by Cristiane Bergesch Arquitetura e Interiores

Apartemen 57m² dengan Banyak Ide Memukau

yudith prawitasari – homify yudith prawitasari – homify
Google+
Loading admin actions …

Terkadang anda menemukan ruangan yang didesain dengan begitu kreatif dan yang anda dapat lakukan hanya berdecak kagum pada desainernya. Dalam homify 360 hari ini kita justru akan mengeksplorasi detilnya.

Pertama-tama, area yang hanya seluas 57m² telah sepenuhnya direnovasi. Tapi yang lebih menarik lagi adalah, dalam kondisi ini ternyata hanya area seluas 34m² yang telah digunakan! Kemanakah sisanya? Renovasi ini dikerjakan oleh arsitek berbakat kami Christiane Bergesch yang telah mengambil alih sisa volume ruang tersebut dan mentransformasinya menjadi desain baru yang tentunya, lebih optimal.

Sekarang, hasilnya adalah apartemen yang nampak jauh lebih nyaman dan luwes, bahkan memiliki balkon! Tapi yang paling mengagumkan adalah, dengan area yang hanya seluas 57m², membangun dua biasanya tidak menjadi pertimbangan. Namun kreativitas kini menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan hasil akhir desain tersebut, terutama pada palet warna yang dipilih. Detail yang menarik menjadi daya pikat ruangan, membuat rumah lebih cerah. Mari kita lihat langsung makeover satu ini!

Kecil dan Inspiratif

Detil kreatif memberikan perbedaan besar terutama pada ruangan kecil seperti ini. Ruangan di bawah tangga yang biasanya tidak digunakan diberikan rak kaca sederhana, yang dibuat khusus sesuai letak dan fungsinya. Kursi ottoman memberikan kesan netral dan tentram dalam ruangan.

Dindingnya dilapisi panel kayu untuk memberikan sentuhan berbeda dengan bagian ruangan yang lain, tapi tentunya juga memiliki fungsi lain: menyembunyikan kabel TV yang sering menjulur dan membuat ruangan terlihat kurang rapi. Ide sederhana semacam inilah yang sering berperan penting dalam mengorganisasi ruangan terutama dalam rumah yang kecil. 

Sentuhan Artistik

Marilah berhenti sejenak untuk mengagumi ruang makan satu ini. Ruangan yang baru selesai dibangun ini sebelumnya adalah teras yang kurang dioptimalkan oleh pemilik rumah lamanya. Gunanya adalah untuk memberikan perasaan bebas seperti sedang berada di luar ruangan. Untuk itu dibangunlah atap kaca di sudut tertentu ruangan ini. Balkon yang terletak disampingnya sekarang digunakan untuk barbeque, sekaligus mengeringkan pakaian. 

Dalam ruangan yang kecil seperti ini, furnitur sebaiknya dijaga seminimum mungkin. Namun tak ada yang bilang bahwa anda harus memilih warna yang membosankan! Biarkan sentuhan artistik menyelimuti ruangan cantik ini sehingga lebih berkarakter.

Ruangan yang menenangkan

Sampailah kita di kamar mandi. Yang nampak adalah ruangan kecil yang didesain dengan modern dan minimalis, memaksimalkan penggunaan volume ruang yang ada. Hampir keseluruhan ruangan ini berwarna putih, karena ruangan yang berlangit-langit rendah cenderung berkesan sempit. Kaca besar ditambahkan untuk menambahkan ilusi ruangan yang berkesan lebih luas, juga lebih mendalam.

Arsiteknya juga memilih pintu geser sebagai pintu masuk dan bukan pintu biasa. Hal ini merupakan trik yang pintar untuk mendapatkan ruangan lebih. Walaupun kamar mandi ini kecil, ia berkesan mewah dan memiliki kesan rileks yang terasosiasi dengan spa.

Ruangan lapang

Sama seperti kamar mandi, dapur juga memiliki ruangan sangat terbatas. Tapi desain yang pintar tentu memiliki solusi tersendiri, yaitu dengan menggabungkan elemen warna putih dan kayu. Hasilnya, kehangatan dan karakter pada dapur.

Kabinet tinggi dihindari untuk menghindari kesan ruang yang sempit. Kabinet diatur dan didesain sedemikian rupa untuk memastikan agar peralatan dapur tidak berantakan.

Ide Besar

Meskipun kecil, ruangan ini terasa besar dan nyaman. Langit-langit yang diturunkan memberikan tempat untuk lampu LED mengitari ruangan sehingga terdapat pendar yang berkesan menenangkan. Dalam kamar ini juga terdapat banyak ide untuk menghemat volume ruang, misalnya dengan menggunakan meja yang di install di tembok sebagai pengganti meja samping.

Mirip dengan ruangan lainnya, ia juga menggunakan pintu geser. Selain itu, kabinetnya juga dilengkapi dengan cermin berukuran besar yang memberikan kesan ruangan lebih luas.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!