by CARDOSO CHOUZA ARQUITETOS

Menyulap Apartemen Sempit Jadi Menakjubkan

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Tinggal di apartemen bisa merepotkan karena kita tak bisa memodifikasi lantai dan langit-langit. Kondisi ini pun menyulitkan desainer saat hendak mendekorasi ulang interior apartemen. Tim desainer harus menghadapi kenyataan bahwa apartemen ternyata tidak terlalu besar, terutama di bagian ruang tamu dan ruang makan. Sulitnya lagi, si penghuni apartemen tidak tahu sampai kapan ia akan tinggal di situ. 

Namun tim arsitek homify Cardoso Chouza Arquitectos dari Itapetinga, Brasil, menemukan solusinya. Mereka tahu bagaimana mengubah apartemen sempit dan kosong itu menjadi tempat tinggal yang menyenangkan. Di antaranya, mengutamakan elemen dekorasi yang mudah dibereskan dan dibawa, jika si penghuni pindah sewaktu-waktu. Mari kita lihat perbedaan sebelum dan sesudah apartemen ini ditangani oleh ahli homify. 

Sebelum : Ruang kosong yang mati

  by CARDOSO CHOUZA ARQUITETOS
CARDOSO CHOUZA ARQUITETOS

Sala de jantar antes do projeto

CARDOSO CHOUZA ARQUITETOS

Mengapa mati? Karena tim desainer tak bisa memindahkan atau menghilangkan dinding di ruangan ini. Namun ruang ini cukup luas, memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik dari pintu geser yang menghadap ke balkon. Desain tata ruang yang baik berpeluang memperbaiki penampilan ruangan, berdasarkan karakter yang sudah ada. 

Solusi terbaik tanpa mengubah konstruksi

  by CARDOSO CHOUZA ARQUITETOS
CARDOSO CHOUZA ARQUITETOS

Sala de estar antes do projeto

CARDOSO CHOUZA ARQUITETOS

Tim arsitek memindahkan panel televisi untuk menciptakan suasana baru, sesuai dengan rencana tata ruang. Lalu bagaimanakah rupa ruangan ini setelah didekorasi ulang. Gambar di bawah ini akan membuat Anda takjub. 

Sesudah : Berubah total tanpa membangun

Lihat, ruangan ini tampak berubah total. Padahal arsitek kami tak menambahkan dinding atau elemen baru lainnya, hanya mendekorasi ulang. Tidak ada batas antara ruang tamu dan ruang makan. Tapi ada pintu geser yang bisa digunakan sewaktu-waktu. 

Penggunaan warna dingin abu-abu dan biru menciptakan atmosfer menyenangkan di dalam ruangan. Apalagi jika kita melihat lampu di atas meja makan. Menarik bukan? 

Suasana sekitar yang terintegrasi

Dinding warna coklat tua membuat foto-foto sepia tampak menonjol. Foto-foto ini ditata dengan latar belakang putih dan bingkai warna hitam, menjadi elemen dekorasi yang serasi untuk ruangan. Karpet di ruang tamu berwarna biru, senada dengan warna sofa dan bantal kursi. Ini merupakan pengelompokkan visual di ruangan ini berdasarkan penggunaan dua kelompok warna. 

Detil lampu yang menempel di langit-langit membuat dekorasi ruangan ini semakin cantik. 

Kuncinya ada pada warna dan cahaya

Di sisi kiri kita lihat ada cermin besar dan lampu-lampu membuat meja bulat dengan kursi-kursi berwarna cerah menjadi pusat perhatian dalam ruangan ini. Sebagai penyeimbang adalah karpet dan meja di sudut warna merah cerah. Semua membuat ruangan ini menjadi area berkumpul yang nyaman. 

Detil yang membuat perbedaan

Apa yang membuat ruangan ini mempesona? Dimulai dari tata lampu kreatif yang menyorot karya seni terpampang di dinding, lampu meja makan warna tembaga, dan kulkas kecil warna merah. 

Kombinasi warna dan tata lampu membuat apartemen kosong dan seram menjadi lebih menarik dan nyaman untuk ditinggali. Sebuah ide dekorasi ruangan yang bisa diterapkan dengan mudah untuk tempat tinggal Anda. 

Apakah elemen yang ingin Anda hilangkan saat mendekorasi ulang apartemen atau rumah Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!