Dapur by Elena Arsentyeva

7 Ide Rumah Mungil Nyaman Untuk Keluarga Kecil

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Ada berbagai macam desain rumah yang bikin kita lapar mata. Sungguh bijaksana jika kita memikirkan semua aspek sebelum menentukan desain terbaik untuk tempat tinggal kita. 

Berbicara tentang tempat tinggal, rumah berukuran besar cenderung muncul di benak kita. Mengapa kita tidak merencanakan suatu desain rumah yang lebih kecil dan sederhana? Tidak semua rumah besar itu indah. Namun pembangunan rumah imut dengan bujet terbatas dan desain simpel bukan halangan bagi desainer buat menghadirkan kehangatan dan kenyamanan. 

Inilah 7 ide rumah mungil yang cocok untuk keluarga tanpa anak atau dengan satu anak. 

1. Bermain warna

Warna putih adalah dasar dari segala sesuatu, mirip seperti kanvas putih sebelum dilukis. Ruangan ini adalah kanvas, sedangkan furnitur dan pernak-pernik adalah warnanya. Paduan semacam ini bukan hanya fungsional, namun juga dekoratif. Permainan warna adalah ciri khas gaya modern yang sejalan dengan tata ruang industrial. 

2. Gaya tradisional

 Rumah kayu by Facit Homes
Facit Homes

Timber Clad Exterior

Facit Homes

Pondok kayu ini adalah perpaduan gaya tradisional dengan sedikit sentuhan modern. Interior rumah ini cukup sederhana dengan ruangan tunggal memenuhi hampir seluruh bagian rumah. Ruang pribadi ada di samping kanan rumah. Fasad rumah yang vertikal membuat rumah ini elok dipandang. 

3. Rumah mungil modern di tanah lapang

Inilah rumah modern dan simpel yang mempesona semua orang. Kisi-kisi atap di rumah kecil berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar matahari langsung. Rumah ini dirancang dengan bahan dasar kayu agar lebih nyaman dan menyatu dengan alam di sekitarnya. 

4. Minimalis tingkat tinggi

Rumah ini cocok buat mereka yang menyukai ruang sederhana. Minim perabotan menciptakan suasana lapang, cahaya pun bebas menerangi semua ruangan. Menariknya, ada lantai dua yang berfungsi sebagai kamar tidur. Privasi penghuni rumah tetap terjaga, namun tetap mengedepankan keterbukaan. Desain sempurna membuat rumah mungil ini tak terasa sempit. 

5. Dapur rustic

 Dapur by Elena Arsentyeva
Elena Arsentyeva

Кухня в скандинавском стиле

Elena Arsentyeva

Rustic dan klasik adalah dua gaya yang mengundang kenyamanan. Lengkap dengan kesempurnaan bagi mereka yang sederhana. Furnitur kayu berwarna kusam memberikan nuansa pedesaan yang akan disukai semua orang. Sedangkan dinding bata dan atmosfer industrial dengan warna netral menghadirkan suasana bersahabat di dapur ini. 

6. Paling ekletik

Satukan semuanya jika Anda tidak ingin memilih salah satu. Tentu saja dengan tetap menggunakan warna putih sebagai elemen dasar untuk menyatukan semuanya. Warna hitam diaplikasikan pada pintu masuk memberikan kesan kontras, tenang dan elegan. 

7. Panorama terindah

Rumah mungil pun bisa menjadi luar biasa. Ruangan ini buktinya. Sebuah bilik tersembunyi di koridor dibatasi dinding yang difungsikan menjadi rak buku. Koridor sempit menjadi luas berkat jendela besar yang menyajikan semua panorama di balkon di luar sana. Pengaturan yang baik untuk memaksimalkan cahaya dan sirkulasi udara di dalam rumah. 

Semua ruangan adalah hasil rencana besar untuk membuat sesuatu yang sederhana. Para profesional di atas tahu benar cara menggunakan strategi ini dan menghasilkan hal-hal menakjubkan. Sebuah bukti bahwa rumah mungil pun bisa sama menterengnya dengan rumah besar. 

Manakah yang Anda sukai, rumah mungil atau rumah besar? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!