Kamar Tidur by homify

Tips Mengatur Kamar Tidur Agar Tidur Lebih Nyenyak

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Mata sudah berat dan tubuh sudah lelah. Tapi mengapa sulit sekali untuk segera tertidur? Ternyata bukan hanya stres atau terlalu banyak kafein yang membuat manusia sulit tidur. Ada faktor lain yang sering kita anggap sepele, tapi besar pengaruhnya bagi kualitas tidur kita. 

Faktor itu adalah pengaturan kamar tidur. Ada beberapa hal yang sebaiknya kita pertimbangkan dalam menata kamar tidur, agar kita mendapatkan tidur yang berkualitas dan bangun pagi dengan penuh semangat untuk beraktivitas. 

1. Karpet

 Kamar Tidur by Engel & Völkers Bodrum
Engel & Völkers Bodrum

Engel & Völkers Bodrum

Engel & Völkers Bodrum

Menapakkan kaki di atas karpet yang tebal dan lembut saat bangun tidur bisa menceriakan suasana hati Anda. Anda meletakkannya di samping atau di ujung tempat tidur, seperti gambar di bawah ini. Jika Anda alergi terhadap debu, opsi ini sebaiknya tidak dipilih. Kecuali bila Anda bisa berkomitmen untuk menjaga kebersihan karpet dengan mencuci atau menyedotnya secara teratur. 

2. Kamar dengan warna favorit

 Kamar Tidur by homify

Syarat sebuah kamar tidur yang nyaman adalah menyiratkan sesuatu hal yang mewakili diri kita. Ini bisa diwujudkan dengan mendekorasi kamar tidur dengan warna favorit. Jadikan kamar tidur sebagai tempat yang sangat kita inginkan, agar kita merasa aman dan nyaman di dalamnya. Seseorang akan tidur nyenyak jika ia merasa nyaman. 

3. Furnitur di dekat tempat tidur

Tempatkan furnitur atau perabot di dekat tempat tidur untuk meletakkan buku harian dan alat tulis, buku, kacamata dan smartphone. Perabot bisa berupa meja tempat meletakkan lampu tidur (night stand). Anda juga bisa pilih meja lampu tidur dengan beberapa laci, jika Anda berencana menempatkan banyak perlengkapan penting di samping tempat tidur. 

4. Meredupkan lampu

Anda bisa memasang dua jenis lampu di kamar tidur, yaitu lampu utama di langit-langit kamar dan lampu tidur di samping tempat tidur. Matikan lampu utama dan nyalakan lampu tidur satu jam sebelum Anda berangkat tidur. Ini adalah salah satu cara yang tepat untuk memberi tahu tubuh kita bahwa saat tidur sudah tiba. Anda bisa meletakkan lampu tidur di samping tempat tidur, atau di tempat lain yang mudah dijangkau. 

5. Tanpa TV

 Kamar Tidur by homify

Televisi, laptop dan smartphone memancarkan sinar biru yang membuat kita sulit tidur. Usahakan agar tidak ada perangkat elektronik apapun di kamar tidur jika kita menginginkan waktu tidur yang berkualitas. Lebih baik jika kita mengisi kamar tidur dengan perangkat lain yang bisa membuat Anda tidur nyenyak. Misalnya, sebuah vas berisi bunga segar di dekat tempat tidur. Atau lukisan panorama langit di malam hari. 

6. Jangan terlalu dekat dengan jendela

Beri jarak antara jendela dengan tempat tidur Anda. Tidur terlalu dekat dengan jendela bisa membuat tidur tidak nyenyak, karena kita akan tergoda untuk melihat ke luar jika mendengar suara di malam hari. Selain itu, tempat tidur yang menempel ke jendela atau dinding akan menyulitkan kita saat hendak melepas atau memasang seprei. 

Apakah perangkat lain yang bisa membuat kita tidak bisa tidur pulas? Mari berbagi opini di kolom komentar ini. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!