by T Estudio de Diseño

Renovasi: Rumah Terpuruk dan Kusam Jadi Modern

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Proyek renovasi rumah kali ini dilakukan di Vigo, Spanyol. Rumah ini milik pasangan muda tanpa anak dan dibeli dalam kondisi rusak di sana sini. Tujuan renovasi bukan hanya memperbaiki kondisi rumah secara keseluruhan. Namun juga memberikan sentuhan personal yang sesuai dengan gaya hidup pasangan itu. Mereka juga ingin agar renovasi tidak menghilangkan struktur dan karakter asli rumah. 

T Estudio de Diseño adalah ahli yang menangani renovasi rumah ini. Mari kita lihat proses renovasi rumah selengkapnya di bawah ini. 

Ruang tamu sebelum direnovasi

Lihatlah betapa suram dan kotornya ruangan ini. Ahli kami berencana membuat ruangan ini lebih lapang, lebih cerah dan hangat. Untuk itu, dinding di beberapa sisi diruntuhkan agar tercipta ruang yang lebih luas di bagian tengah. Dinding bisa menjadi penghalang cahaya untuk masuk ke bagian dalam rumah. Meruntuhkan dinding akan membuat lebih banyak cahaya masuk, bahkan ke bagian rumah yang jauh dari pintu atau jendela.

Ruang tamu sesudah renovasi

Pilar di tengah ruangan adalah elemen rumah lama yang tersisa. Pilar ini sebelumnya adalah partisi yang memisahkan dapur dan ruang tamu Setelah dinding diruntuhkan, ruang tamu juga berfungsi sebagai ruang makan dan dapur sekaligus. Pembagian ruangan dilakukan dengan memberikan sentuhan warna berbeda. 

Ruang tamu bernuansa abu-abu

Gambar ini adalah ruang tamu dari sudut atau angle yang berbeda. Di sini kita bisa melihat warna abu-abu tampak dominan dan diterapkan di berbagai elemen rumah. Bukan hanya cat dinding, namun juga sofa, pernis lantai kayu dan warna pilar. Agar tidak terlalu suram, warna putih dihadirkan sebagai warna cat pintu dan meja kopi di depan sofa.  

Ruang makan baru

Siapa bilang kursi plastik itu kuno dan tidak menarik? Ruang makan ini menggunakan kursi plastik warna putih yang selaras dengan warna kursi custom dan pilar di seberangnya. Meja dari bahan kayu dan kap lampu warna coklat ikut menghadirkan suasana cerah dan hangat di ruang makan. Cocok untuk makan bersama pasangan sambil memandangi lukisan di dinding. 

Dapur sebelum direnovasi

  by T Estudio de Diseño
T Estudio de Diseño

Antiguo acceso a la cocina

T Estudio de Diseño

Gambar ini adalah kondisi dapur sebelum direnovasi. Cat pintu yang sudah pudar dan ubin putih yang lusuh tampak tidak menarik. Coba lihat bagaimana tampilan bagian ini setelah direnovasi. 

Dapur sesudah direnovasi

Kini dapur tampak lebih modern, cerah dan bersahabat. Ahli kami mempernis ulang lantai kayu sehingga tampak lebih mengkilap. Warna coklat alami dipertahankan agar selaras dengan warna meja dapur dan dinding dapur. Jendela di ruang makan membuat lebih banyak cahaya masuk ke dapur. Ini pun berkat penggunaan furnitur berwarna putih. 

Kamar mandi sebelum direnovasi

Siapapun pasti tak mau mandi atau buang air di kamar mandi sekotor ini. Furnitur di kamar mandi ini sudah ketinggalan jaman, rusak dan tidak lengkap. Meski demikian, ahli kami menemukan cara untuk membuat kamar mandi lebih layak digunakan. 

Kamar mandi sesudah direnovasi

Inilah wajah kamar mandi setelah direnovasi. Ubin-ubin di dinding dilepas dan dicat dengan perpaduan coklat tua dan coklat muda. Furnitur kamar mandi lama diganti dengan toilet, wastafel dan shower baru. Sama seperti ruangan lainnya, kamar mandi ini juga menggunakan lantai kayu. Menariknya, ahli kami mempertahankan jendela dan pintu lama. Keduanya tampak lebih menarik setelah dicat putih dan coklat.

Kamar tidur sebelum direnovasi

Dinding kamar tidur lama tidak sekusam ruangan lain sebelum direnovasi. Sayangnya, lantai kayu di ruangan ini hampir hancur dan harus diganti seluruhnya dengan yang baru. 

Kamar tidur setelah direnovasi

Dinding coklat tua menyegarkan suasana dalam kamar. Tanaman di pot yang berjajar di jendela ikut menghadirkan kesan alami. Semua dipadukan dengan seprei dan sarung bantal berwarna putih bersih. Tidur pun jadi lebih nyenyak di kamar tidur elegan yang sedikit minimalis. 

Apakah Anda akan menggunakan elemen bawaan rumah lama saat merenovasinya? Tulis opini Anda di sini. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!