by Domenico Lupariello Architetto

Ruangan di Loteng yang Ternyata Bisa Bersinar Bak Permata

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Ada beberapa ruangan yang tersisa dari satu rumah, salah satunya adalah bagian atap. Di sana bisa dibangun loteng yang ternyata bisa menjadi ruangan bermanfaat lainnya lho! Arsitek bernama Domenico Lupariello menunjukkan bahwa kita bisa memanfaatkan bagian apapun di hunian. Mulai dari ruang penyimpanan hingga kamar. Penasaran bagaimana mentransformasinya? Ini beberapa referensinya, dijamin jatuh cinta:

Kondisi Sebelumnya

Bagian ini nampaknya susah untuk dimanfaatkan. Ada atap miring dan juga terasa sempit. Namun dari awal Anda sudah bisa berkreasi banyak kok. Mulanya, benahi dulu bagian dinding serta lantai. Berikan juga tangga yang nyaman untuk dinaiki. Referensi selanjutnya ada di foto-foto di bawah ini.

Kemudian…

Apakah Anda kaget dengan perubahannya? Mulanya terasa sempit tapi sekarang justru bisa ditaruh banyak barang. Ini adalah kreatifitas yang bisa diterapkan di ruangan mana saja. Pencahayaan yang mumpuni serta dinding yang diselingi kaca, membuat persebaran cahaya jadi merata. Warna-warna netral juga membuat ruangan tidak terasa penuh.

Dapur

Tidak hanya ruang bersantai, di loteng juga bisa untuk dapur lho! Sederhana saja, yang penting adalah fungsinya. Ruangan ini diletakkan setelah ruang kerja. BIsa dimanfaatkan untuk makan atau sekadar bersantai jika bosan. Tidak perlu juga banyak barang, sehingga tidak terasa penuh. Warna hitam dan putih juga cocok untuk area ini.

Ruang Tamu Fungsional

Tidak hanya berfungsi sebagai ruang tamu, bagian ini juga bisa untuk bersantai (dilengkapi dengan televisi!) dan beberapa hiasan di sana. Pilih furnitur yang terbuat dari kayu dengan warna coklat serta krem agar menyatu dengan warna dinding. Salah satu tips untuk pemilihan warna pada ruangan sempit adalah pilihan warna yang netral. Minimalis dan tidak akan lekang oleh waktu.

Lemari

Apakah Anda ingin memiliki lemari dengan desain yang tidak biasa di sini? Bagian lemari ini bisa juga menjadi walk in closet dengan susunan yang praktis dan tidak terlalu memakan tempat. Pilih kayu yang berkualitas agar awet dan kuat menahan beban dari tumpukan pakaian Anda di sana. Variasi untuk warna bisa juga dengan pilihan abu-abu muda. Keren ya?

Kamar Mandi dan Tekstur

Kamar mandi tidak harus datar begitu-begitu saja. Anda bisa bermain dengan tekstur dan warna. Bisa mulai dari warna monokrom hingga elemen tanah. Cermin di atas juga memberikan efek luas. Karena bentuk atapnya miring jadi harus memanfaatkan ruangan dengan baik.

Ruangan Terakhir

  by Domenico Lupariello Architetto
Domenico Lupariello Architetto

Camera da letto – cabina armadio

Domenico Lupariello Architetto

Akhirnya, ruangan terakhir! Kamar yang luas, lega dengan walk in closet di dalamnya. Dinding kaca membuatnya terlihat lebih lebar, Anda bisa membuat atap transparan sedikit saja agar sinar matahari bisa bebas masuk ke dalam. Jangan ragu untuk menempatkan ranjang yang empuk dan lebar, karena di ruangan inilah Anda akan menghabiskan waktu untuk melepas lelah dan beristirahat.

Bagaimana? Seru sekali bukan? Bagian Loteng ternyata juga bisa dimanfaatkan. 

Sudah puas dengan inspirasi interior rumah? Jangan lupa juga untuk merawat taman Anda dengan inspirasi desain taman yang cantik di sini.

Ada beberapa ruangan yang tersisa dari satu rumah, salah satunya adalah bagian atap. Di sana bisa dibangun loteng yang ternyata bisa menjadi ruanga...
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!