Dapur by Moda Interiors

Bersolek, Tiga Dapur Ini Berubah Jadi Cantik

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Tiga desainer interior homify melakukan renovasi pada tiga dapur yang berbeda. Hasilnya sangat memuaskan. Sentuhan tangan dingin para ahli mampu memberikan tampilan baru yang jauh lebih segar dan cantik. Tata letak baru juga membuat ketiga dapur tersebut menjadi lebih fungsional dan terasa lebih lapang. Salah satu kunci keberhasilan renovasi tersebut adalah penggunaan warna cerah. Warna cerah mampu memberikan kesan yang lebih lapang. Selain itu, warna cerah mampu mengusir kesan pengap dan gelap.

1. Dapur di Applecross, Sebelum: Pengap dan Gelap

Desainer interior Moda Interiors langsung menangkap kesan pengap dan gelap saat pertama kali melihat dapur sebuah rumah di Applecross, Australia ini. Kesan gelap disebabkan oleh penggunaan warna hitam pada lemari kabinet. Hal ini diperparah oleh lantai yang juga berwarna gelap. Dapur ini memiliki sebuah jendela, namun tidak mampu menyuplai banyak cahaya. Kombinasi warna gelap pada kabinet dan lantai membuat dapur ini terasa sempit. Padahal, dapur ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Setelah: Lebih Segar dan Lapang

Sebelum proses renovasi, dapur ini terkesan sempit. Padahal, dengan penataan ruang yang baik, area dapur masih mampu menampung satu set meja makan. Beberapa perubahan yang dilakukan adalah menggeser posisi lemari pendingin dan menghilangkan meja di bagian depan dapur. Hasilnya, meja makan yang cantik dengan kursi kasual bisa dengan leluasa ditempatkan di bagian tengah dapur.

Menghilangkan kesan gelap,  warna putih dipilih sebagai warna dasar yang diaplikasikan pada kabinet dan meja makan. Warna lantai kayu juga diubah menjadi lebih terang. Moda Interiors juga mengganti jendela lama dengan jendela model geser berukuran cukup besar. Jendela ini membuat dapur menjadi terintegrasi dengan halaman belakang. Udara dan sinar matahari bisa melenggang bebas ke dalam. Dari dalam dapur, penghuni dapat menikmati panorama tanaman hijau dan kolam renang mini di halaman belakang.

Setelah: Bisa Makan di Halaman Belakang

Pengaplikasian jendela geser berukuran besar membawa dampak positif yang sangat besar. Moda Interiors membuat meja yang menempel di bawah jendela serta menempatkan beberapa buah kursi. Kini, penghuni rumah bisa menikmati acara bersantap di halaman belakang.

2. Sebelum: Sempit dan Suram

 Dapur by Molyneux Designs
Molyneux Designs

Kitchen before renovation.

Molyneux Designs

Penempatan meja yang kurang tepat membuat dapur ini menjadi sempit. Pintu lemari pendingin bahkan tidak dapat dibuka secara penuh karena terhalang meja. Secara visual, dapur ini juga tampak suram. Warna cat pada kabinet dan meja terlihat mulai memudar. Lantai berwarna abu-abu gelap membuat kesan gelap pada dapur ini.

Sesudah: Dapur Modern yang Cantik

Molyneux Design melakukan renovasi dengan memutar posisi dapur 90 derajat dari posisi lama. Tata letaknya diatur sedemikian rupa agar lebih artistik dan fungsional. Dengan penataan tempat yang baru, dapur juga bisa difungsikan menjadi ruang binatu. Perubahan posisi juga membuat dapur  dapat terintegrasi dengan ruang makan. Beberapa perabotan seperti lemari pendingin, oven dan kompor  diganti dengan produk yang lebih baru yang memiliki desain lebih modern.

Perabotan dapur seperti meja dan kabinet didominasi dengan warna putih mengkilat. Penggantian warna ini sukses menghilangkan kesan suram seperti saat dapur belum direnovasi. Proyek renovasi juga menyentuh bagian lantai. Keramik abu-abu tua lama diganti dengan lantai kayu yang warnanya selaras dengan meja makan.

3. Dari Dapur Sempit Jadi Dapur Cantik

Absolute Project Management mendapat tugas untuk melakukan renovasi sebuat apartemen dua kamar tidur di London, Inggris. Yang cukup menantang adalak proyek renovasi dapur. Pasalnya, dapur yang menyatu dengan binatu ini ukurannya memang benar-benar sempit.

Proyek pun dimulai. Renovasi dimulai dengan mengganti  kabinet di dinding dapur, posisinya dipasang lebih tinggi hingga bersentuhan dengan langit-langit. Hal ini membuat volume  ruang di bawah kabinet bertambah. Mesin cuci dikeluarkan dari dapur. Sebagai gantinya dibuat lemari penyimpanan. Kompor dan wastafel digeser posisinya untuk menciptakan kesan lapang. Mempercantik visual, beberapa bagian dinding dapur dipasangi keramik berwarna putih.

Ingin merubah dapur anda menjadi lebih cantik dan unik? apakah anda bosan dengan desain dapur anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!