Kolam Renang by Luciano Esteves Arquitetura e Design

7 Ide Kolam Renang Prefabrikasi Ideal Untuk Halaman Anda

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Tak ada yang lebih menyenangkan selain berendam atau berenang di siang hari yang panas terik. Namun ini bukan hal mudah. Untuk membuat kolam renang di halaman kita perlu menimbang tipe kolam renang, ukuran, dan tentu saja, biayanya. 

Ada sebuah alternatif praktis jika berbicara tentang oasis di tengah kota, yaitu kolam renang prefabrikasi. Pada buku ide sebelumnya kami pernah mengulas tentang rumah prefabrikasi. Rumah prefabrikasi adalah sebuah konstruksi dengan 80% elemen buatan pabrik. Jadi bisa disimpulkan sebagian besar komponen kolam renang prefabrikasi telah tersedia, dan kita tak perlu bersusah payah membuat kolam renang dengan cara lama. 

Kolam renang jenis ini mempunyai sejumlah kelebihan, dibandingkan kolam renang konvensional yang terbuat dari beton. Seperti apa sih? Mari kita melihat-lihat berbagai contoh kolam renang prefabrikasi berikut ini. 

Kerja minimal, bersenang-senang maksimal

Kita perlu menjaga kondisi kolam renang agar selalu prima dan menjaga kebersihan airnya di segala cuaca. Kolam renang prefabrikasi tidak memerlukan penanganan rumit. Hanya dibutuhkan beberapa menit setiap minggu agar kolam renang selalu dalam kondisi baik. 

Kolam renang prefabrikasi tidak berpori, sehingga air tetap bersih meski tanpa menggunakan bahan kimia. Membersihkan dinding kolam renang prefabrikasi cukup mudah. Anda tidak perlu mencatnya secara teratur seperti pada kolam renang beton. Daya tahan kolam renang prefabrikasi cukup tinggi. Jika ada kebocoran, Anda memerlukan waktu lebih dari dua hari untuk memperbaikinya. 

Praktis untuk halaman sempit

Kolam renang prefabrikasi adalah pilihan tepat buat Anda yang mempunyai halaman tidak terlalu luas. Ini karena beberapa desain kolam renang prefabrikasi telah direkayasa agar sesuai untuk halaman belakang atau depan yang sempit

Jika bulan November telah tiba dan kita masih bimbang tentang kolam renang seperti apa yang kita inginkan, inilah solusi terbaik. Instalasi kolam renang prefabrikasi cukup singkat, hanya membutuhkan beberapa hari. Tidak seperti kolam renang beton yang membutuhkan waktu berminggu-minggu. 

Pilihan terbaik untuk area berkebutuhan khusus

 Taman by milena oitana
milena oitana

JARDÍN CON PILETA

milena oitana

Kolam renang prefabrikasi terbuat dari fiberglass, ideal untuk area yang sering mengalami gempa bumi. Fiberglass lebih tahan terhadap gempa dibanding beton, sehingga kemungkinan retak dan bocor bisa dicegah. 

Fiberglass mampu beradaptasi dengan iklim dan cuaca buruk. Bahan ini juga dapat mencegah tumbuhnya lumut karena permukaannya tidak berpori. Dengan demikian, kolam renang ini juga lebih mudah dibersihkan. 

Desain unik

 Kolam Renang by Red Daffodil
Red Daffodil

Formal hedging

Red Daffodil

Desain kolam renang prefabrikasi sudah bawaan pabrik. Kita bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk mempercantik area di sekitarnya sesuai selera. 

Di sini kita lihat ada kolam renang kecil di area bergaya spa. Kayu di sekitar kolam renang tampak kontras, bersanding bersama pergola putih dan semak-semak yang rimbun. Sudut sempit ini telah berganti rupa menjadi tempat bersantai yang menyenangkan. 

Bersantai tanpa khawatir

Dulu waktu masih anak-anak, tangan atau kaki Anda pernah tergores tepian kolam saat sedang berenang. Hal ini tidak akan terjadi jika kita berenang di kolam prefabrikasi. Permukaannya yang halus tidak akan melukai tubuh atau mengoyak pakaian renang Anda. Kolam renang prefabrikasi juga dilengkapi anak tangga dan tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati segarnya air. 

Beragam desain

Hal terbaik dari kolam renang prefabrikasi adalah mampu beradaptasi dengan segala jenis ruang. Dari yang berukuran mini sampai bermeter-meter. 

Ini adalah kolam renang prefabrikasi rancangan Porto Arquitectura, yang berukuran beberapa meter. Tampak serasi dengan dekorasi gaya Mediterania di panel pancurannya. Meski tanaman di sekitar hanya sedikit, namun kesegaran unik di tempat ini tak terbantahkan. 

Sedikit celah

Kolam renang prefabrikasi memang unggul dalam beberapa hal jika dibandingkan kolam renang beton. Baik dalam hal perwatan, ketahanan, waktu instalasi dan biaya yang dibutuhkan. Namun, sama seperti perangkat ciptaan manusia lainnya, kolam renang prefabrikasi juga memiliki kekurangan. 

Desain kolam renang prefabrikasi sudah bawaan pabrik. Jadi mustahil bagi kita memiiki kolam prefabrikasi dengan desain atau bentuk yang kita inginkan. Berbagai keunggulan kolam renang prefabrikasi di atas bisa kita nikmati, jika kita mempercayakan instalasi pada ahlinya. 

Manakah yang Anda suka, kolam renang prefabrikasi atau kolam renang beton? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!