Ruang Keluarga by 石井秀樹建築設計事務所

Rumah Bergaya Tropis Minimalis

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Berbicara soal konsep interior rumah memanglah beragam. Terlebih lagi jika rumah tersebut berkaitan dengan jumlah anggota keluarga yang menghuninya. Ada tipe rumah yang didesain untuk tinggal sendiri, tinggal berdua, tinggal bersama anak, atau bahkan tinggal lintas generasi, mulai dari kakek-nenek, ayah-ibu, anak, hingga cucu. Hal tersebutlah yang membentuk konsep rumah menjadi sangat bervariasi. Pada proyek kali ini kita akan membahas sebuah hunian yang didiami oleh satu keluarga dengan hewan peliharaannya, yaitu seekor anjing. Memang tak benar-benar mewakili penghuni rumahnya, namun dari segi ide, rumah ini seolah tak sebatas terbuka untuk keluarga inti saja. Karena kehangatan konsepnya yang asri dan modern, membuat rumah ini juga seolah terbuka untuk para tamu dan keluarga besar lainnya. 

Rumah yang menanggalkan unsur privasi ini memiliki luas tanah sekitar 260 meter persegi. Rumah bertemakan bebas ini memang sengaja dibentuk karena penghuni menginginkan ruang yang luas tanpa batas. Sehingga aktivitas apapun bisa dilakukan di mana pun tanpa harus melihat kesesuaian fungsi ruangannya. Hal ini memang bertentangan dengan konsep rumah pada umumnya. Oleh karena itu, agar kesan privasi dapat dibentuk secara implisit, maka diberikanlah partisi-partisi alami berupa taman atau semacam hutan kecil antar ruang di rumah berlorong ini. Selain itu, perbedaan tinggi antara ruang satu dan lainnya juga sengaja diciptakan untuk menegaskan perbedaan fungsi antar ruang didalamnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita mulai penjelajahannya.

Tampilan Luar yang Stylish

Proyek rumah yang dituntaskan oleh sebuah perusahaan konstruksi bertajuk isi arch ini memiliki tampilan luar yang stylish. Berdiri di suatu sudut jalan di pinggiran kota Tokyo, rumah ini berhasil mencuri perhatian siapa saja yang melintasinya. Desain kotak dan warna yang gelap membuatnya terlihat berbeda dari bentuk rumah disekitarnya. Karena jika diperhatikan, tampilannya lebih mirip sebuah galeri seni dibandingkan sebuah hunian untuk keluarga. Selain itu, pola konstruksi rumah sudut ini pun cukup unik. Selain mengusung gaya minimalis, rumah ini juga dibangun secara diagonal untuk memberi kesan luas pada area pekarangan rumah.

Konsep Terbuka

Gaya minimalis di luar, ternyata hanya terlihat sebagian di bagian dalam. Unsur tersebut hanya terlihat dari penegasan desain kotak dan garis-garis yang masih terlihat pada lorong dan langit-langit. Sedangkan gaya lain yang mendominasi interior rumah ini adalah gaya tropis, dimana banyaknya unsur hijau dari sisi kiri maupun tengah rumah serta balutan unsur kayu yang menjadi material pelapis lantai dan langit-langit rumah unik ini.  Bergaya tropis minimalis tentu membuatnya semakin asri untuk dilihat. Terlebih lagi dengan penanaman unsur kaca, yang membuatnya terlihat luas tanpa batas. Hijau dan segar, adalah dua kata yang rasanya pantas untuk mewakili desain interior rumah ala galeri ini.

Nuansa Alami

Koneksi ruang tamu dengan ruang lain di rumah ini seolah tak terbatas. Tak ada partisi khusus yang digunakan untuk membatasi antar ruangan satu dengan yang lainnya secara spesifik. Sekalipun ada, partisi tersebut hanyalah berupa kaca-kaca lebar yang membatasi ruang hunian dengan halaman luar. Seperti yang terlihat pada gambar, partisi tersebut sangat berguna untuk memberikan kesan luas pada interior rumah berlorong ini. Sehingga, tak perlu lagi suguhan pajangan atau lukisan pada setiap ruang, karena unsur taman yang menyerupai hutan kecil dalam rumah tersebut sudah mewakili ornamen-ornamen pemanis didalam rumah ini.

Menyatu dengan Alam

Posisi tempat tidur dalam rumah ini diletakkan di salah satu sudut ruangan. Uniknya dari ruangan ini adalah, konsepnya dibiarkan menyatu dengan lorong sekitar, sekalipun ruang istirahat ini identik dengan ruang privasi. Tak banyak variasi, tempat tidur ini hanya bertemankan sebuah lampu tidur dan bed cover berwarna hijau untuk menyeimbangkan konsepnya dengan nuansa alami yang berada di sekitarnya.

Saat Malam

Suasana malam di rumah ini benar-benar layaknya museum atau sebuah galeri seni. Hal ini terlihat dari peletakan lampu yang tepat, sehingga mampu menerangi sekeliling ruangan dengan proporsi pencahayaan yang tepat. Karena tak hanya lorong, tapi taman-taman, beberapa sudut ruang duduk dan tangga di rumah ini pun juga mampu tersinari berkat cahaya lampu-lampu tersebut.

Jadikan konsep rumah ini sebagai inspirasi baru untuk merenovasi rumah Anda.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!