Rumah by Barra&Barra Srl

Rumah yang Hangat Ini Dibangun dalam 5 Bulan

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Dari tampilan luarnya, siapa sangka jika rumah menawan di Centallo, Italia ini dibangun dengan teknik kontruksi  cepat. Rumah ini dibangun dengan struktur dari kayu. Dinding dibuat dari gypsum serat sandwich dengan mineral rockwool di tengahnya . Atap rumah ini terbuat dari serat kayu. Pengaplikasian serat kayu pada atap mampu merekayasa suhu dalam rumah. Tetap sejuk saat musim panas namun hangat saat musim dingin.

Rumah ini merupakan garapan Barra & Barra SRL.  Sebuah perusahaan yang berbasis di Italia dan memiliki spesialisasi di bidang desain dan konstruksi yang hemat energi dan ramah lingkungan. Perusahaan ini mengklaim mereka hanya membutuhkan waktu selama 20 pekan atau lima bulan untuk merampungkan rumah ini, di luar proses pembuatan fondasi beton.

Penasaran mengapa suhu dalam rumah ini bisa tetap hangat saat musim hujan? Mari kita lihat beberapa foto dan penjelasannya di bawah ini.

Dapur Modern

Secara umum, interior rumah ini mengadopsi gaya sederhana dan modern. Semua didesain untuk membuat nyaman penghuninya, baik dari segi fungsi maupun visual. Dapur dibuat menyatu dengan ruang makan. Warna putih mendominasi seluruh ruangan dengan sentuhan warna hitam di beberapa bagian perabotan yang ada.

Tampilan Eksterior

Rumah cantik ini terdapat di sebuah desa kecil bernama Centallo di Piedmont, Italia. Di desa ini, gaya arsitektur tradisional setempat masih dijunjung tinggi dan mendominasi arsitektur bangunan yang ada. Sang arsitek memilih untuk mengadopsi karakteristik arsitektur lokal pada proyek pembangunan rumah ini. Tujuannya, agar visualnya selaras dengan kondisi lingkungan sekitar.

Dan akhirnya yang kita lihat saat ini, sebuah rumah bergaya tradisional dengan teknologi hemat energi dan ramah lingkungan.

Interior yang Sempurna

Rumah ini terdiri dari tiga lantai. Dua lantai berada di atas permukaan. Satu lantai ruang bawah tanah yang terbuat dari beton yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan anggur. Total luas bangunan mencapai 240 meter persegi.

Lantai pertama memiliki luas 180 meter persegi. DI sini terdapat area privat dan area sosial. Area privat terdiri dari dua kamar tidur, kamar mandi dan ruang pakaian. Sedangkan area sosial terdiri dari ruang tamu serta ruang makan yang terintegrasi dengan dapur.

Sangat Memperhatikan Detail

Setiap inci rumah ini dikerjakan dengan sangat mendetail,  sangat memperhatikan segi kualitas, artistik serta dampaknya terhadap lingkungan. Penggunaan jendela dan tangga misalnya, disesuaikan dengan konsep desain seluruh bangunan. Selain memperhatikan aspek artistik, material yang dipilih harus ramah lingkungan agar selaras dengan tema rumah ramah lingkungan yang diusung.

Satu hal lagi yang cukup menarik, seluruh rumah dirancang untuk membentuk sebuah kapsul isolasi tak terputus antara dinding luar dan atap yang terbuat dari serat kayu. Hal ini juga  mampu membuat rumah ini tetap sejuk saat musim panas namun hangat saat musim dingin, sehingga menghemat penggunaan energi listrik. Pasalnya, penghuni rumah tidak akan memerlukan pendingin ataupun penghangat ruangan.

Lantai Atas

Lantai atas rumah ini memiliki ukuran yang cukup luas, yakni 60 meter persegi. Di sini terdapat kamar tidur, kamar mandi dan ruang kerja. Dari gambar kita dapat melihat detail material yang digunakan. Balok kayu tebal terlihat menjadi rangka atap serat kayu. Di lantai, terdapat ubin kayu yang dipelitur.

Ingin membangun rumah dalam tempo singkat? ingin rumah hemat energi dan ramah lingkungan?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!