Ruang Ganti by Citlali Villarreal Interiorismo & Diseño

Menata Rumah : 7 Desain Lemari dan Ruang Ganti yang Memikat

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kita menyimpan pakaian dalam lemari agar tahan lama. Sekilas tampak sepele, namun kegunaan lemari cukup sensasional. Inilah perabot rumah yang Anda butuhkan untuk menjaga rumah tetap rapi. Lemari berbahan kayu menjadi nilai tambah bagi tata ruang rumah Anda. 

Kayu adalah elemen yang fleksibel dan sesuai untuk berbagai gaya interior. Baik rustic, Mediterania maupun modern. Kayu dengan tampilan kromatik tampak menarik dan halus. Demikian juga dengan kayu dengan sentuhan warna dan karakter. 

Apakah Anda suka dengan segala hal berbau kayu? Inilah sajian yang akan mempesona hati Anda. Di buku ide ini kita bisa melihat berbagai contoh desain lemari dan ruang ganti yang didominasi oleh kayu. 

1. Putih dan kayu: paduan sempurna

Lemari yang seluruhnya terbuat dari kayu, atau kayu berwarna gelap tampak kurang istimewa. Lalu bagaimana cara untuk menonjolkan sisi kekinian yang mutakhir? 

Solusinya mudah. Satu hal yang harus dilakukan adalah mencari padanan bahan lain yang memiliki kesan kekinian. Pada furnitur rancangan Interioriza, lemari yang seluruhnya terbuat kayu mahoni dipadukan dengan bahan mika berwarna putih. Serasi dengan beberapa kotak perangkat komputer dan perangkat tidur yang tersimpan di dalamnya. 

2. Ruang ganti bernuansa alami

Cara lain menggunakan kayu untuk perabot ruang ganti atau lemari adalah memilih kayu dengan tone mentah atau alami. Perabot berbahan dasar ini dapat menghadirkan kesan sederhana, sempurna untuk gaya minimalis. Tampak elok tanpa banyak rekayasa. 

Furnitur yang dirancang oleh One Studio ini tinggi sampai ke langit-langit dan tanpa kontras, karena keseluruhan struktur lemari ber-tone kayu mentah. 

3. Lemari kayu yang berkarakter

Seperti apa sih contoh desain ruang ganti milik pebisnis muda? Rancangan Grupoarquitectura ini adalah salah satu contohnya. Di sini bentuk dan tone lemari kayu lebih bervariasi dan dipadukan dengan bahan lain yang berkesan natural. Cocok untuk mereka yang aktif dengan gaya hidup dinamis dan praktis. 

4. Ruang berbusana untuk wanita

Kayu bukan hanya cocok untuk gaya maskulin. Dengan sentuhan di sana sini, kayu juga bisa tampil lembut dan feminin. Trik untuk menampilkan sisi lembut ini adalah dengan memajang sepatu, tas, gaun, dan perlengkapan berbusana lainnya dalam lemari terbuka. Tujuannya adalah untuk menonjolkan karakter feminin si pemilik. 

Peran elemen kayu bisa menonjolkan dua hal, yaitu kelembutan dan netralitas. Pada rancangan ini, kelembutanlah yang ditonjolkan dan bukan netralitas. Bila elemen kayu menunjukkan kesan netral, maka karakter si pemilik tidak akan terlihat. Hiasan gantung dari kaca juga berperan dalam menonjolkan femininitas ruang ganti ini. 

5. Lemari pakaian serba guna

Menyesuaikan furnitur dengan ruangan berkonstruksi beton kadang tidak mudah. Namun tidak demikian jika furnitur berbahan dasar kayu. Kayu sangat fleksibel untuk ditempatkan dan ditata cantik dalam ruangan apapun. 

Sobrado + Ugalde Arquitectos mewujudkannya dengan sempurna. Bahan kayu yang digunakan direka sedemikian rupa agar ruang ganti pakaian yang tak terlalu luas menjadi serba guna. Ada banyak rak untuk menyimpan apapun, termasuk helm dan topi. 

6. Kayu dari awal sampai akhir

Kayu bisa tampil elegan dengan sentuhan akhir minimal, tanpa furnis, kaca, atau sentuhan akhir lainnya. Inilah alternatif lain yang bisa Anda pilih jika memilih kayu sebagai elemen utama ruang ganti pakaian. 

Rancangan karya Maxma Studio ini menawarkan konsep alami sepenuhnya. Dari perspektif ini kita bisa melihat dari dekat lemari kayu yang anggun, meski tanpa hiasan apapun. Apa yang membuat lemari kayu ini menarik adalah warna coklat alaminya. 

Kita dibuat terpesona oleh warna transparan lemari kayu ini yang memberikan kesan feminin. Sedangkan kayu berwarna gelap bisa kita gunakan jika ingin menghadirkan kesan maskulin. 

7. Alternatif selain alami

Kekuatan dan daya tahan kayu tak perlu diragukan lagi. Ada kalanya tampilan alami furnitur kayu tidak sepadan dengan tata ruang lain di rumah. Dalam kondisi ini, alternatif yang bisa kita lakukan adalah memberi warna pada furnitur kayu. Hasil rancangan Ashe Home ini menunjukkan betapa fleksibelnya kayu untuk disesuaikan dengan situasi di sekitarnya. 

Apakah bahan dasar lemari yang Anda gunakan saat ini? Mari berbagi kisah bersama kami. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!