Dapur by arctitudesign

9 Kiat Cerdas Menghemat Pengeluaran Dapur Anda

Homify.co.id Homify.co.id

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Mobil, gaya hidup, atau juga kredit rumah kadang membuat hidup anda terasa lebih sulit dan serba mahal. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebenarnya ada banyak cara agar pengeluaran anda dapat lebih ditekan.Yang dibutuhkan adalah kreativitas lebih, agar beberapa hal dapat dimanfaatkan dengan lebih efiisen.Untuk itu, homify sudah hadirkan 9 kiat yang menarik untuk menghemat pengeluaran anda di dapur. Mari simak beberapa di antaranya!

1. Membuat peralatan dapur sendiri

Anda pastinya menghabiskan banyak sekali uang untuk membeli peralatan dapur. Terkadang, peralatan tersebut terbiar dan tidak Anda gunakan. Daripada mengeluarkan uang berlebih, kenapa tidak coba untuk membuat peralatan DIY seperti papan talenan atau nampan? Alternatif lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menghemat pengeluaran anda adalah dengan membeli peralatan dapur bekas di pasar loak, yang terkadang malah lebih unik dan menghemat pengeluaran!

2. Perhatikan tanggal kadaluwarsa pada bahan makanan dan bumbu

Jika bahan makanan di lemari atau laci sudah menumpuk, rasanya sangat sulit untuk membedakan antara makanan yang masih segar dengan yang sudah lama. Dan ketika sudah saatnya Anda membersihkannya, malah banyak makanan kaleng atau rempah-rempah yang terbuang sia-sia karena telah kadaluwarsa. Untuk itu, Anda harus menciptakan sebuah sistem sederhana dengan membeli bahan makanan dan bumbu tidak terlalu banyak, sehingga dapat digunakan dengan lebih efisien tanpa terbuang percuma. Cara mudah ini dapat diterapkan ini untuk seluruh bahan yang disimpan di laci maupun lemari es.

3. Ciptakan cairan pembersih dapur sendiri

Anda tentunya sadar cairan pembersih untuk dapur sangat dibutuhkan dan uang yang dikeluarkan juga sepadan. Namun, kami homify percaya hal tersebut tidak selamanya benar, karena seringkali anda membutuhkan beberapa produk yang berbeda untuk membersihkan permukaan yang berbeda pula, yang tentunya menambah pengeluaran anda. Untuk itu, sebaiknya Anda membeli cairan pembersih universal yang dapat digunakan di semua permukaan. Alternatif lainnya adalah dengan membuat cairan pembersih sendiri yang terkadang malah lebih ampuh dari produk yang Anda temui di supermarket.

4. Menghindari makan di luar terlalu sering

 Dapur by homify

Semua orang tentunya sangat suka bersantap akhir pekan di restoran keluarga atau cepat saji. Untuk lebih berhemat, sebaiknya Anda membatasi pengeluaran untuk makan di luar, dan perbanyak makan di rumah. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi lebih sehat dan kantong Anda pun juga tidak segera menipis!

5. Menggunakan produk lokal

Mulai sekarang, cobalah untuk beralih ke bahan makanan dan kurangi membeli produk impor. Selain lebih murah, bahan-bahan lokal juga jauh lebih segar dan menyehatkan. Bahan-bahan impor biasanya sudah melalui banyak proses dan menggunakan bahan pengawet yang tentunya membuat kandungan gizinya berkurang. Jadi, mari beralih ke produk lokal!

6. Menikmati kopi buatan sendiri di pagi hari

 Kitchen by Piwko-Bespoke Fitted Furniture
Piwko-Bespoke Fitted Furniture

White Modern High-Gloss Kitchen.

Piwko-Bespoke Fitted Furniture

Daripada membeli kopi di luar, cobalah untuk membuat kopi sendiri sebelum berangkat ke kantor atau kampus. Selain lebih menghemat pengeluaran, Anda pun dapat mengurangi jumlah sampah bekas cangkir kopi yang bertebaran. Untuk menjamin rasa yang enak, pelajari beberapa biji kopi enak yang ada di pasaran, dan pilih  yang sesuai dengan budget Anda. 

7. Ganti peralatan lama Anda

Meskipun pada awalnya terkesan sangat mahal, tapi investasi untuk peralatan dapur yang ramah lingkungan dapat berdampak besar pada pengeluaran Anda. Mesin-mesin lama seperti lemari es, kompor listrik, atau oven menghabiskanlebih banyak daya. Sehingga, akan lebih bijak rasanya jika Anda menggantinya dengan produk yang lebih efisien dan hemat energi.

8. Persiapkan apotek hidup di dapur

 Kitchen by chris+ruby
chris+ruby

Küchenregal Longboard Kirsche von chris+ruby

chris+ruby

Bagi Anda yang sudah sering memetik sendiri bumbu-bumbu dari pekarangan, tentunya mengetahui bagaimana rasanya menghirup bau rempah-rempah segar yang ditanam sendiri. Penggunaan rempah segar saat memasak tentunya menghadirkan rasa berbeda pada makanan, dan tentunya menghemat pengeluaran Anda! Rempah-rempah yang siap panen di apotek hidup tersebut juga bisa Anda simpan di freezer, yang pastinya tersedia sepanjang tahun.

9. Membuat makanan kaleng sendiri

Mengkonsumsi makanan tanpa selai, saus, atau sambal, terkadang membuat santapan Anda terasa ada yang kurang. Daripada membeli di supermarket, kenapa tidak mencoba buat sendiri dari bahan yang Anda temui di apotek hidup atau dapur? Selain kegiatan ini lebih menyenangkan, makanan kalengan Anda juga akan terbebas dari bahan pengawet, yang tentunya lebih sehat!

Tips dari homify: jika makanan kalengan Anda sudah terlalu banyak, hiasi kaleng atau botol tersebut dengan pita warna-warni dan berikan label agar tidak tertukar. Selain terlihat menarik, botol atau kaleng tersebut bisa jadi kado yang unik saat lebaran atau tahun baru!

Anda memiliki cara lain untuk berhemat? Share bersama ribuan pengguna lainnya di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!