Ruang Multimedia by grupoarquitectura

12 Ide Membuat Dinding Rumah Anda Lebih Berkarakter dengan Tekstur

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Tekstur dari tembok rumah Anda merupakan elemen yang membantu dinding rumah terlihat sebagai bagian dari dekorasi yang menciptakan kontras pada material yang dipakai, begitu pula pada pencahayaan dan pengaturan bayangan. Tembok atau dinding dengan penambahan tekstur dan perlakuan yang berbeda-beda dapat memberikan lebih banyak sisi menarik bagi rumah Anda.

Jika Anda telah memutuskan akan memberikan tekstur tertentu bagi dinding rumah Anda, Anda perlu selalu mempertimbangkan gaya dekorasi ruang yang ingin Anda gunakan karena tekstur tambahan pada dinding akan menjadi penentu gaya dekorasi keseluruhan dalam ruangan tersebut. Pikirkanlah warna teksturnya, bahannya serta gaya dari rumah Anda, terutama jika Anda ingin memberikan penampilan yang elegan dan segar, serta dengan sentuhan yang rileks dan tidak formal.

Terdapat tekstur yang bisa diaplikasikan ke dinding rumah Anda yang memiliki karakter yang kuat, dan terdapat juga pilihan tekstur yang tidak terlalu kuat, namun yang manapun itu dapat menjadi pilihan yang pas untuk dekorasi rumah Anda.

Dalam pembahasan kali ini, kami memiliki 12 ide menarik untuk mengisi tekstur dan karakter pada dinding dalam rumah Anda. Bergabunglah untuk melihat beberapa tekstur pilihan dan buat diri Anda terinspirasi!

1. Tekstur dengan batuan alami

Bebatuan, seperti layaknya material alami lainnya, memiliki karakteristik yang menyediakan kekayaan dan kekontrasan pada ruang sekelilingnya. Bahan alami ini menawarkan banyak lapisan yang diciptakan hanya dengan sesama batu-batuan, sehingga Anda dapat mengombinasikan beberapa tipe batu, seperti batu tulis, granit, atau batu pasir, dan bergantung kepada jumlah batuan yang kita campurkan, sehingga memiliki hasil yang berbeda.

Salah satu keuntungan besar dari penggunaan bebatuan adalah ketahanannya, sehingga materi ini sudah berpindah fungsi, dari material yang digunakan untuk melapisi bagian luar rumah, menjadi bahan yang digunakan untuk melapisi dinding dalam rumah, karena atmosfer yang diciptakannya menambahkan karakter untuk ruang apapun.

2. Tekstur dengan batu bata

 Ruang Makan by MARIANGEL COGHLAN

Tekstur batu bata merupakan pilihan yang ideal karena dapat memberikan efek tekstur yang penuh dan berkarakter, terutama dengan kehadiaran estetika lingkungan yang unik dan memiliki kekuatan yang berbeda dari tekstur lainnya.

Pemberian tekstur dengan penggunaan batu bata ini dapat mewakili gaya industrial, yang mampu memberikan sentuhan akhir yang kuat dan apa adanya sambil memperlihatkan esensi dari materi yang digunakan untuk konstruksi dasar bangunan rumah Anda dan gaya desain yang menonjol.

3. Tekstur kayu

 Ruang Multimedia by grupoarquitectura
grupoarquitectura

Casa Basaltica

grupoarquitectura

Bahan kayu sendiri merupakan material utama yang paling sering digunakan dalam mendekorasi rumah. Bahan kayu memiliki kecantikan yang alami, nyaman dan hangat, dan selalu menjadi bintan dalam bahan furnitur dan lantai. Kayu juga sempurna sebagai pelapis dinding rumah. Instalasi kayu juga sangat sederhana, sehingga jika Anda ingin turun tangan sendiri untuk menambahkan karakter pada dinding rumah Anda, Anda dapat melakukannya sendiri.

Dinding yang dibingkai kayu memberikan sentuhan yang dekoratif, sempurna untuk gaya dekorasi apapun yang ingin Anda ciptakan.

4. Sentuhan akhir berbahan metal dikombinasi dengan kayu dan alam

Untuk menambahkan sebanyak mungkin tekstur pada dinding rumah Anda, Anda dapat menggunakan kombinasi dari bahan yang berbeda yang memperkaya sebagian besar desain pada rumah Anda.

Sentuhan akhir dari bahan ini sangat cocok untuk menambahkan tekstur dan warna seperti yang terlihat pada gambar. Kombinasi dari bentuk mosaik dengan sentuhan akhir metalik dalam kombinasi kayu dan tumbuh-tumbuhan, menghasilkan atmosfer yang berseni sekaligus spektakuler.

5. Tekstur dengan taman vertikal

 Rumah by GREEN MARKET DECO S.A. DE C.V.
GREEN MARKET DECO S.A. DE C.V.

MURO VERDE 3D EN AREA PRINCIPAL DE SALA Y COMEDER

GREEN MARKET DECO S.A. DE C.V.

