Rumah by In Perspectief architectuur

7 Tips Untuk Meningkatkan Nilai Rumah Anda

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Anda terpikir untuk merenovasi rumah? Memang tujuan utamanya adalah agar hunian tampak seperti baru dan makin nyaman untuk ditinggali. Tapi pernahkah Anda terpikirkan bahwa hal tersebut juga bisa menaikkan nilai rumah? Misalkan suatu hari nanti Anda ingin menjualnya maka memperbaiki kualitas hunian anda tentu juga akan meningkatkan nilai jualnya. Investasi yang bernilai ganda, bukan? 

Jika merasa penasaran, homify memberikan tips serta rekomendasi untuk renovasi rumah yang tidak hanya membuat hunian makin segar dan indah tapi juga bernilai tinggi. Dengan menyelipkan beberapa keunggulan, dijamin siapapun ingin 'mengambilnya' dari Anda! Jika kelak dijual dan harganya bagus, Anda juga ikut untung bukan? Ini dia inspirasinya:

Perbaikan Fasad

Penelitian menunjukkan bahwa kesan pertama yang memiliki efek besar pada penilaian seseorang pada sebuah rumah terletak pada bagian depan. Jika pada halaman, pagar, teras serta pintu masuk saja sudah mencuri perhatian, maka bisa dipastikan semakin ke dalam semakin mempesona. Renovasi pada bagian depan seperti memperbarui paving, mengubah tata letak kebun depan bisa menjadi penyegaran yang menyenangkan.

Pilih desain jendela dan pintu yang sesuai dengan gaya rumah Anda. Pemilihan cat untuk warna dinding juga dipertimbangkan masak-masak. Boleh bermain warna tapi jangan sampai justru membuat rumah terlihat sumpek.

Memperluas Bagian Penting

 Konservasi by DPS ltd.
DPS ltd.

HOUSE EXTENSION & LOFT CONVERSION IN SW LONDON

DPS ltd.

Ruang keluarga atau ruang bersama tidak melulu ada di dalam rumah. Terletak di teras belakang, juga pilihan yang matang. Salah satu nilai plus dari hunian yang tampil beda adalah luas ruang keluarga. Anda bisa merenovasi dengan memberikan ruang yang lebih pada bagian ini. Terbuka dan dekat dengan taman belakang misalnya.

Merancang Desain Taman

Tidak hanya bagian di dalam rumah, namun taman juga memerlukan perhatian. Bahkan jika Anda ingin merenovasinya, segeralah undang arsitek taman untuk membuatkan desain yang menawan. Kesan pertama yang bisa dibangun adalah hijau, menyatu dengan alam. Material kayu juga bisa digunakan untuk meja, kursi serta lantai. Agar semakin teduh, bangun juga kolam ikan untuk menciptakan elemen natural yang makin membuat semua orang jatuh hati.

Merenovasi Dapur Anda

Pertamanya, Anda akan merasa sayang untuk mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk proses renovasi. Namun satu hal yang perlu diterapkan, bahwa ini merupakan investasi jangka panjang. Biayanya memang tidak murah, mencapai puluhan juta rupiah. Tapi hasil tidak akan mengkhianati. Apalagi pada bagian dapur, revolusioner seperti ini akan menarik calon pembeli jika Anda ingin menjual rumah. Semuanya solid dan tertata rapi. 

Merenovasi Kamar Mandi

Sama dengan prinsip dapur tadi, renovasinya memang terasa untuk biayanya. Meski hasilnya terlihat sederhana, justru itulah letak kelebihannya. Semua ditata rapi, tidak ada ruang tersisa atau barang tak berguna ada di dalam kamar mandi. Pemilihan perangkat yang berkelas dan awet, membawa suasana tersendiri bagi kamar mandi.

Mendesain Ulang ruang Tamu Anda

Kami menyimpulkan bahwa bagian lain yang tak kalah penting untuk direnovasi adalah ruang tamu. Jangan sampai luput untuk memberikan sentuhan baru di sana. Ruangan ini yang akan menjadi tempat menerima tamu, memberikan impresi lebih dalam lagi. Gantilah sofa dengan yang baru, menambah penerangan yang pengecatan ulang. Jika perlu, ganti juga bagian lantai agar jadi lebih modern.

Hal paling menyenangkan dalam renovasi rumah adalah seperti mendapatkan hunian baru tapi di tempat yang sama. Bagaimana, apakah Anda sudah mempertimbangkan untuk segera melakukannya?

Homify memberikan tips serta rekomendasi untuk renovasi rumah yang tidak hanya membuat hunian makin segar dan indah tapi juga bernilai tinggi.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!