Rumah by rOOtstudio

Pesona di Balik Dinding Bata yang Sederhana

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Proyek homify kali ini berlokasi di Oaxaca, Mexico. Rumah berdinding bata merah dan pagar hitam ini adalah hasil rancangan Root Studio. 

Klien menginginkan sebuah rumah yang indah, bisa dibangun dalam waktu singkat, hemat biaya dan tidak mengganggu pohon yang ada di tengah halaman. Jawabannya adalah sebuah rumah berbentuk L yang mengelilingi pohon dan halaman. Jendela-jendela dirancang agar terhubung dengan area sosial (bagian dalam rumah untuk berkumpul) dan cahaya masuk tanpa halangan. Sebuah perpaduan antara gaya industrial dan rustic

Di lantai bawah ada dapur, ruang makan, kamar mandi dan ruang tamu. Sedangkan tangga di dekat ruang tamu akan membawa kita menuju dua kamar tidur utama dan sebuah ruang lobi. Inilah selengkapnya. 

Jangan menilai rumah dari luarnya

Dari luar rumah ini tampak biasa-biasa saja. Fasad datar monokrom tampak menyatu dengan sekeliling, karena bata merah adalah material yang umum digunakan di daerah itu. Tak seorang pun bisa menduga apa yang tersembunyi di balik dindingnya. Penasaran? Mari kita masuk. 

Berintegrasi dan berbagi

Di sini kita bisa melihat pohon besar di tengah rumah berbentuk L. Taman ditutup oleh hamparan batu kerikil dengan tanaman dalam pot dan bidang di beberapa titik. Rumah terdiri dari dua level, semen dan bata merah, yang bisa kita lihat dengan jelas. Jendela besar di kamar mengintegrasikan eksterior dan interior, serta membagikan cahaya ke bagian rumah lainnya. 

Jendela sebagai bingkai

Jendela kaca berfungsi sebagai pembatas ruangan yang tak kentara. Strip logam tipis seolah membingkai panorama yang ada di taman. Dinding di luar tertutup tektur kemerahan, sedangkan di dalam ada atap dan lantai yang terbuat dari beton. 

Perpaduan berbagai bahan

Area sosial ini terlihat manis, meski tanpa pemisahan elemen struktural. Keharmonisan tekstur dan warna atap, lantai dan dinding dirancang berdasarkan luas masing-masing bagian. 

Menuju lantai dua

Empat anak tangga pertama terbuat dari beton. Sedangkan anak tangga selanjutnya adalah kayu ringan yang disangga oleh logam berwarna hitam menuju ruangan yang didominasi oleh beton. Lampu-lampu yang ditanamkan di dalam atap tampak seperti gelembung besar yang menerangi seluruh ruangan. 

Detil yang menawan

Dapur tampak menawan dengan paduan gaya minimalis dan modern. Daya tarik terletak pada meja dapur dengan ornamen berbentuk kurva di bagian bawahnya. Ornamen ini terbuat dari besi dan memberikan sentuhan romantisme masa lalu. 

Taman yang menyejukkan

Di sini kita lihat perpaduan lain antara ruang eksterior dan interior. Taman yang asri dengan batu, pohon dan tanaman hias menghadirkan atmosfer yang menyejukkan hingga ke seluruh ruangan di dalam rumah.

Apakah yang membuat sebuah rumah tampak indah, bagian luar atau dalamnya? Silakan tulis komentar Anda pada kolom di bawah ini. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!