Dapur by Ferraro Habitat

Segarkan Dapur dengan Hadirkan Nuansa Alam

arisyahril arisyahril

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Dapur merupakan salah satu bagian vital dari sebuah rumah. Tempat ini bertugas untuk menyiapkan hidangan makanan bagi para penghuninya. Mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam. Banyak orang beranggapan, makanan yang tersaji merupakan salah satu faktor penentu betah tidaknya seseorang di rumah. Tak jarang, seseorang rindu untuk pulang ke rumah karena rindu masakan ibu atau istrinya.

Sebagai ruangan yang memiliki fungsi vital di rumah, kondisi dapur perlu mendapat perhatian khusus. Mulai dari kelengkapan alat memasak hingga desain interiornya harus mendukung tugas sang koki di rumah dalam menjalankan tugasnya. Dengan merasa nyaman saat berada di dapur, anggota keluarga yang bertugas menyiapkan makanan akan lebih fokus sehingga mampu membuat masakan yang dapat memanjakan lidah penghuni rumah.

Salah satu ide untuk membuat dapur di rumah Anda menjadi tempat yang nyaman untuk memasak adalah menghadirkan nuansa alam seperti tumbuhan hijau, kayu hingga unsur tanah dan batu di dapur. Unsur-unsur alam tersebut dipercaya dapat memberikan ketenangan dan kesegaran. Pastikan juga sirkulasi udara di dapur berjalan dengan baik. Jika Anda tertarik untuk menghadirkan nuansa alam di dapur, hasil karya para ahli di Homify berikut ini mungkin dapat menginspirasi Anda.

1. Hadirkan Tanaman Hijau di Dapur

Anda dapat mencoba meletakan beberapa pot berisi tanaman hijau di dapur. Beberapa literasi menunjukan warna hijau dari tanaman dapat mereduksi stres dan memberikan ketenangan. Selain untuk memberikan ketenangan dan memberi sentuhan nuansa alam, tanaman dapat memberikan manfaat lain. Tanaman obat, rempah atau herbal misalnya. Sewaktu-waktu dapat digunakan untuk menambah lezat makanan.

2. Dinding Bata Merah

 Dapur by Moran e Anders Arquitetura
Moran e Anders Arquitetura

Retrofit – Residência Alphaville

Moran e Anders Arquitetura

Dinding yang dibiarkan terekspos dapat memberikan beberapa kesan. Salah satunya adalah kesan natural dari bata yang terbuat dari tanah merah. Gaya ini dapat Anda aplikasikan pada dinding dapur atau penyangga meja. Di dapur bergaya modern seperti pada foto ini, penggunaan dinding bata merah menjadi sebuah kontras klasik-modern yang indah.

3. Tungku Pembakaran Eksotis

Tungku berbahan bakar kayu ini merupakan salah satu peralatan memasak wajib di dapur rumah di Italia dan restoran pizza. Bentuknya sangat menarik, membulat dengan bata merah yang dibiarkan terekspos. Selain untuk memanggang pizza, alat ini dapat digunakan untuk memanggang roti atau daging. Dengan menggunakan tungku ini, makanan yang dihasilkan dipercaya akan memiliki aroma dan cita rasa yang khas yakni aroma asap dari kayu yang terbakar.

Desainer interior Liliana Zenaro Interiores membuat tungku pembakaran ini dapat dengan mudah diaplikasikan di dapur mana pun. Dengan cerdas, ia memasang tungku di sudut dapur sehingga tidak memakan banyak tempat. Dinding dapur juga dibuat senada dengan tungku dengan pemasangan bata tanah merah yang terekspos. Tertarik untuk mengaplikasikannya di dapur Anda?

4. Jadikan Rempah Sebagai Hiasan

Rempah-rempah dan bumbu masak umumnya disimpan dalam lemari. Padahal, beberapa rempah seperti rose mary, thyme atau basil kering dapat dijadikan hiasan dinding yang indah. Cobalah untuk memindahkan beberapa rempah dari lemari ke dinding dan lihat perbedaannya.

5. Lampu dari Botol Kaca Bekas

 Dapur by Ferraro Habitat

Ide dari Ferraro Habitat ini patut untuk dicoba. Ia menggunakan botol bekas wine sebagai wadah lampu dan menggantungnya di dapur. Selain ramah lingkungan karena memanfaatkan barang bekas, lampu ini akan memberikan warna cahaya yang unik. Terlebih jika menggunakan botol bekas dengan beragam warna.

6. Buat Gambar atau Grafis dari Vinyl

Bumbu masak dan rempah memiliki varian yang sangat luas. Untuk mengingatnya, Anda dapat membuat gambar beberapa bumbu atau rempah di dinding dapur menggunakan vinyl. Selain media pengingat, gambar ini juga dapat memberikan kesan natural dan dapat digunakan sebagai papan tulis.

7. Koneksikan Dapur dan Halaman Belakang

Dapur dan halaman belakang biasanya hanya terkoneksi melalui jendela. Padahal, media koneksi yang lebih besar seperti pintu yang lebar dapat membuat dapur dan halaman belakang terasa menjadi sebuah kesatuan yang tak terpisahkan. Segarnya halaman belakang dapat masuk ke dalam dapur.

8. Gunakan Batu Alam

Batu alam seperti granit dipercaya memiliki beberapa khasiat. Salah satunya adalah memberikan efek sejuk pada ruangan. Dari sisi visual, batu alam juga memberikan kesan natural pada ruangan secara keseluruhan.

Ingin dapur menjadi lebih segar? Ingin merasakan sensasi memasak di ruangan terbuka?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!