Ruang Keluarga by Clorofilia

9 Cara Mengubah Dekorasi Rumah Dalam Waktu Satu Hari

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Bosan dengan tata ruang rumah yang begitu-begitu saja? Ini saatnya untuk mendekorasi ulang rumah. Tidak perlu khawatir, mengubah dekorasi rumah tak berarti kita harus membeli satu set furnitur baru. Atau mengecat ulang dinding. Dengan mengurangi atau menambahkan satu elemen di ruangan, kita sudah bisa menghadirkan suasana baru di ruangan itu. 

Tips mengubah dekorasi rumah ini sangat cocok untuk Anda yang sibuk sepanjang minggu, dan hanya punya waktu satu hari di akhir pekan untuk membersihkan atau menata ulang rumah. Jadi tenang saja, kami tidak akan mempersulit Anda. 

1. Mengganti tirai

Coba ganti tirai polos Anda dengan tirai bermotif. Boleh pilih motif besar atau kecil, sesuai selera Anda. Bagaimana jika Anda kurang suka dengan motif ramai, seperti tirai pada gambar ini? Pada dasarnya, mengubah dekorasi rumah seperti seorang anak yang bermain rumah-rumahan. Kita harus percaya diri mencoba banyak hal baru agar tercipta suasana baru di rumah. 

2. Memasang atau melepas karpet

Baik karpet besar atau kecil, dua-duanya bisa mendatangkan suasana lain di ruangan. Sesuaikan warna karpet dengan warna sofa atau warna dinding. Atau lakukan sebaliknya, yaitu melepas karpet yang selama bertahun-tahun sudah terhampar di ruang tamu atau ruang keluarga. Apakah ruangan Anda sudah tampak beda sekarang?  

3. Seprei unik

Ini cara mudah untuk Anda yang ingin mengubah suasana di kamar tidur. Gantilah seprei polos Anda dengan seprei bermotif unik. Jangan lupa sesuaikan warnanya dengan warna tempat tidur, lantai dan dinding kamar. 

4. Pencahayaan

Cahaya bisa mendatangkan suasana berbeda dalam ruangan. Gantilah lampu putih menyilaukan dengan lampu yang berpendar pink, jingga atau kuning. Jika memungkinkan, arahkan lampu ke obyek yang menarik dalam ruangan. Misalnya lukisan, seperti dalam foto ini. 

5. Gantungkan cermin

Cermin punya fungsi lebih dari sekedar piranti untuk bersolek. Jika digantungkan di sebuah ruangan, cermin akan memantulkan situasi ruangan di hadapannya. Ini akan membuat ruangan seolah lebih luas dibandingkan kondisi yang sesungguhnya. Tidak masalah jika cermin Anda tidak memiliki bingkai seindah cermin dalam foto ini. 

6. Gantungkan lukisan

Lukisan pemandangan pedesaan, lukisan ikan koi atau sketsa abstrak, semuanya bisa membuat ruangan Anda tampak berbeda dibandingkan sebelumnya. Jika tidak punya, bisa gunakan gambar terbaik karya anak Anda, atau lukisan karya Anda sendiri. Anggaplah rumah sebagai galeri pribadi. 

7. Cat ulang furnitur lama

Furnitur tua peninggalan orang tua masih kokoh, tapi Anda kurang suka dengan modelnya yang kuno. Mengapa tidak cat saja furnitur itu? Cat akan membuat tampilan furnitur kuno lebih funky dan kekinian, persis seperti foto ini. 

8. Bantal hias warna-warni

 Ruang Makan by Marcello Gavioli
Marcello Gavioli

BioMalta RAL 7010 Grigio Tenda

Marcello Gavioli

Bila Anda bosan dengan dekorasi ruang tamu, ini saatnya Anda mengganti sarung bantal yang sudah lama tak dicuci. Pilih sarung bantal model terbaru yang berwarna-warni atau bercorak ramai. Aturannya tetap sama, sesuaikan warna sarung bantal anda dengan sofa, meja dan dinding ruang tamu dimana ia akan ditempatkan.

9. Tanaman hijau di ruangan

Satu atau dua tanaman hijau dalam pot sudah bisa mendatangkan kesegaran di ruang keluarga atau ruang televisi. Pilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak cahaya matahari dan tidak perlu sering disiram. Sanseviera adalah tanaman yang baik diletakkan di ruangan, karena dapat menyerap gelombang elektromagnetik dari perangkat elektronik yang berbahaya untuk kesehatan. 

Seberapa sering Anda mengubah dekorasi rumah? Yuk berkomentar di kolom di bawah ini. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!