Dapur by Liliana Zenaro Interiores

8 Interior Dapur Gaya Pedesaan yang Cantik dan Alami

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Dalam dunia desain interior masa kini, ruang dapur tidak lagi hanya berfungsi sebagai tempat memasak dan bercengkerama saja. Kini, dapur sudah mengalami perubahan dan tidak seperti dapur yang dikenal fungsinya dulu.

Di masa lalu, dapur cukup memiliki fungsi sebagai tempat mempersiapkan makanan setiap harinya tanpa benar-benar memperhatikan detail dekor dari ruangan dapur sendiri dan desain yang inovatif untuk ruangan dapur. Sekarang, kebiasaan dan kecenderungan desainnya sudah berubah. Dapur menjadi ruang tempat banyaknya aktivitas yang beragam dilakukan di dalamnya, dan tidak hanya tempat untuk berkreasi secara kuliner, semua hal yang ada kaitannya dengan berbagai pekerjaan juga dilakukan di dalam dapur, seperti dapur maupun refreshing.

Ruangan dapur dapat menjadi tempat yang hangat dan mengundang Anda untuk berlama-lama ada di dalamnya dan merasa nyaman. Untuk mewujudkan hal tersebut, gaya pedesaan inilah yang cocok untuk Anda dan untuk membangun atmosfer tradisional.

Ini dia 8 contoh untuk membuktikan gaya rustic untuk dapur merupakan pilihan interior yang tepat.

1. Gaya desain interior yang kuno pasti berhasil

Gaya dapur pedesaan cenderung memberikan penghormatan kepada desain interior di masa lalu, dengan tambahan elemen yang sudah menjadi bagian dari sejarah nenek moyang.

Tampilan yang familiar dapat terlihat dari artefak masa lalu yang dijadikan hiasan, dan perkakas dapur yang sudah berasa dari masa lampau.

Tungku yang menggunakan kayu juga dapat menjadi tambahan penghias dapur ala pedesaan. Jika dapur Anda tidak memiliki perapian yang aktif, Anda dapat mempertahankan perapian tersebut sebagai aksen tradisional dalam dapur Anda.

2. Adanya tembok bata

Tidak hanya kayu saja yang menjadi pemeran utama dalam gaya desain interior rustic, tembok bata pun dapat menjadi penghias yang memperkaya atmosfer gaya pedesaan.

Ide utamanya adalah untuk kembali ke bahan bangunan yang sederhana dan alamiah, sehingga memunculkan kesan hangat ke permukaan.

Batu bata menjadi fitur penting untuk menambah kekayaan visual di dapur.

3. Semuanya ada dalam jarak pandang

Salah satu rahasia di balik keberhasilan dapur bergaya rustic adalah adanya tampilan gaya yang terkesan hidup dan segar dalam ruangan dapur, untuk membangkitkan kesan aroma masakan rumahan dari ibu yang selalu dirindukan.

Dapur bergaya pedesaan biasanya membiarkan perkakas dapur seperti pot tempat memasak, panci dan peralatan lainnya tergantung untuk memudahkan akses penggunaannya dan sebagai bagian dari dekorasi.

Jika perkakas memasaknya terbuat dari tembaga, maka tampilan dapur akan semakin maksimal karena adanya sentuhan tradisional dan dapur ala pedesaan.

4. Jangan membatasi penggunaan material kayu

Tidak ada batasan dalam penggunaan kayu saat kita membicarakan mengenai gaya dapur ala pedesaan. Mungkin Anda berpikir hal ini jadi berlebihan, namun efek kehangatan suatu ruangan, terutama dapur, akan semakin terasa dengan dominasi material kayu.

Bahan kayu dapat terlihat beragam dengan adanya tekstur dan bayangan warna kayu yang berbeda-beda, tanpa merusak keindahan alamiah kayu dengan teksturnya yang bergaya vintage dan klasik.

5. Tembok dapur yang dicat

 Dapur by Ferraro Habitat

Mengecat tembok dapur dalam nuansa yang sudah bergaya pedesaan merupakan langkah yang tepat dalam desain rustic masa kini. Perpaduan cat dengan kesederhanaan gaya pedesaan untuk dapur yang didominasi kayu, batu dan batu bata dapat menciptakan gaya yang berani untuk dapur.

Konsep ini menciptakan atmosfer yang mengundang semua anggota keluarga untuk datang dan menghabiskan waktu di dalam dapur yang terasa segar dan hidup di setiap detailnya.

6. Jangan melupakan aksen anyaman

Komponen dari gaya interior pedesaan yang tidak bisa dihilangkan adalah adanya aksen anyaman. Bahan serat alami ini memberikan sentuhan pedesaan yang merupakan bagian dari kehangatan gaya pedesaan.

Keranjang anyaman, kursi anyaman, atau laci yang juga jadi anyaman merupakan bahan yang harus diikutsertakan dalam gaya pedesaan dan memberikan tekstur yang unik dan tradisional.

7. Perhatikanlah bagian meja pantry bagi gaya dapur ala pedesaan

Meja pantry tempat Anda mempersiapkan sajian merupakan bagian penting dalam setiap dapur, namun dalam dapur bergaya pedesaan, bahan meja pantry haruslah memiliki gaya yang kuat dan mendominasi dapur Anda.

Bahan kayu dapat menjadi bahan favorit karena adanya identitas kayu dengan gaya tradisional. Bagaimanapun, batu atau gaya mosaik merupakan pengganti yang juga indah untuk ruang dapur yang sederhana, tradisional dan apa adanya.

8. Pencahayaan merupakan hal yang penting

Pencahayaan yang alami memiliki peran penting dalam desain dapur gaya pedesaan. Pastikan materi bangunan, tekstur dan berbagai bentuk yang melengkapi dapur Anda mendapat siraman cahaya yang cukup untuk sentuhan yang hangat dan sejuk yang seimbang.

Berikan tambahan tirai secukupnya pada ruangan dapur sehingga tetap ada sinar matahari yang masuk ke dalam dapur.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!