by 34 Architects

Apartemen Hitam Putih Menawan

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Memilih tinggal di hunian vertikal adalah pilihan yang mau tak mau harus diambil oleh kaum urban. Karena terbatasnya lahan dan melonjaknya harga properti konvensional, tentu membuat kaum urban harus berpasrah diri untuk memilih jenis hunian ini sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan. Terlihat modern memang, namun dengan ruang yang terbatas, terkadang apartemen membuat penghuninya merasa tak nyaman untuk tinggal atau beraktivitas didalamnya.

Bosan dan sempit adalah dua kata yang umum dikeluhkan oleh penghuni apartemen. Kedua keluhan tersebut tentu berasal dari pemanfaatan ruang yang kurang efisien. Untuk itu, maka penghuni perlu menyiasati keterbatasan ruang tersebut dengan melakukan sedikit perombakan pada beberapa ruang apartemen yang tersekat-sekat. Namun tak sepenuhnya hanya soal ruang, pemilihan furnitur, pengaturan pencahayaan dan permainan warna nampaknya dapat juga perlu Anda perhatikan, agar rasa nyaman selalu terasa didalamnya.  

Sebagai sumber inspirasi, kali ini kita akan bertualang ke Istanbul untuk melihat sebuah hunian apartemen yang sangat nyaman dan menawan. Apartemen berukuran 160 meter persegi ini belokasi di suatu daerah bernama Sancaktepe. Keterbatasan ruang apartemen ini berhasil disiasati dengan pemilihan komposisi furnitur bergaya modern minimalis. Semua perombakan ini berhasil dituntaskan dengan apik oleh sebuah perusahaan arsitek lokal bernama Cenk Saracoglu 34. 

Jadi, Jika saat ini anda sedang berencana untuk merenovasi total bangunan rumah atau apartemen Anda secara keseluruhan, maka wujud apartemen ini adalah inpirasi terbaik yang dapat Anda duplikasikan ke hunian Anda. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita mulai petualangannya.

Dapur

Dapur apartemen ini terlihat elegan dengan nuansa warna hitam putih. Pendekatan gaya modern sangat terlihat, terutama  pada penggunaan kitchen set minimalis, lantai bercorak garis dan beberapa unsur stainless steel yang memperkuat aksennya.

Lounge dan ruang makan

Nuansa hitam putih semakin jelas terlihat di ruangan ini. Kedua warna tersebut seolah menguatkan karakteristik gaya modern yang diambil oleh apartemen ini. Gaya tersebut terwakili lewat berbagai pemilihan dekorasi seperti pengaplikasian jam, lampu gantung, kursi tamu dan bentuk meja yang tak begitu rumit. Harmonisasi antara furnitur, warna dinding, lantai dan pencahayaan juga terlihat serasi. Hasilnya, kesan cerah dapat tetap didapatkan, sekalipun hampir seluruh furnitur berwarna hitam.

Karena ruang makan dan ruang tamu tak berpartisi, maka sang desainer pun menggunakan meja bundar bercorak kayu, sebagai unsur pembeda ruang. Penegasan ruang makan ini juga terlihat semakin jelas dari langit-langitnya, yang disinari oleh sebuah lampu gantung klasik berwarna hitam. Sedangkan untuk pencahayaan tambahan pada siang hari, ruangan ini terbilang semakin terang berkat pengaplikasian jendela-jendela lebar seperti yang terlihat pada gambar.

Untuk menambah kesan simpel dari kedua ruangan ini, sang desainer  juga menyulap salah satu sudut ruangannya menjadi sebuah dinding galeri pribadi. Nuansa galeri tersebut terwakili lewat sederetan kata-kata yang tersusun rapih di sisi kanan dinding. Sedangkan untuk mengisi kekosongan di sisi kirinya, sang desainer pun mengaplikasikan TV berdimensi lebar beserta rak dan vas-vas cantik untuk menyeimbangkan tatanan di kedua sisi dinding tersebut.

Kamar Tidur

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, pengaplikasian tema hitam putih di apartemen ini begitu kental, karena kedua warna tersebut selalu terlihat senada di setiap ruangan. Ruang kamar tidur ini salah satunya. Dengan lebar yang cukup, kamar tidur ini sengaja dikonsep minimalis dengan pemilihan furnitur yang simpel. Beberapa komposisi tersebut terlihat dari pemilihan tempat tidur, rak TV, serta unsur-unsur pencahayaan dari lampu dikedua sisi tempat tidur, lampu berkaki di sudut ruangan dan yang paling dominan terlihat di siang hari adalah tiga ruas jendela berdimensi lebar yang menghadapkan kamar langsung pada view di luar ruangan.

Kamar mandi

Pengaplikasian marmer juga terlihat di ruangan yang satu ini. Meskipun memiliki corak yang berbeda dengan marmer pada ruang kamar tidur, namun penggunaan corak marmer bergaris-garis tersebut seolah mampu menyeimbangkan konsep hitam putih di sekelilingnya. Selain itu, pengaplikasian cermin dan partisi kaca antara ruang shower dan wastafel juga menguatkan sisi modern di kamar mandi ini.

Sedang berencana merombak apartemen Anda? Cari tahu selengkapnya hanya di sini
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!