Teras by DIE BALKONGESTALTER

Cara Sederhana Mendekorasi Balkon Rumah

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Rumah merupakan pusat kehidupan kita. Jika anda tinggal relatif jauh dari keramaian, tentu akan ada beberapa hal yang dapat memisahkan Anda dari dunia sekeliling. Meski demikian, terdapat juga kelebihan dari kondisi ini. Rumah yang terletak di daerah yang agak jauh dari pusat kota biasanya memiliki taman yang besar. Realitanya, lebih banyak orang yang tinggal di kota besar tanpa keuntungan serupa. Kebanyakan orang yang hidup di kota besar tinggal di apartemen kecil karena populasi dalam kota yang semakin membengkak. Bahkan, di area di mana banyak anak-anak biasa bisa bermain pun menjadi semakin terbatas. Jika rumah Anda saat ini tidak memiliki taman, maka saatnya memindahkan perhatian Anda ke balkon.

Tanpa disadari, balkon merupakan area di rumah yang memiliki potensi yang besar. Karena adanya koneksi antara bagian dalam rumah dengan lingkungan sekitar, balkon, baik besar maupun kecil, dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Balkon dengan ukuran yang kecil dapat menjadi sudut khusus untuk tempat bersantai. Meski kecil sekalipun, jika Anda jeli mendekorasinya, Anda dapat menambahkan tempat untuk mengundang tamu di balkon Anda. Karena itulah, topik dari artikel kali ini didedikasikan bagi seni mendekorasi balkon di tempat yang terbatas.

Sebelumnya: Balkon yang kosong dan kotor

Balkon sebenarnya merupakan area luar rumah yang dapat dimaksimalkan seperti yang tampak pada gambar. Namun, pasti susah bagi Anda untuk mendekorasi dan mentransformasi balkon yang lantainya bernoda karena seringkali terkena air hujan. Penampilannya jauh dari kata indah dengan bunga-bunga yang tidak terawat. Bagaimana jika terjadi transformasi untuk balkon rumah yang seperti ini?

Sesudah: Seperti ada di nirwana

Balkon yang tadinya kosong dan kotor sekarang tampak luar biasa. Kini, Anda dapat membaca buku di sudut rumah Anda yang satu ini sambil menikmati secangkir kopi. Dalam foto terbaru ini, jelas terdapat perubahan yang sudah terjadi. Perbedaan tidak hanya terletak pada furnitur dan aksesoris yang digunakan dalam dekorasi balkonnya. Sebagai contohnya, lantainya sudah direnovasi. Proses ini sama sekali tidak memakan banyak biaya. Adanya penambahan lantai ini membuat dekorasi tempat baru menjadi lebih mudah. Untuk menghemat biaya, gunakan lantai plastik untuk balkon Anda. Hasilnya, dapat Anda lihat sendiri dalam foto berikut.

Tambahan pencahayaan

Anda mungkin tidak memperhatikan hal ini karena adanya warna lampu yang serupa dengan warna dinding. Lampu-lampu menjuntai ini memiliki tampilan nostalgia yang unik. Pencahayaan di semua balkon, bahkan yang tipenya redup romantis ala cahaya lilin pun, akan tetap efektif daripada lampu bohlam biasa.

Bunga-bunga warna-warni

Tambahkan bunga warna merah muda seperti petunia yang menjadi salah satu elemen balkon yang membuatnya jadi lebih indah. Kombinasikan dengan bunga aster warna kuning dan putih menjadi hamparan bunga yang mempermanis balkon.

Rak dinding yang dekoratif

Aksesoris tambahan yang sifatnya sebenarnya tidak penting namun cocok sebagai tambahan adalah rak dinding. Anda dapat memanfaatkan ruang balkon dengan praktis dengan cara menempatkan dua rak dinding berukuran kecil untuk tempat pot bunga. Pot dapat terbuat dari kaleng-kaleng bekas yang dicat dengan warna perak dan digambari dengan sentuhan khas Anda. Anda dapat pula menanam paprika atau bunga dalam ukuran yang berbeda-beda. Cara ini akan menonjolkan karakter balkon Anda.

Sentuhan pemandangan eksterior

Pemandangan balkon dari bawah atau dari luar rumah dapat diperindah dengan adanya tatanan bunga yang berjejer di balkon.

Kursi dengan bahan berbulu

Anda cukup menempatkan meja kecil dengan kursi plastik di bawah rak dinding yang berisi pot-pot bunga. Sudut balkon idaman di mana Anda dapat membaca buku ini dapat dilapisi dengan bulu sintetis untuk menambah aksen pada keseluruhan sudut balkon. Mejanya dapat dipercantik dengan warna kuning cerah. 

Jika Anda menyukai artikel ini, maka Anda perlu mengecek artikel yang satu ini.  

Bagaimanakah pendapat Anda mengenai proyek transformasi balkon ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!