiran anak? Ruangan apakah yang harus ada di rumah Anda? Berapa kamar mandi atau kamar yang Anda butuhkan?

2.  Luas atau tidakkah tempat tinggal Anda? 

Jika Anda tinggal di apartemen, sudah jelas luas tempat tinggal Anda tidak akan bertambah. 

3. Berapa anggaran yang Anda miliki? 

Pilihlah proyek renovasi yang sesuai dengan anggaran dan tidak akan membuat Anda menyesal belakangan. Kali ini kami akan membahas tentang beberapa proyek renovasi rumah untuk referensi Anda.

Renovasi total

Desainer mendapat kebebasan untuk mewujudkan idenya dalam proyek ini. Tampak pada gambar, dinding bangunan lama dirobohkan dan diganti dengan pintu masuk ke dapur. Ini dilakukan untuk memperluas ruangan di antara pintu depan dan dapur. Perombakan juga dilakukan di bagian atap, dengan menambahkan elemen lengkung agar selaras dengan pintu masuk dapur. 

Gambar pertama menunjukkan proses renovasi yang tengah berjalan. Sedangkan gambar berikutnya menunjukkan hasil renovasi. 

Setelah direnovasi, ruang tamu tampak lebih luas dan lega. Kesan luas ini juga tercipta karena desainer menggunakan lantai berwarna putih, cat dinding putih dan lampu LED. 

Apartemen sempit jadi lapang

  by Fluido Design Studio
Fluido Design Studio

Zona pranzo e cucina anteoperam

Fluido Design Studio

Proyek selanjutnya adalah renovasi yang dilakukan di sebuah apartemen. Dibutuhkan perhitungan matang dari manajer proyek agar proyek renovasi sesuai dengan rencana. Ia harus memperhitungkan struktur teknik bangunan dan keterbatasan ruang. 

Sebelum direnovasi, ada dinding yang menyekat dapur dan ruang tamu. Setelah dinding ini dibongkar, ruang di dalam apartemen tampak lebih lapang. Ruang yang tersedia menjadi koridor penghubung kamar mandi dan kamar tidur. 

  by Fluido Design Studio
Fluido Design Studio

Zona pranzo e cucina post operam

Fluido Design Studio

Dalam proyek ini, kamar mandi direnovasi menjadi dua bagian, yaitu kamar mandi dengan bath tub dan kamar mandi dengan shower berukuran 90 x 90 cm. Ruang tamu dan dapur yang sebelumnya terpisah, disatukan dan dapat berfungsi sebagai ruang makan sekaligus ruang televisi. 

  by Fluido Design Studio
Fluido Design Studio

Pianta ante operam

Fluido Design Studio

  by Fluido Design Studio
Fluido Design Studio

Pianta post operam degli arredi

Fluido Design Studio

Mengubah rumah terbengkalai jadi indah

Tujuan proyek kali ini adalah merenovasi sebuah rumah terbengkalai di tengah taman yang luas. Desainer menempatkan pintu gaya Prancis ke bagian rumah yang menghadap ke taman. Lebih banyak cahaya masuk ke dalam rumah, dan siapa pun bisa menikmati panorama taman yang indah dari dalam rumah. Penggunaan langit-langit dan lantai kayu berhasil menciptakan kesan modern dan suasana nyaman.

Koridor sekaligus tempat penyimpanan

Gambar ini menunjukkan dengan jelas perbedaan sebelum dan sesudah renovasi dilakukan. Koridor adalah bagian rumah yang cenderung diabaikan oleh para penghuni rumah. Namun, desainer bisa memanfaatkannya sebagai ruang penyimpanan barang. Sebuah lemari customyang tingginya sama dengan dinding plus laci-laci dan lemari ditempatkan di sini. Hasilnya, rumah jadi tampak lebih rapi. 

Renovasi juga dilakukan di bagian dapur. Furnitur yang digunakan juga senada dengan warna lemari di koridor, yaitu putih bersih. Dua buah jendela berfungsi sebagai sumber cahaya alami sebelum malam tiba. Semua ini dikombinasikan dengan lantai kayu yang sempurna. 

Dari reruntuhan jadi rumah idaman

Proyek renovasi ini dilakukan di sebuah rumah kuno seluas 60 meter persegi di Turin Italia. Rumah ini disewa sebuah perusahaan travel dan akan digunakan sebagai penginapan untuk wisatawan. Rumah ini mempunyai  3 buah kubah dari tahun 1905, yang masing-masing berfungsi membagi rumah menjadi 3 bagian. 

Gambar paling atas adalah denah rumah kuno sebelum direnovasi. Bagian vertikal menunjukkan pembagian rumah sesuai dengan kubah yang ada di atasnya. Sedangkan gambar di bagian bawah adalah rencana renovasi rumah dengan memanfaatkan struktur asli rumah. 2/3 bagian rumah diubah menjadi ruang tamu, dan 1/3 sisanya digunakan sebagai kamar tidur dan kamar mandi. 

Manakah proyek renovasi rumah yang menurut Anda paling menarik? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!