Ruang Keluarga by Boks architectuur

Desain Rumah Tua di Pinggiran Kota, Cantik!

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Di Indonesia, masih banyak rumah peninggalan zaman Belanda yang hingga hari ini masih terawat bahkan direnovasi secara berkala. Rumah ini dinamai Villa Barilicum, sebuah mahakarya Bok Architecture. Kondisinya bagus, bangunannya kokoh dan juga klasik. Arsitekturnya juga sebenarnya tidak pernah tergerus waktu, serta cocok di negara beriklim tropis. Kenapa bisa seperti itu? Karena rumah ini atapnya tinggi, sirkulasi udaranya bagus. Rumah selalu terasa sejuk dan lantainya juga dingin. Anda yang ingin membangun rumah di pinggiran kota, desain ini cocok untuk dicontek lho:

Tampak Dari Depan

 Rumah by Boks architectuur
Boks architectuur

glazen achtergevel

Boks architectuur

Rumah ini mungkin akan diberi nama rumah penuh cinta. Dikelilingi pohon, rumputnya hijau segar terkena embun pagi setiap hari. Matahari mengisi kisi-kisi jendelanya, elemen kayunya membuat penghuninya menyatu dengan alam. Rumah bergaya klasik era Belanda ini sungguh memesona!

Jangan lewatkan ide kreatif rumah bergaya eklektik lainnya di sini ya.

Tampak Luar

 Rumah by Boks architectuur
Boks architectuur

zwarte gepotdekselde delen

Boks architectuur

Atapnya berbentuk sama seperti rumah kebanyakan, hanya saja lebih lancip lagi. Plus jendela di bagian atas, agar cahaya matahari masuk ke dalam rumah secara merata. Sederhana sekali bukan? Material yang dipilih juga tidak neko-neko, pintu dan kusen kayu, batu bata dan genteng standar saja. Jika ingin sentuhan modern, kusen jendela bisa diberi warna putih tulang, cantik sekali!

Tak Takut Gelap

Bagian belakang rumah juga mendapatkan sentuhan berkelas dengan pintu lipat yang juga berperan sebagai jendela. Tidak ada tembok sedikitpun, hanya ada kaca transparan di situ. Udara di dalam rumah terjaga, sinar matahari juga leluasa masuk. Bagi Anda yang tidak menyukai terlalu banyak lampu, ide ini sangat tepat.

Ruang Keluarga Menghadap Taman Belakang

Keunggulan memiliki rumah di pinggiran kota adalah kita bisa bermewah-mewah memiliki taman belakang yang luas. Anda bisa berkebun, menanam aneka bunga yang cantik dan masih banyak lagi. Ruang keluarga bisa juga mendapatkan porsi yang luas, apalagi pandangannya lepas ke luar. Sofanya tidak perlu berdesain mutakhir, cukup yang sederhana saja. Yang penting empuk dan nyaman. Tambahkan rak buku serta meja di sana, membuat betah siapa saja yang menghabiskan waktu di ruang keluarga.

Dapur Modern

 Dapur by Boks architectuur
Boks architectuur

keuken kastenwand

Boks architectuur

Dari luar terlihat klasik, ternyata bagian dapurnya modern. Siapa yang bisa menolak kecanggihan ovendan microwave? Warna dengan nuansa netral dan elemen kayu tetap mendominasi di sini. Ditambah dengan vas yang diisi bunga hasil petik di taman belakang rumah, serasa kembali ke masa lalu ya!

Ruang Makan Multifungsi

Konsep ini bagi sebagian orang berarti kembali ke model-model dasar. Termasuk untuk meja dan kursi makan, mengingatkan pada meja di sekolah dulu ya? Agar makin hangat, rak gantung berwarna putih dari kayu bisa diisi dengan aneka foto dan pajangan. Ide lampu gantung yang unik ini juga membawa warna lain untuk ruang makan. Jendela yang lebar juga membuat Anda tidak kekurangan cahaya saat sarapan dan makan siang.

Perapian Modern

Perapian zaman sekarang bukan lagi berbentuk seperti tungku yang menyita tempat, sekarang perapian bisa didesain modern seperti ini. Canggih!

Taman Pribadi Selalu Menarik Hati

 Kamar Tidur by Boks architectuur
Boks architectuur

master bedroom

Boks architectuur

Memiliki pemandangan privat tidak hanya bisa didapat saat menginap di hotel. Di rumah, Anda juga bisa membuatnya sendiri kok. Buatlah taman privat di samping kamar, jadi Anda tak perlu lagi tidur dikelilingi tembok. Konsep pintu merangkap jendela tadi juga bisa diterapkan di ruang tidur.

Kamar Mandi Alami

Tidak ada marmer atau keramik di sini. Gantinya adalah elemen kayu dan cahaya matahari, sejuk sekali rasanya. Kamar mandi tidak harus selalu luas, yang terpenting fungsional.

Bagaimana pendapat anda tentang rumah eklektik Belanda satu ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!