Dapur by nuリノベーション

5 Pilihan Dapur Kompakt dan Fashionable

arisyahril arisyahril

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Semakin mahal dan terbatasnya lahan untuk pemukiman menuntut banyak rumah dibangun dengan luas yang relatif kecil. Di Indonesia misalnya, rumah rata-rata memiliki ukuran luas bangunan 36-50 meter persegi. Bangunan seluas itu dituntut  untuk mengakomodasi beberapa fungsi seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga dan dapur.

Di tangan para ahli, keterbatasan ruang tidak menjadi kendala untuk berkreasi. Meski  tidak terlalu luas, fungsi bangunan dimaksimalkan melalui desain yang kompak, multi fungsi namun tetap fashionable. Untuk dapur misalnya, penempatan peralatan masak ditata sedemikian rupa sehingga efektif dalam penggunaan ruang.

Lima dapur hasil kreasi para desainer interior ini misalnya, dapat dijadikan rujukan untuk merenovasi dapur di rumah Anda. Desainnya sangat kompak dan bergaya. Beberapa desainer berasal dari Jepang yang dikenal memiliki kemampuan untuk memaksimalkan fungsi ruang dengan sentuhan artistik.

Terapkan Gaya Minimalis

Desain minimalis sangat cocok diterapkan di dapur yang memiliki ukuran relatif kecil. Dapur karya desainer interior Ekaterina Donde Design ini misalnya, sangat kompak dan fashionable berkat sentuhan warna cerah dan putih yang dominan. Warna cerah berpadu jendela berukuran cukup besar sangat ampuh mengusir kesan sempit di dapur ini. Permainan warna cerah ini digabungkan dengan tata penempatan perabotan yang pas. Sebuah kulkas berukuran cukup besar misalnya, disimpan di sudut ruangan sehingga terkesan tidak banyak memakan tempat.

Satukan Beragam Fungsi pada Satu Tempat

 Dapur by dwarf

Dapur mungil fashionable ini merupakan kreasi DWARF. Desainnya sangat kompak. Ia menempatkan sebuah meja yang memiliki ruang penyimpanan di bagian bawah untuk mengakomodir beberapa fungsi. Di bagian atas terdapat kompor dan wastafel yang masih menyisakan ruang yang dapat digunakan untuk kegiatan memotong sayur dan meramu adonan masakan. Di bagian bawah dibuat sebuah lemari yang dapat menyimpan peralatan makan dan masak. Lemari penyimpanan ini mampu menampung sebuah alat pemanggang berukuran besar.

Selain multi fungsi, meja besar ini didesain sangat fashionable. Pintu lemari diberi sentuhan warna hitam agar selaras dengan warna bingkai jendela. Warna hitam ini sangat serasi dengan langit-langit dan lantai kayu.

Integrasikan Dapur dengan Ruang Makan

 Dapur by nuリノベーション
nuリノベーション

キッチンとダイニングテーブルをつなげたデザイン

nuリノベーション

Desain ini membuat dapur menjadi  tempat yang menyenangkan untuk berkumpul di rumah. Meja dapur dibuat mengarah dan terkoneksi dengan meja makan. Penataan ini membuat ruangan terasa lebih lapang. Semakin terasa cozy, salah satu sisi meja dapur yang menghadap ke luar dipasangi vinyl bergambar dan dibuatkan rak penyimpanan buku dan majalah.

Di dinding dapur dibuat sebuah rak penyimpanan barang. Tempat penyimpanan barang ini dibiarkan terbuka. Alasannya, benda yang disimpan justru akan menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa bumbu dapur juga tidak disimpan di dalam lemari, namun diletakkan di atas meja.

Tempatkan Dapur di Tengah Rumah

Umumnya, dapur ditempatkan di salah satu sudut rumah. Namun desainer yang satu ini berkreasi dengan menempatkan dapur di tengah-tengah rumah.  Berhadapan dengan ruang keluarga dan meja kerja. Meski tidak lazim, penempatan ini justru memberikan kesan unik. Meja dapur sekilas nampak seperti booth DJ.

Meja dapur diberi sentuhan warna kayu alami yang sama dengan warna lantai. Di depan meja dapur, ditempatkan satu set meja makan dengan warna yang sama. Kabinet yang tergantung di dinding dapur juga dibalut warna yang sama sehingga menjadi lebih serasi.

Tentukan Tema dan Warna Dapur

Dapur kompak dan bergaya memerlukan perencanaan yang matang. Selain perencanaan fungsi dan tata ruang, buatlah perhitungan  material dan warna yang akan digunakan. Dapur yang satu ini misalnya, menggunakan kayu dengan kombinasi warna kayu alami dan biru keabu-abuan pada pintu lemari. Penggunaan kran logam antik semakin mempercantik dapur kompakt ini.

Ingin dapur anda menjadi lebih fashionable? Ingin dapur anda menjadi lebih kompakt?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!