Ruang Keluarga by TREVINO.CHABRAND | Architectural Studio

10 Inspirasi Desain Dinding Pembatas Unik Nan Menawan

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Ada banyak cara untuk membuat suasana rumah terlihat lebih berbeda. Salah satunya adalah lewat dekorasi dinding, yang disesuaikan dengan ukuran dan lokasi dari perabot rumah, pencahayaan, rak dan ruangan dengan fungsi yang berbeda. Dekorasi dinding tersebut tidak hanya berfungsi untuk menghiasi rumah saja, tetapi juga sebagai sekat pembagi dengan ruangan yang membutuhkan privasi lebih, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi masing-masing. Berikut adalah 10 ide desain dekorasi sekat dinding beserta gambaran tata ruang yang sesuai untuk anda, sehingga seluruh ruangan dapat difungsikan dengan lebih baik dan serbaguna!

1. Dinding dan Lantai Berbahan Sama

Menggabungkan material bangunan dengan tanah pada dinding dan lantai rumah anda adalah ide yang yang dapat anda pertimbangkan, karena penggunaan gabungan bahan tersebut terlihat sangat menarik dari segi visual. Selain itu, anda juga dapat menempatkan detil pelengkap berbahan lain, seperti kayu balok yang dapat membuat ruangan anda terlihat seperti bangunan khas pedesaan. Langit-langit yang memiliki spasi tinggi dan penempatan lampu gantung juga sangat menarik dan menghadirkan sentuhan klasik pada ruangan.

2. Perubahan Besar Pada Dinding Berdimensi Kecil

Jika anda berpikir rumah yang kecil kurang membatasi kreativitas anda dalam memberikan sekat, maka anda salah. Dalam gambar ini, terlihat dekorasi dinding yang tersusun rapat tetapi tetap berguna. Tidak hanya itu, penggunaan bahan yang berbeda dan penambahan tekstur juga menciptakan visual yang menawan terhadap dekorasi dinding anda. Selain itu, dekorasi dinding tersebut juga dapat berguna untuk menempatkan berbagai objek, seperti TV, meja, atau juga rak. Hasilnya, pembagian ruang yang cukup terorganisir dengan unsur yang tidak mempersempit ruang dan tentunya lebih fungsional!

3. Dinding Berdimensi Setengah

Tidak selamanya dinding harus mencapai langit-langit. Dinding berdimensi setengah juga tampak sempurna untuk menyekat ruangan rumah anda. Tentunya, anda pun perlu mengintegrasikannya dengan cara yang lebih praktis dan dinamis, seperti misalnya di sekitar area dapur atau ruang makan.

4. Dinding Dengan Pencahayaan Atas atau Bawah

Anda mungkin tidak ingin bagian ruangan rumah lain seperti pintu kamar mandi atau kamar tidur  terlihat dari ruang tamu, dan anda mungkin sudah terpikir untuk menempatkan dinding di depannya. Cobalah untuk mencontoh desain 2m-Arquitectura ini dan mempertimbangkan pengaturan pencahayaan dari atas ataupun bawah. Dengan demikian, penyekatan ruang tersembunyi dapat berfungsi dengan sempurna. Pemilihan lampu atau juga material bahan juga berperan penting di sini. Oleh karena itu, anda harus cermat sebelum membangunnya!

5. Dinding Berbentuk Perapian Yang Tinggi

 Ruang Keluarga by JR Arquitectos

Jika anda merasa jika penempatan dinding sekat dirasa tidak cocok di dalam ruangan, maka anda dapat menggunakan ide berikut, yang mengalihfungsikan desain perapian yang lebar dan tinggi menjadi dinding penyekat yang fungsional. Tentunya, kehadiran perapian ini dapat menjadi penghangat ketika cuaca dingin dan menjadikan rumah anda terlihat lebih nyaman.

6. Perhitungan Cermat Saat Penyekatan

Menghitung dimensi ruang untuk penempatan dinding sekat sangatlah penting, sehingga ruangan tersebut tersebut tidak hanya fungsional, tetapi juga nyaman untuk bergerak dan berjalan, meskipun ukurannya kecil. Perlu anda perhatikan juga, anda tidak dapat asal dalam menentukan perhitungan dimensi dinding sekat dan juga ruang jalan, karenanya sangat disarankan untuk meminta bantuan dari seorang ahli dalam menentukan dan mengeksplorasi cara terbaik agar ruangan yang tersekat terlihat tetap nyaman dan personal.

7. Detil Dinding Yang Lebih Berkarakter

Ada banyak cara untuk menghidupkan dinding rumah, salah satunya adalah dengan pemilihan bahan bertekstur dengan warna, pencahayaan dan, detail menarik pada bagian atas dan bawah. Di gambar ini, terlihat penempatan lampu dinding di dasar lantai berwarna putih yang menciptakan perbedaan besar pada dinding rumah, yang tentunya dapat anda jadikan referensi.

8. Hiasan Dinding Dengan Ornamen Sederhana dan Ekonomis

Jika Anda menginginkan privasi lebih di ruang terpisah, dinding yang menutupi sebagian ruangan dapat menjadi solusinya. Dekorasi dapat dihadirkan lewat beberapa ornamen ditempatkan langsung di dinding atau tempat lain yang memungkinkan. Sehingga, sekat ruang terlihat tetap sederhana dan jauh lebih ekonomis.

9. Pengaturan Pencahayaan Yang Menonjol

 Ruang Keluarga by Wowa

Pencahayaan menonjol pada gambar ini tidak hanya dipengaruhi oleh kehadiran dinding kaca yang memungkinkan cahaya matahari masuk, tetapi juga oleh desain dinding dengan lubang persegi di dalamnya. Hal tersebut berguna untuk mempertahankan konsep ruang terbuka bagi orang yang melintas dan juga aliran cahaya yang dapat masuk lewat celah serupa ventilasi yang terdapat pada dinding penyekat.

10. Dinding Yang Terlihat Elegan dan Anggun

Penggunaan warna, bahan, tekstur dan juga pencahayaan seperti di gambar, menjadikan dinding anda lebih anggun, tentunya memiliki fungsi utama sebagai sekat dengan ruangan lain. 

Anda ingin dinding sekat lebih fungsional dan terlihat lebih menarik? Simak 10 ide desain berikut ini!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!