Dapur by hola

8 Ide Interior Dapur yang Ekonomis dan Efisien

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Saat budget Anda untuk merubah interior rumah terbatas, Anda tidak bisa banyak bereksperimen dan harus mengambil keputusan yang tepat. Memiliki ide yang jelas mengenai bagaimana Anda ingin merombak dapur Anda dari awal dapat membantu Anda menghabiskan dana secara lebih bijaksana dan dengan cara yang lebih nyaman.

Seringkali, Anda menemui situasi di mana Anda memiliki begitu banyak ide yang ingin Anda wujudkan demi terciptanya dapur impian, sehingga saat tiba waktunya untuk memutuskan apa saja yang Anda butuhkan untuk melengkapi dapur impian tersebut, Anda malah bingung. Karena itu, kami menyediakan 10 ide untuk Anda terapkan di ruang tempat Anda memasak dan berkreasi dengan makanan!

1. Kombinasi warna dan baja

modern Kitchen by IROKA
IROKA

MOBILIARIO DE COCINA MODELO SOFIA

IROKA

Baja merupakan bahan yang sering digunakan untuk peralatan dapur, baik itu perkakas memasak maupun furnitur. Seringkali, bahan baja ini ditemani dengan bahan kuningan yang merupakan bagian dari desain modern dapur masa kini. Untuk memberikan karakter pada desain dapur Anda, tambahkan dua pilihan warna cerah dengan kombinasi warna lembut sebagai desain latarnya. 

Warna apapun yang Anda pilih untuk desain yang menitikberatkan pada kombinasi warna dan bahan baja ini sebenarnya tidak masalah, selama furnitur yang Anda pilih memiliki warna netral, seperti putih atau abu-abu muda, atau warna sampanye yang ringan.

2. Atmosfer kayu

 Dapur by Tim Wood Limited
Tim Wood Limited

American Black Walnut Vauxhall Kitchen designed and made by Tim Wood

Tim Wood Limited

Kayu merupakan pilihan klasik yang tidak pernah ketinggalan zaman, karena gayanya yang fleksibel dengan citarasa akhir yang indah. 

Anda dapat berkreasi dengan kabinet berwarna kayu tua dan mencari spektrum warna yang kontras dengan lantai kayu dan bagian bawah dinding dapur Anda. Anda juga perlu mengingat bahwa penggunaan warna kayu tua untuk kabinet atau lemari dapur membutuhkan paduan warna yang lebih muda untuk furnitur dapur Anda. Fungsinya untuk menambah kedalaman persepsi dalam dapur Anda dan membuat interiornya lebih komprehensif serta menyenangkan pandangan.

3. Desain dapur yang terbuka dengan pencahayaan yang cerah

Untuk bisa mewujudkan desain ini, Anda membutuhkan pencahayaan yang baik di ruangan dapur Anda untuk membuatnya tampak berbeda dari desain sebelumnya. Jika sumber pencahayaannya adalah cahaya matahari yang alami, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menciptakan desain ini di ruangan yang bermandikan cahaya surya. Anda dapat mengontrol banyaknya cahaya yang masuk ke dalam ruangan dengan memasang tirai transparan yang tebal untuk dapat memberikan nuansa nyaman dan lembut bagi ruangan dapur Anda.

4. Desain interior dapur dengan warna yang berani

modern Kitchen by IROKA
IROKA

MOBILIARIO DE COCINA MODELO ARIKA

IROKA

Banyak orang ragu memilih warna terang karena takut salah memilih warna, terutama untuk ruangan seperti dapur dan untuk furnitur dan kabinet dapur. Hal ini sebenarnya mudah dilakukan, dan Anda tidak perlu takut menggunakan warna yang berani dan terang. Anda hanya perlu membiasakan diri dengan adanya warna cerah ini di sekitar Anda. 

Sebagai contoh, dalam gambar ini, warna latar dari dapur ini adalah abu-abu, yang merupakan warna netral yang bisa menjadi dasar pilihan warna bagi dapur Anda. Tambahkan kedalaman warna bagi desain keseluruhannya dengan memilih warna yang tepat. Anda dapat bermain dengan warna yang lebih berani lagi dengan memilih peralatan makan yang juga cerah sehingga gaya dapur Anda terasa lebih kuat.

