by TEAM ADELFINGER

Tips Membangun Kolam Renang di Halaman yang Sempit

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Siapa yang tidak tergoda akan konsep rumah dengan kolam renang pribadi di taman atau lahan rumah pribadi Anda sendiri? Terkadang, pikiran untuk membangun kolam renang bisa menjadi ide yang rumit untuk diwujudkan karena adanya keterbatasan tempat, namun, kejutan buat Anda! Anda sebenarnya tidak memerlukan adanya lahan yang luas untuk membangun tepi kolam renang dengan budget yang terjangkau untuk mendesain kolam renang sesuai dengan lahan yang sudah tersedia. Faktanya, terdapat lebih banyak hal menarik lainnya yang bisa Anda wujudkan saat membangun kolam renang, termasuk, sebagai contoh, adanya akses khusus ke area untuk membangun kolam tanpa harus melewati bagian dalam rumah Anda.

Dalam buku ide yang satu ini, kami akan memberikan tips-tips menarik untuk membangun kolam renang dari awal hingga akhir, dari persiapan lahannya hingga membangun kondisi di sekitar kolam renangnya. Anda tidak lagi memiliki alasan untuk tidak memiliki kolam renang! Siap menerima tips desain dan inspirasi kolam renang pribadi Anda?

Pembuatan area beton

  by TEAM ADELFINGER
TEAM ADELFINGER

Bauphase Schwimmteich

TEAM ADELFINGER

Penggunaan beton merupakan pilihan umum untuk konstruksi kolam renang meski hal ini memungkinkan untuk dipersiapkan jauh sebelumnya hingga langsung diaplikasikan. Perbedaannya dari mempersiapkan adonan beton sebelumnya atau langsung di tempat adalah adanya keseragaman kekuatan beton jika dipersiapkan sebelumnya yang juga akan mempengaruhi kualitasnya.

Konstruksi kolam renang

  by TEAM ADELFINGER
TEAM ADELFINGER

Bauphase Schwimmteich

TEAM ADELFINGER

Semua konstruksi atau dekorasi dari lahan yang sudah dipilih untuk membangun kolam renang membutuhkan adanya fase persiapan agar proses membangun kolam renang lebih berkurang kerepotannya. Dalam contoh berikut, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membersihkan lahan yang akan dibangun, penambahan area beton dan menempatkan patok-patok kayu yang akan menjadi dasar untuk membangun dinding kolam. Anda perlu juga menyertakan sistem pengairan kolam Anda nantinya dan koneksinya dengan suplai air.

Pemandangan dari atas

  by TEAM ADELFINGER
TEAM ADELFINGER

Schwimmteich

TEAM ADELFINGER

Tidak hanya konstruksi dasar dari bangunan kolam renang yang penting, dekorasi dari area sekitar kolam renang juga sama pentingnya. Dalam gambar contoh berikut, desain yang diaplikasikan adalah desain yang terkesan pedesaan dengan menggunakan banyak batu, elemen alam dan tanaman bunga membatasi air dan memberikan kesan alami dan organik secara keseluruhan.

Integrasi tiap ruang

  by TEAM ADELFINGER
TEAM ADELFINGER

Blick zum Haus

TEAM ADELFINGER

Memiliki kolam renang berarti Anda memiliki area untuk bersantai dan termasuk ke dalam area hiburan. Mengingat adanya hal ini, perhatikan agar koneksi area hiburan dan santai ini langsung terhubung dengan area sosial di rumah Anda. Tujuannya agar setiap ruangan terintegrasi satu sama lainnya secara unik dengan desain interior dan eksterior yang unik. Dalam contoh yang berikut ini, koneksi dan integrasi ruangannya dilakukan dengan menggunakan pintu kaca yang memungkinkan adanya panorama tembus pandang dari dua arah dan memaksimalkan pemandangan kedua ruang. Warna hijau pada kolam dapat menjadi ide yang sesuai dan beda dengan kolam renang berwarna biru yang biasanya.

Adanya tanaman yang digantung

  by TEAM ADELFINGER
TEAM ADELFINGER

Schwimmteich

TEAM ADELFINGER

Proyek kolam renang yang satu ini merupakan contoh dari adanya detail penuh dan pihak yang mendesainnya ada di balik proyek berikut dengan adanya instalasi tanaman yang digantung karena lahan tanah yang terbatas untuk ditanami tumbuhan. Pesona dari tanaman gantung ini tidak bergantung pada warna tanaman dan menjadi makin indah saat tanaman sudah tumbuh sempurna, sehingga desain keseluruhan areanya pun menjadi lengkap dengan tambahan lantai kayu yang menghubungkan area kolam renang hingga keluar dari teras kolam.

Pulau di kolam renang

  by TEAM ADELFINGER
TEAM ADELFINGER

Sonnenplatz

TEAM ADELFINGER

Berbeda dari detail contoh desain kolam renang sebelumnya yang ditujukan untuk area bersantai dengan karakter yang kuat, desain berikut mendatangkan adanya kesan pulau kecil dan pantai dari lautan lepas, dengan sudut kecil dari kolam renang untuk mandi matahari. Area ini merupakan undangan yang menyenangkan untuk rileks dan melupakan kepenatan sehari-hari untuk menikmati matahari dan dunia luar. Kami sangat menyukai ide spesial ini dalam cuaca cerah!

Jardinera tinggi

Mengikuti jalur analisa detail desain kolam renang yang mengikutsertakan tanaman gantung sebelumnya, gambar ini menunjukkan adanya unsur hijau di permukaan, sebuah metafor bagi kehidupan harian yang muncul ke permukaan. Seiring berjalannya waktu, tanaman hijau ini akan membanjiri lahan dengan tumbuhan penuh dan warna. Beginilah cara Anda mewujudkan pagar tanaman yang berbeda dari pagar tanaman biasanya.

Tembok bebatuan

  by TEAM ADELFINGER
TEAM ADELFINGER

Schwimmteich

TEAM ADELFINGER

Jika Anda ingin menambah keunikan desain kolam renang Anda, menjadikannya oasis kedamaian di tengah hari yang padat, ada baiknya Anda memperhatikan nuansa desain kolam renang Anda. Jangan ragu untuk mengikutsertakan gaya detail yang menciptakan perbedaan. Dalam proyek yang satu ini, Anda perlu berkomitmen untuk menciptakan kreasi bernuansa alam yang jelas dan mengalir dengan koneksi dari dalam ke luar rumah. Desain bergaya organik pun akan memenuhi setiap sudut rumah Anda, dan dalam contoh yang satu ini, terdapat tembok bebatuan yang membatasi area kolam renang.

Sealamiah sumber mata air

Bagaimana dengan penambahan air mancur yang keluar dari jalur antara bukaan jalur bebatuan yang kemudian membuka layaknya aliran air sungai baru? Sumber yang digunakan dalam proyek ini menggunakan air daur ulang dari kolam renang tersebut, menjadikannya indah dan ramah lingkungan. Bagaimana menurut Anda? 

Anda dapat menemukan banyak ide lainnya untuk membangun kolam renang yang ideal dan membuat buku ide Anda sendiri mengenai kolam renang impian Anda.

Siapkah Anda mewujudkan kolam renang pribadi Anda di lahan rumah Anda sendiri?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!