Kamar Mandi by studio ferlazzo natoli

Desain Sempurna Untuk Apartemen Anda

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Sebagai sebuah hunian vertikal populer, apartemen sepertinya  tak henti-hentinya mengundang banyak rasa penasaran para profesional untuk mempercantiknya. Meskipun pada dasarnya hunian perkotaan ini sudah ada yang berdesain mewah bahkan fully furnished, namun rasanya masih ada yang perlu dimaksimalkan, mengingat ukuran apartemen yang terbatas, tak seluas hunian pada umumnya.  

Demi memaksimalkan ruang, akhirnya proyek ini pun hadir dengan segudang ide cerdasnya. Proyek yang dijalani di sebuah apartemen berkamar dua ini menitikberatkan renovasinya pada pemanfaatan lorong dapur, ruang makan, ruang tamu dan kamar mandi. Masing-masing ruang yang memiliki fungsinya sendiri-sendiri tersebut, dispesifikkan menjadi ruangan yang benar-benar eksklusif. Melalui metode-metode khusus seperti pemilihan warna, pengaplikasian kabinet serta pemanfaatan ruang, akhirnya mampu membuat apartemen ini terlihat lebih luas dari sebelumnya. 

Perombakan ini tentu memerlukan pemikiran yang matang, khususnya dalam menata ulang apa yang sudah disediakan oleh developer sebelumnya.  Peniadaan partisi dan membuka ruang-ruang yang sebelumnya tersekat adalah pekerjaan rumah utama yang harus dilakukan. Hal inilah yang nantinya akan mengubah pola pikir Anda, yang sebelumnya mungkin beranggapan bahwa apartemen berbentuk persegi tersebut tak bisa diapa-apakan. Segudang konsep yang Anda inginkan sebenarnya bisa saja Anda aplikasikan, asalkan Anda pandai menata setiap komposisi ruangan mungil tersebut dengan cara yang tepat. Jika Anda memang berencana merombak tampilan apartemen Anda, maka kini saatnya Anda untuk menduplikasikan proyek ini ke apartemen milik Anda.

Manfaatkan lorong yang tersedia.

Ruang seperti ini adalah ruang yang terkadang membuat pemilik apartemen bingung untuk memanfaatkannya. Selain luas yang tanggung, dimensi yang memanjang adalah beberapa sebab kenapa ruang seperti ini sering dianaktirikan. Padahal, Jika ada ruang seperti ini di hunian Anda, Anda dapat mengubah keadaannya menjadi sebuah ruang minimalis seperti yang terlihat pada gambar. Didalamnya, Anda dapat mengaplikasikan konsep dapur memanjang dengan penggunaan kitchen set di salah satu sisinya. Gunakan warna putih pada kabinet, untuk memberikan kesan luas pada dapur mungil tersebut. Dan satu lagi, gunakan juga unsur pintu geser sebagai akses utama, agar pemanfaatan ruang semakin terasa pada ruang di sisi luarnya.

Ruang tamu

Pemanfaatan ruang memang sangat diperlukan untuk setiap hunian apartemen. Selain pemilihan furnitur, peniadaan partisi fisik atau sekat antar ruangan adalah solusi cerdas lainnya yang dapat Anda gunakan, agar ruangan Anda tak terkesan sempit. Seperti yang terlihat pada gambar, peniadaan sekat antara ruang tamu dan ruang makan membuatnya tetap terlihat luas. Selain itu, kesan tersebut juga didukung oleh penggunaan lemari buku berdesain minimalis serta hadirnya beberapa tanaman hijau, yang membuatnya semakin terlihat dinamis.

Ruang makan ala restoran

Mengikuti ukuran ruangnya, tempat bersantap ini pun dikonsep layaknya restoran. Tak perlu memakan banyak tempat. Ruang makan minimalis seperti pada gambar rasanya sudah cukup untuk Anda dan keluarga. Letakkan ruang tersebut di salah satu sudut ruangan agar komposisi ruang tersebut tak mengganggu mobilitas Anda sehari-hari. Untuk melengkapinya, gunakan warna abu-abu atau warna lain pada sisi dinding, untuk menegaskan bahwa ruang makan tersebut seolah terpisah dengan ruang lain di sekitarnya.

Pemanfaatan langit-langit

Jika selama ini Anda hanya mengenal langit-langit sebagai media peletakkan lampu, maka anggapan Anda tersebut sedikit keliru. Karena seperti yang terlihat pada gambar, ternyata langit-langit yang tak begitu tinggi, dapat juga Anda manfaatkan sebagai media peletakkan rak pajangan berukuran sedang. Didalamnya, Anda dapat meletakkan berbagai pajangan maupun tanaman hijau untuk menghangatkan suasana.

Kamar mandi

Mungkin tak ada yang menyangka bahwa kamar mandi yang terlihat luas ini ternyata ada di sebuah apatemen. Peletakan wastafel berwarna putih serta kombinasi warna abu-abu terang adalah beberapa trik yang mampu merefleksikan kesan luas dan nyaman di kamar mandi ini.

Desain

Jika Anda ingin melihat bagaimana sang desainer menyulap apartemen ini menjadi lebih efisien dan modern, maka Anda dapat menduplikasi cuplikan denah berikut ke denah apartemen yang Anda miliki saat ini. So, selamat berkreasi, semoga suguhan proyek kali ini menginspirasi Anda dan keluarga Anda.

Berencana memperluas tampilan apartemen Anda? Contek tipsnya hanya di sini.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!