5. Gaya serba natural

Menggunakan desain dengan warna-warna dan bahan netral kini sudah menjadi tren yang sangat populer dan dengan desain yang benar-benar menghargai industri dekorasi interior

Desain dapur tanpa menambah pelapis atau cat pada kayu atau bahkan pada bahan beton, sehingga Anda mendapatkan kesempatan untuk menciptakan ruangan dapur yang terasa lebih alamiah dan apa adanya, bahkan membuatnya terlihat lebih sejuk dan cocok untuk rumah yang terletak di area yang panas.

6. Dapur serbaguna

Banyak orang senang akan ide memiliki dapur sebagai ruangan tersendiri yang eksklusif dan terpisah, namun terkadang adanya kebutuhan untuk memiliki ruangan lainnya dengan fungsi tertentu jauh lebih penting sehingga Anda harus mengombinasikan ruangan dapur Anda. Namun, hal ini tidak seharusnya menjadi halangan bagi Anda untuk memperoleh hal yang Anda inginkan. 

Anda dapat menggabungkan dapur dengan ruang laundry sehingga Anda memiliki ruangan multifungsi. Anda dapat mengadaptasi desain ruangan kombinasi ini dengan cara yang unik dan tetap harmonis sehingga tetap terasa interiornya.

7. Dapur dengan desain spesifik hingga ke gaya pegangan lemarinya

Semua hal harus dipertimbangkan saat Anda mendesain dapur, bahkan sampai ke desain kabinet dapurnya.  

Penggunaan pegangan lemari dapur yang kontras dengan warna furniturnya saat ini merupakan tren dalam desain interior dapur. Anda dapat pula memasangkan pegangan lemari yang lebih kecil dan cukup pas untuk dipegang oleh tangan Anda sebagai penggunanya dan tidak berlebihan dari segi ukuran.

8. Desain dapur yang berani berbeda

Jangan takut untuk tampil dengan desain dapur yang berbeda dan untuk mencoba hal-hal yang baru, baik dari pemilihan furnitur atau penggunaan dekorasi yang lebih dinamis dan kreatif untuk menjadi pilihan desain yang dapat dipertimbangkan. 

Sebagai contoh dalam gambar yang ditampilkan di sini, dapat dilihat bahwa dekoratornya menggunakan kursi-kursi berbahan baja yang indah dengan bagian belakang yang unik, yang kemudian dicat dengan warna putih. Anda dapat melihat juga adanya ubin keramik dengan motif yang orisinil dan bentuk lampu langit-langit yang tidak kalah unik bersanding dengan dome yang menimbulkan efek luar biasa.

9. Gaya kitchenette dengan warna yang lembut

Anda dapat mengaplikasikan gaya desain interior yang satu ini jika Anda tinggal di dalam apartemen kecil. Bukan berarti keterbatasan tempat memmbuat Anda tidak bisa secara eksklusif mendesain dapur dengan gaya yang Anda inginkan di dalam rumah Anda. Anda dapat mendesain dapur yang sesuai dengan ruang yang tersedia dalam tempat tinggal Anda dan masih terlihat indah dai segi desain.

Untuk kondisi di mana ruangan yang bisa Anda desain terbatas, gunakan warna lembut dalam desain Anda. Hal ini membantu dapur Anda untuk terlihat lebih lega dan sejuk. Anda dapat juga meminta tukang kayu yang membuat kabinet dapur untuk membuatnya lebih kecil sehingga Anda dapat memasang tempat penyimpanan yang lebih besar dan luas.

10. Gaya desain bar sarapan dengan karakter

 Dapur by FEDGO
FEDGO

Cocina 8

FEDGO

Jika Anda termasuk seseorang yang memiliki gaya yang berani, ekspresikanlah sebebas mungkin hal ini bagi dapur Anda. Dalam gambar ini, dapat dilihat bagaimana desainer menciptakan gaya yang super modern, dengan permukaan yang mengkilap dan mulus, dengan sentuhan baja yang berkilau tanpa melupakan warna elektrik bagi dapur Anda. Dapur ini memiliki karakter tersendiri berkat pemasangan breakfast bar yang tidak hanya membuat dapur tampil berbeda, namun juga menuntun pada ruangan yang berfungsi secara maksimal.

Ide desain dapur manakah yang paling Anda sukai? Bagikan ide tersebut ke teman-teman Anda!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!