Rumah by RenoBuild Algarve

Rahasia Mengusir Kelembaban dari Dalam Rumah

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Seperti apa rumah yang banyak diidamkan banyak orang? Idealnya, rumah haruslah bisa menjadi surga yang nyaman dan damai bagi penghuninya, di mana kita dapat beristirahat dan menikmati waktu berkualitas bersama keluarga. Rumah juga harus memenuhi standar kesehatan agar kesehatan penghuninya selalu terjaga.

Tapi bagaimana jika rumah yang kita dapatkan ternyata tidak seideal yang kita inginkan? Rumah yang lembab misalnya.  Konstruksi yang buruk, sirkulasi udara yang kurang, dan beberapa hal lain dapat menyebabkan kadar kelembaban di suatu ruangan berada di atas ambang batas normal, yakni 40-55 persen. 

Tingginya kadar air dalam udara ini dapat dengan cepat merusak beberapa barang dan perabotan rumah tangga. Buku dan peralatan dari kayu adalah barang yang tak tahan menghadapi udara lembab. Selain merusak barang, kondisi lembab merupakan kondisi yang sangat ideal bagi pertumbuhan jamur dan bakteri. Dua hal yang dapat mengganggu kesehatan penghuni rumah. Udara yang lembab juga tidak baik bagi pengidap penyakit pernafasan seperti asma. 

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk mengusir kadar kelembaban yang berlebih dari dalam rumah.

Pendingin Ruangan

Banyak orang menggunakan dehumidifier untuk mengatur kelembaban udara dalam ruangan. Namun, Anda dapat menggunakan pendingin ruangan atau ac untuk mengontrol kelembaban udara. Udara kering yang dihembuskan AC dapat mengontrol kelembaban udara. Saat ini, beberapa alat AC bahkan dilengkapi dengan dehumidifier dan pemanas ruangan. Anda dapat memilih AC komplit ini dan menghemat pengeluaran serta energi listrik.

 Rumah by RenoBuild Algarve
RenoBuild Algarve

Isolamento Térmico pelo exterior

RenoBuild Algarve

Sistem penyekatan yang baik akan sangat membantu mengendalikan kelembaban di rumah Anda. Dinding rumah yang berbatasan dengan area luar harus dipastikan tidak dapat tertembus air atau udara. Kelembaban dalam ruangan biasanya muncul karena dinding rumah rembes oleh air dari luar.

Selain diplester, masih ada beberapa metode penyekat atau isolasi yang baik. Saat ini, beberapa material dapat digunakan sebagai isolator atau penyekat yang baik. Anda bisa menggunakan dempul, atau cat pelapis anti bocor pada dinding bagian luar rumah. Anda juga dapat menggunakan bahan sintetis seperti selimut wol kaca. Karpet dan permadani juga bisa dijadikan pelapis. Selain berfungsi sebagai isolator, penggunaan karpet dan permadani tentu akan membuat ruangan menjadi lebih indah.

Perhatikan Sistem Ventilasi

Ventilasi berperan penting dalam sirkulasi udara sebuah ruangan. Sirkulasi udara yang baik dapat mencegah kelembaban yang berlebih. Ada dua jenis ventilasi, alami dan buatan. Ventilasi alami dapat menggunakan jendela atau pintu. Sedangkan buatan biasanya menggunakan kipas dan alat pengatur sirkulasi udara.

Di daerah yang memproduksi uap air yang tinggi seperti kamar mandi dan dapur, ventilasi harus mendapat perhatian lebih. Penggunaan kipas penyedot udara cukup efektif untuk mengeluarkan uap air dari ruangan. Perhatikan foto kamar mandi mewah di atas.  Siapa pun tentu tak akan rela jika kamar mandi indah ini rusak karena kadar kelembaban yang terlalu tinggi.

Tata Letak Tanaman

 Kantor & toko by euflora Begrünungskonzepte
euflora Begrünungskonzepte

Sansvieria zeylanica im Fensterbankgefäß aus Edelstahl

euflora Begrünungskonzepte

Siapa pun pasti akan setuju jika meletakkan tanaman di dalam rumah akan mempercantik interior. Meski begitu, Anda perlu memperhatikan jika tanaman melepas uap air. Hal ini akan menambah kadar uap air dalam udara dalam ruangan. Otomatis kadar kelembaban pun bertambah. 

Tenang, Anda tak perlu membuang vas bunga atau pot tanaman anda. Anda cukup memindahkan vas bunga dan pot tanaman ke dekat lubang ventilasi atau di samping jendela. Uap air yang dihasilkan tanaman akan cepat terbawa ke luar ruangan melalui ventilasi. Anda juga dapat memilih jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak air sehingga minim pelepasan uap air.

Sensor Kelembaban

Hal yang paling aman untuk mengatur tingkat kelembaban dalam ruangan adalah menggunakan sensor kelembaban. Alat ini dapat diintegrasikan dengan alat pendingin ruangan atau bahkan alat penyaring udara yang akan aktif ketika tingkat kelembaban berada dia atas batas normal.

Solusi Alami

Solusi alami untuk mengusir kelembaban berlebih dari rumah adalah penggunaan jendela berukuran besar. Selain sirkulasi udara menjadi lebih baik, cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan menjadi lebih banyak. Saat melakukan perencanaan pembangunan rumah, Anda dapat berkonsultasi dengan arsitek Anda mengenai desain jendela yang indah namun memiliki fungsi maksimal.

Bagaimana cara menghilangkan udara lembab dalam rumah? Apakah kadar kelembaban di rumah Anda terlalu tinggi?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!