Dinding hijau dengan elemen arsitektur yang menyediakan ruangan bagi tumbuhan untuk bertumbuh, dapat memberikan banyak keuntungan, seperti keuntungan dari segi ekologis berikut dengan keuntungan untuk psikologi dan tubuh Anda. Untuk membawa elemen alam ke dalam rumah Anda, di zaman modern seperti sekarang ini sudah ada desain orisinil yang dapat menyesuaikan ruangan dan kebutuhan Anda.

Dengan dinding hijau, Anda dapat memberikan sentuhan alamiah untuk ruang manapun di rumah Anda, meskipun Anda tidak memiliki ruang yang terlalu luas. Karena tempatnya yang menempel pada dinding, hal ini tidak akan mengganggu aliran antara ruangan yang satu ke ruangan yang lain dan memberikan sentuhan kehidupan bagi rumah Anda.

6. Bahan buatan

 Dinding by PANESPOL, Surface Lovers
PANESPOL, Surface Lovers

Natural Moss Bourdeaux

PANESPOL, Surface Lovers

Bahan buatan atau artifisial dapat berupa apapun, salah satunya batu buatan. Batu buatan dapat memberikan kehangatan, rasa mengundang dan keamanan. Dinding batu dapat menjadi fokus pandangan dalam rumah. Apabila budget Anda untuk mendekorasi dinding rumah tergolong terbatas, Anda dapat memilih bebatuan imitasi dan menambahkan sentuhan dekoratif yang orisinil seperti lapisan aksen warna serta elemen dekoratif lainnya untuk membuat keseluruhan tampilan menjadi lebih spektakuler.

7. Bahan panel 3 dimensi

Panel 3D akan menambahkan ‘kehidupan’ pada dinding dengan gaya yang modern dan desain kontemporer. Panel 3 dimensi ini dapat terbuat dari bahan serat natural seperti penggunaan batang-batang tanaman tebu.

Berbagai panel ini dapat dicat, ringan dan ramah lingkungan, serta mudah dipasang.

8. Bahan PVC

 Ruang Makan by Studio²
Studio²

Jantar

Studio²

Salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk menciptakan tekstur pada dinding adalah bahan PVC karena ketahanan yang dimiliki PVC terhadap kelembaban dan kondensasi, sehingga cocok untuk ruang apapun dalam rumah Anda. Bahan ini juga mudah dibersihkan dan dirawat, sehingga bahan ini cocok dan melebihi keindahan yang tampak pada mata saja.

9. Ubin bertekstur

Ubin dengan relief dan tekstur dapat memberikan kedalaman dan kedinamisan bagi dinding rumah Anda, sehingga meski dengan warna putih yang tradisional sekalipun, desain yang diciptakan dapat menjadi kanvas yang tepat untuk menekankan gaya dekorasi pada dapur.

Hanya dengan sedikit sentuhan warna, tercipta sentuhan yang lebih hidup pada ubin yang Anda pasangkan pada tembok.

10. Bahan plasterboard

Bahan plasterboard dikenal juga sebagai bahan gipsum, yang merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam bahan bangunan karena fungsinya yang sangat beragam. Dalam dekorasi interior, gipsum menawarkan banyak alternatif untuk dapat mentransformasi ruang di dalam rumah, dari dekorasi langit-langit ruangan, sebagai bahan pengecoran dan memberikan karakter pada dinding ruangan. Inilah contoh inspiratif dari penambahan tekstur pada dinding rumah dengan berbagai material.

11. Membagi sekeliling dengan gaya

Para desainer interior mulai melirik pembagi ruangan untuk menciptakan inti dari sebuah ruangan dan menarik perhatian sambil memusatkan aliran ruangan pada satu titik. Dengan panel 3D seperti ini, Anda dapat dengan mudah menciptakan kreasi yang satu ini. Warna dan tekstur yang berbeda-beda membuat dinding “hidup” dan terasa mengalir, membuat dekorasi rumah Anda menjadi spektakuler.

12. Bahan tekstil

 Kamar Tidur by kababie arquitectos
kababie arquitectos

Departamento GC

kababie arquitectos

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, terdapat tekstur yang berbeda karena karakternya yang kuat dan karena gaya yang menenangkan. Yang satu ini merupakan pilihan yang cocok diaplikasikan untuk dinding kamar tidur, di mana Anda dapat berman dengan sentuhan akhir yang sederhana dan warna-warna muda.

Bahan tekstil merupakan pilihan yang tepat untuk tipe ruangan seperti ini. Dalam desain berikut, bagian dinding dilapisi dengan tekstil yang memberikan rasa nyaman dan membutuhkan perhatian ekstra untuk dekorasi dalam ruangan tersebut. Selain itu, karakter kamar tidur pun semakin terasa dengan adanya atmosfer yang elegan. Penambahan ini tidak hanya orisinil, namun juga terbukti memiliki citarasa yang tinggi.

Butuh lebih banyak ide dekorasi? Klik di sini!

Apakah Anda terinspirasi dengan berbagai ide dekorasi ini? Mari tinggalkan komentar Anda di bawah!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!