Rumah by Tectónico

20 Inspirasi Desain Grafis Tiga Dimensi Rumah Idaman

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Ada keuntungan tersendiri dari grafis tiga dimensi atau 3D saat Anda merancang proyek pembangunan rumah. Desain grafis 3D akan membantu para arsitek untuk memberikan gambaran bagaimana tampilan eksterior rumah Anda setelah proses pembangunannya selesai. Desain 3D yang ditampilkan arsitek tidak akan jauh berbeda dengan hasil akhirnya kelak.

Hari ini, berbagai jenis bahan, tekstur dan warna dapat ditampilkan dalam desain 3D. Apa yang tergambar hampir 100 persen menyerupai kondisi aslinya. Tentu ini dapat sangat membantu arsitek dan profesional yang menggarap proyek pembangunan rumah untuk benar-benar menerapkan keinginan Anda. Berikut Homify tampilkan 20 desain eksterior 3D yang dapat menginspirasi Anda untuk membangun rumah idaman.

1. Proyek Rumah dengan Banyak Kaca

Rumah tiga tingkat ini menggunakan kaca sebagai dinding di salah satu sisinya. Anda dapat melihat bagian interior beberapa ruangan dari dalam rumah.

2. Rumah Satu Lantai dengan Garasi yang Selaras

 Rumah by homify
homify

Fachada principal

homify

Linear, tampilannya sederhana. Rumah satu lantai yang garasinya selaras dengan keseluruhan bangunan. Setiap bagian dari rumah hanya dipisahkan oleh perbedaan tekstur dan warna.

3. Lantai Dua yang Terbuka

Permainan cahaya dapat ditonjolkan pada sebuah desain 3D. Dari desain ini kita dapat melihat efek dari penggunaan kaca berukuran dua di lantai dua.

4. Taman Terbuka yang Sangat Modern

Di bagian belakang rumah lantai dua ini Anda dapat melihat sebuah taman terbuka yang sangat modern. Teras, taman, kolam renang posisinya berdekatan dengan rumah sehingga panoramanya dapat dinikmati dari dalam rumah.

5. Material yang Berbeda

 Rumah by RIMA Arquitectura
RIMA Arquitectura

Casa Paraiso – RIMA Arquitectura

RIMA Arquitectura

Dari gambar 3D ini, Anda dapat melihat dengan jelas perbedaan material bangunan rumah. Mulai dari kaca, kayu, hingga kisi-kisi pada dinding yang terlihat sangat harmonis.

6. Memperkirakan Volume Ruang

 Rumah by AParquitectos
AParquitectos

Fachada interior con Alberca volada

AParquitectos

Grafis 3D ini memperlihatkan volume ruang. Ruang di lantai dua volumenya terbuka, sedangkan ruang di lantai satu tertutup.

7. Tampilan Luar Bertingkat

 Rumah by AParquitectos
AParquitectos

Fachada exterior

AParquitectos

Lantai dasar rumah ini memiliki perbedaan tinggi dengan dataran di depannya. Dengan desain yang apik, sang arsitek mencoba menutup perbedaan tersebut dengan pagar beton dan hanya menyisakan ruang untuk jalan masuk.

8. Merencanakan Halaman dan Taman

Dengan aplikasi 3D, Anda dapat memutuskan perpaduan warna eksterior rumah Anda kelak. Warna dinding luar misalnya, dapat diselaraskan dengan tema taman yang akan dibangun dan warna serta bahan teras. 

9. Perencanaan Bangunan Dua Tingkat

Rumah dua lantai ini memiliki perencanaan integrasi lantai satu dan dua yang baik. Lantai satu dan dua memiliki dinding yang sejajar sehingga penempatan jendela dapat menjadi lebih serasi.

10. Perkiraan Material Eksterior

Anda dapat memperkirakan perpaduan material dan tekstur yang akan digunakan pada eksterior rumah. Grafis 3D dapat membuat Anda memilah-milah komposisi kayu, kaca dan batu pada eksterior rumah.

11. Bagian Depan yang Terbuka

Rumah ini memiliki area depan yang terbuka. Di lantai dua, terdapat sebuah teras berukuran cukup besar yang dikeleilingi oleh tanaman hijau.

12. Kesan Minimalis

Kesan minimalis terasa kental dari desain 3D proyek pembangunan rumah yang satu ini. Struktur bangunan dibuat dengan sangat linear.

13. Bayangan pada Bagian Luar Rumah

3D pada proyek pembangunan rumah ini menampilkan bayangan yang tercipta dari sinar matahari. Perencanaan rumah yang baik memperhatikan bayangan yang akan muncul di sekitar rumah yang muncul karena sinar matahari terhalang suatu objek. Baik konstruksi rumah itu sendiri atau objek lain di luar rumah.

14. Konstruksi Linear yang Apik

Konstruksi rumah dua lantai ini didesain dengan sangat linear. Dari depan terlihat panel kaca berpadu dengan unsur kayu menciptakan kesan modern.

15. Studi Pemilihan Warna dan Material

Jika Anda memiliki usulan warna dan pemilihan material untuk eksterior rumah, sebaiknya aplikasikan dulu dalam grafik 3D. Melalui aplikasi 3D, Anda dapat melihat apakah pilihan kombinasi warna dan material yang akan digunakan serasi atau tidak. 

16. Eksterior Memanjang

Jika Anda memiliki bidang tanah dengan kondisi memanjang, desain yang satu ini dapat Anda terapkan. Bentuk memanjang dari bangunan dua lantai ini sangat menonjolkan kesan linear.

17. Bangunan Tertutup

Konsep yang satu ini cocok diterapkan pada Anda yang sangat menyukai privasi. Bagian dalam rumah sengaja dibuat tertutup dan hampir tidak dapat dilihat dari luar. 

18. Konsep Transparan

 Rumah by 21arquitectos
21arquitectos

Vista Principal

21arquitectos

Kesan transparan sangat terasa pada 3D rumah yang satu ini. Rumah dan lingkungan luar hanya dipagari oleh teras. Balkon juga hanya dibatasi oleh kaca sehingga membuatkan terkesan lebih lapang. Semakin indah, beberapa bagian dinding dilapisi dengan batu alam.

19. Studi Pencahayaan

Studi mengenai kombinasi material dengan pencahayaan penting dilakukan dalam proses perencanaan. Anda dapat melakukan uji coba kombinasi warna, cahaya dan materian melalui aplikasi 3D.

20. Panel Kaca dan Ruang Terbuka

 Rumah by Milla Arquitectos S.A. de C.V.
Milla Arquitectos S.A. de C.V.

Fachada Principal, vista nocturna

Milla Arquitectos S.A. de C.V.

Rumah modern ini mengaplikasikan panel kaca di beberapa bagian. Panel kaca membuat beberapa ruangan dapat terlihat jelas dari luar rumah. Untuk bagian tertentu, panel kaca diberi warna agar bagian dalamnya tidak terlihat dari luar. Rumah ini akan dibangun lebih tinggi dari median trotoar.

Apakah Anda butuh inspirasi untuk membangun rumah idaman? Apakah desain 3D membantu Anda dalam membuat rumah idaman?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!