Rumah by ecospace españa

6 Ide Rumah Prefabrikasi yang Praktis dan Ramah Lingkungan

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah prefabrikasi, atau disebut juga rumah prefab, sebetulnya bukan ide baru. Rumah prefabrikasi pertama kali ditemukan oleh Akbar, seorang arsitek India, di tahun 1579. Rumah prefabrikasi modern masih mengusung konsep yang sama dengan rumah prefabrikasi jaman dulu. Yaitu, membangun tempat tinggal nyaman dengan mudah dan dalam waktu singkat. 

Sekitar 80% elemen rumah prefabrikasi diproduksi di pabrik, dan memakan waktu sekitar tiga bulan. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan elemen rumah merupakan bahan berkualitas tinggi. Kontrol produksi ketat diberlakukan selama produksi, agar menjamin daya tahan rumah prefabrikasi dalam waktu lama. 

Pembangunan rumah prefabrikasi membutuhkan setengah dari waktu pembangunan rumah tradisional atau bahkan kurang dari itu. Jika membangun rumah tipe 36 memerlukan waktu berbulan-bulan, rumah prefabrikasi bisa didirikan dalam hitungan hari saja. Rumah prefabrikasi juga lebih ramah lingkungan karena lebih sedikit limbah yang dihasilkan dan meminimalisir kerusakan lingkungan akibat proses pembangunan. 

Menarik, bukan? Berikut ini adalah beberapa contoh desain rumah prefabrikasi yang bisa menginspirasi Anda.  

1. Pondok kayu

Pondok kayu modern ini luasnya 25 meter persegi, cocok untuk mereka yang masih lajang. Lantai rumah didesain dengan bentuk mezzanine (mirip balkon) dan terbuat dari paduan kayu pinus dan alpine larch. Sedangkan bagian interior rumah dilapisi dengan eternit. Rumah dengan satu kamar tidur ini bisa menjadi bangunan tambahan di samping rumah utama. Hanya diperlukan waktu satu minggu untuk mendirikan rumah ini. 

2. Gaya tradisional

  by The Wee House Company
The Wee House Company

One Bedroom Wee House Exterior

The Wee House Company

Rumah seluas 40 meter persegi ini tampil dengan desain rumah pedesaan Eropa. Bedanya, rumah ini bisa dipindahkan sewaktu-waktu tanpa menghancurkan bagian rumah manapun. Bahan dasar rumah ini didominasi oleh kayu, tampak manis dengan warna biru dan putih. Ada tiga ruangan di rumah ini, yaitu kamar mandi, dapur, dan kamar tidur dengan tempat tidur ganda. 

2. Desain kontemporer

Rumah ini terbuat dari beberapa elemen yang ringan, tahan lama, namun mudah dipindahkan. Didominasi oleh unsur kayu, rumah mungil ini tampak kokoh dan modern di luar. Siapa sangka ada empat ruangan dalam rumah prefabrikasi ini? Anda bisa duduk-duduk bersama teman di ruang tamu, memasak di dapur, mandi di kamar mandi dan tidur di kamar tidur kecil. Sama persis seperti aktivitas di rumah 'normal'.

4. Rumah besar

Rumah prefabrikasi tidak selamanya kecil. Perusahaan pembuat rumah fabrikasi biasanya juga membuat rumah prefabrikasi berukuran besar. Rumah dalam gambar ini menggunakan elemen kaca, sesuai dengan gaya arsitektur modern. Jendela besar membuat sinar matahari menyinari bagian dalam rumah. Desain eksteriornya yang simpel tampak selaras dengan pemandangan hijau di sekitarnya. 

5. Rumah kontainer

Rumah kontainer sedang ngetren di Indonesia belakangan ini. Selain digunakan sebagai rumah tinggal, rumah kontainer juga jadi pilihan bagi pemilik usaha penginapan. Ini karena biaya pembangunan rumah kontainer lebih murah daripada rumah permanen. Sesuai dengan namanya, rumah ini terbuat dari kontainer yang sudah tidak dipakai. Bagian dalam dilapisi kayu agar suhu udara dalam rumah tidak panas. 

6. Rumah minimalis

 Rumah by Casas inHAUS
Casas inHAUS

Fachada moderna del modelo Chipiona de Casas inHaus

Casas inHAUS

Anda juga bisa memiliki rumah prefabrikasi dengan gaya masa kini. Rumah prefabrikasi ini luasnya 75 meter, dan terdiri dari ruang makan, dapur, tiga kamar tidur dan dua kamar mandi. Ada juga ruang tamu yang cukup luas di bagian tengah rumah. Panel dan batu alam turut mempercantik tampilan luar rumah. 

Apakah Anda tertarik membangun rumah prefabrikasi? Tuliskan alasan Anda dalam kolom komentar di bawah ini. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!